Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 11 – 17 Maret 2019

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” untuk topik Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga pada minggu kedua bulan Maret 2019 tanggal 11-17 Maret. Topik Jokowi-Ma’ruf masih mendominasi pemberitaan, baik dari media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo-Sandiaga.

Secara umum Joko Widodo masih menjadi media darling yang utama dibandingkan pesaingnya Prabowo Subianto dan cawapresnya Sandiaga Uno. Hal ini dapat dilihat dari Top Person, Top Issue, mentions dan  porsi pemberitaan untuk Jokowi yang cukup dominan. Meski demikian, Ma’ruf Amin yang merupakan cawapres Joko Widodo justru belum masuk dalam daftar Top Person.

Pemberitaan di media online untuk kedua topik didominasi oleh sentimen positif, masing-masing yaitu 54,7% untuk Jokowi-Ma’ruf dan 50,5% untuk Prabowo-Sandiaga. Sementara di media sosial, pembicaraan terkait topik Jokowi-Ma’ruf Amin masih didominasi oleh sentimen positif mengalami peningkatan dari minggu lalu menjadi sebesar 43,3%. Sedangkan pembicaraan terkait Prabowo-Sandiaga justru didominasi oleh sentimen negatif mengalami penurunan dari minggu sebelumnya menjadi sebesar 38,7%  dari total pemberitaan untuk masing-masing topik.

Dilihat dari melalui Top Media, detik.com, kompas.com, dan republika.co.id masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Namun, jawaposnationalnetwork.com dan liputan6.com hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Jokowi-Ma’ruf Amin dan cnnindonesia.com hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Prabowo-Sandiaga.

Berita seputar “Persiapan dan Pelaksanaan Debat Putaran Ketiga” menjadi isu yang paling banyak dibicarakan secara umum sekaligus menyumbang sentimen positif untuk kedua kubu. Berita seputar “Romahurmuziy Ditangkap KPK” menjadi pemberitaan yang menyumbang sentimen negatif dari kedua kubu. Terlebih diketahui bahwa Romahurmuziy merupakan ketua salah satu partai pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Di media sosial, tagar yang marak digunakan adalah #BersyukurBangetDeh dan #JokowiSaveAisyah dengan muatan positif untuk Jokowi-Ma’ruf sebagai respon warganet yang mendukung Jokowi dan dianggap telah berhasil menyelamatkan Siti Aisyah dari hukuman mati di Malaysia akibat kasus pembunuhan kakak Kim Jong Un. Hashtags #PrabowoTheNextLeader merupakan hashtags bermuatan positif untuk Prabowo-Sandiaga yang mendukung Prabowo dan menilai Prabowo adalah pemimpin selanjutnya. Sementara itu, akun yang paling banyak membicarakan Jokowi di Twitter adalah @SantaiWoe yang memberikan sentimen positif untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Sedangkan akun yang paling banyak membicarakan Prabowo-Sandiaga adalah @kenyoriee dan memberikan sentimen positif untuk Prabowo-Sandiaga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: