HomeAnalisisLAPORAN BULANAN Capres - Cawapres Pilpres Periode 2019 April 2019

LAPORAN BULANAN Capres – Cawapres Pilpres Periode 2019 April 2019

Published on

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” mengenai topik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga bulan April 2019. Topik Prabowo-Sandiaga mendapatkan pemberitaan terbanyak di media berita online dan media sosial, sementara komentar berita masih didominasi topik Jokowi-Ma’ruf Amin. Publikasi untuk topik Prabowo-Sandiaga  terus mengalami peningkatan sementara untuk Jokowi-Ma’ruf justru semakin menurun. Secara keseluruhan, baik dari media berita online, media sosial, maupun kolom komentar, topik Jokowi-Ma’ruf Amin didominasi oleh sentimen negatif sementara topik Prabowo-Sandiaga didominasi oleh sentimen netral.

Meskipun sama-sama didominasi sentimen positif, porsi pemberitaan positif untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di media berita online lebih besar daripada Prabowo-Sandiaga, masing-masing yaitu 48,7% dan 42% dari keseluruhan topik masing-masing. Sementara di media sosial, mentions terkait Jokowi-Ma’ruf Amin didominasi oleh sentimen negatif sebesar 37,7%, dan mentions terkait Prabowo-Sandiaga justru didominasi sentimen netral sebesar 36,8%.
Detik.com, kompas.com, merdeka.com, tempo.co, dan republika.co.id merupakan Top 5 media yang paling banyak memberitakan kedua topik.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: