LAPORAN BULANAN Capres – Cawapres Pilpres 2019 Periode Maret 2019

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” mengenai topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga bulan Maret 2019. Topik Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan pemberitaan terbanyak di media, baik dari media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo-Sandiaga. Publikasi untuk kedua topik tersebut terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari bulan Februari lalu, yaitu berkisar antara 10-30%.

Secara keseluruhan, baik dari media berita online, media sosial, maupun kolom komentar, topik Jokowi-Ma’ruf Amin didominasi oleh sentimen positif dan topik Prabowo-Sandiaga didominasi oleh sentimen negatif.

Meskipun sama-sama didominasi sentimen positif, porsi pemberitaan positif untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di media berita online lebih besar daripada Prabowo-Sandiaga, masing-masing yaitu 56% dan 51% dari keseluruhan topik masing-masing. Sementara di media sosial, mentions terkait Jokowi-Ma’ruf Amin didominasi oleh sentimen positif sebesar 43,5%, dan mentions terkait Prabowo-Sandiaga justru didominasi sentimen negatif sebesar 37,5%.

Dilihat dari sisi Top Media, baik detik.com, kompas.com, merdeka.com, dan republika.co.id masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Namun, antara.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Jokowi-Ma’ruf Amin, dan tempo.co hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Prabowo – Sandiaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: