HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres - Cawapres Pilpres 2019: 01 - 09 Desember 2018

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 01 – 09 Desember 2018

Published on

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” mengenai topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga pada minggu pertama Desember 2018, topik Jokowi – Ma’ruf Amin mendapatkan pemberitaan terbanyak di media, baik dari media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo – Sandiaga.

Di media berita online, pemberitaan mengenai kedua topik tersebut didominasi oleh berita bersentimen positif. Porsi pemberitaan positif untuk Jokowi – Ma’ruf lebih besar daripada Prabowo – Sandiaga, yaitu masing-masing 67.2% dan 32.8% secara berurutan. Demikian pula di media sosial yang keduanya sama-sama didominasi oleh mentions bersentimen negatif, secara total angka mentions negatif untuk Jokowi – Ma’ruf Amin lebih tinggi daripada Prabowo – Sandiaga. Hal itu tentu saja dipengaruhi oleh jumlah mentions untuk topik Jokowi-Ma’ruf yang mendapat porsi 59.6% atau separuh lebih dari total mentions untuk kedua topik.

Dilihat dari media peliputnya, baik detik.com, tempo.com, kumparan.com, maupun republika.com masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. Namun, liputan6.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Jokowi – Ma’ruf Amin, sementara merdeka.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Prabowo – Sandiaga.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: