HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres - Cawapres Pilpres 2019: 01 - 09 Desember 2018

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 01 – 09 Desember 2018

Published on

Berita tentang ‘Kasus Habib Bahar bin Smith’ tidak hanya menjadi berita yang paling banyak diliput untuk topik Jokowi-Ma’ruf, tetapi juga menjadi berita yang banyak memberi sentimen negatif. Sementara berita tentang ‘Pembangunan Trans-Papua’ mampu menyumbang sentimen positif paling banyak untuk Jokowi – Ma’ruf. Berita seputar “Kemarahan Prabowo terhadap Pers dan Media” menjadi Top Issue secara general dan memberikan paling banyak sentimen negatif untuk topik Prabowo – Sandiaga. Sementara berita yang paling banyak memberi sentimen positif adalah “Aksi Massa Reuni Alumni 212”.

Di media sosial, khususnya Twitter #01JokowiLagi merupakan hashtag dengan muatan positif terbanyak bagi topik Jokowi – Ma’ruf. Sementara hashtag bersentimen negatif terbanyak bagi topik tersebut adalah #2019GantiPresiden. Untuk topik Prabowo – Sandiaga, #PrabowoSandi merupakan hashtag terbanyak di seluruh media sosial, dan menjadi Top Hashtag bersentimen positif di Twitter dan Instagram. Sedangkan #ReuniPolitikAtauKeagamaan menjadi hashtag bersentimen negatif terbanyak untuk Prabowo – Sandiaga dan dominan muncul di Twitter.

Dari segi Top Users, users yang banyak memberi mentions negatif untuk topik Jokowi – Ma’ruf sekaligus banyak memberi sentimen positif untuk topik Prabowo – Sandi adalah @1MenujuDamai dan @AbdulHa30025876 (Twitter). Sementara users di Facebook yang paling banyak memberi sentimen positif untuk Jokowi-Ma’ruf tetapi juga paling banyak memberi sentimen negatif untuk Prabowo – Sandiaga adalah @frida.w.m.1447.


More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: