Kontroversi Pernikahan Atta dan Aurel hingga Tuai Kecemburuan Sosial

Atta dan Aurel tengah menjadi pusat perhatian. Pernikahan Youtuber, Muhammad Attamimi Halilintar atau Atta Halilintar dengan putri pertama musisi Anang Hermansyah, yakni Titania Aurelie Nurhermansyah atau Aurel Hermansyah ramai disorot media. Mengingat kedua pihak merupakan influencer dengan jumlah follower yang cukup berpengaruh besar di Indonesia. Pernikahan yang berlangsung pada 3 April 2021, sampai saat ini masih terus menjadi topik perbincangan hangat masyarakat di media sosial Twitter maupun media massa. Penayangan pernikahan secara live pada stasiun televisi swasta pun mendapat kritik masyarakat. Tak hanya itu, hadirnya Presiden RI Jokowi dan Menhan Prabowo dalam acara pernikahan tersebut juga menuai banyak tanggapan negatif. Bagaimana media massa menyoroti peran KPI dalam penayangan pernikahan tersebut? Dan seperti apa opini warganet? Simak selengkapnya.

Media Monitoring Netray melakukan pemantauan pada media pemberitaan dan media sosial selama periode 1-7 April 2021. Tentunya, hal ini untuk melihat bagaimana sudut pandang media dalam mengangkat topik ini dan seberapa besar antusias warganet dalam menanggapi pernikahan kedua publik figur tersebut. 

Pernikahan Atta dan Aurel dalam Media Pemberitaan 

Selama sepekan, pemberitaan tentang pernikahan Atta dan Aurel disiarkan sebanyak 2,435 artikel dari 97 portal media. Kategori pemberitaan didominasi oleh kategori hiburan dan politik. Kategori hiburan muncul karena kedua belah pihak merupakan publik figur. Lantas, mengapa kategori politik muncul dalam pemberitaan pernikahan tersebut? 

Pada grafik statistik di atas terlihat bahwa media gencar memberitakan pernikahan Atta dan Aurel mulai pra acara sampai pasca acara. Puncak grafik terjadi pada tanggal 3 April 2021, tepat di saat acara resepsi pernikahan Atta dan Aurel berlangsung.

Pemberitaan berisi liputan media tentang penampilan kedua mempelai beserta keluarga inti yang tampak anggun dan mewah. Media juga menyoroti hadirnya Presiden RI Jokowi dan Menhan Prabowo sebagai saksi pada pernikahan Atta dan Aurel. Kehadiran kedua tokoh penting di Indonesia tersebut, memicu polemik dan kritik dari berbagai pihak. 

Jokowi dan Prabowo Hadiri Pernikahan Atta dan Aurel

Media PinterPolitik menyoroti kehadiran Jokowi dan Prabowo pada resepsi pernikahan Atta dan Aurel yang dinilai tidak sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO). WHO menganjurkan pemerintah harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam mematuhi protokol Covid-19. Karena tentu saja hal itu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam menangani pandemi. Meskipun sudah memenuhi protokol kesehatan, kehadiran Jokowi dan Prabowo tetap menimbulkan kecemburuan sosial dan mengundang pertanyaan. Apa urgensi dan keuntungan yang didapat dari menghadiri serta menjadi saksi pernikahan publik figur? Kehadiran kedua petinggi tersebut diasumsikan sebagai ajang untuk meraup simpati atau perhatian kaum milenial. Hal ini sesuai dengan background kedua mempelai yang merupakan YouTuber nomor satu dan publik figur yang terkenal di Indonesia.  

KPI dan Izin Penayangan Pernikahan Atta-Aurel di Stasiun Televisi

Polemik pernikahan Atta dan Aurel yang ditayangkan oleh stasiun televisi mendapat banyak kritik. Beberapa kritikan masyarakat telah sampai pada Komisi Penyiaran Indonesia. Akan tetapi, KPI tetap memberikan izin penayangan pernikahan tersebut dengan beberapa poin penting, yakni salah satunya harus mengedukasi. Program tersebut harus memberi pengetahuan tentang adat yang digunakan dalam pernikahan. Kemudian profil kedua mempelai dan prestasi sebagai Youtuber/Content Creator harus dijelaskan agar anak muda milenial terinspirasi mengikuti langkah sukses kedua mempelai.   

Sorotan Warganet Twitter pada Pernikahan Atta dan Aurel

Selain memantau media pemberitaan, Netray juga melakukan pemantauan pada media sosial Twitter dengan periode yang sama, yakni 1-7 April 2021. Topik ini mendapat impresi sebesar 97,3M artinya pernikahan Atta dan Aurel merupakan pembahasan cukup menarik perhatian warganet. 

Hasil statistik pernikahan Atta dan Aurel diperbincangkan sebanyak 33K cuitan. Perbincangan warganet mencapai potential reach sebesar 135,5M dengan dominasi cuitan bersentimen negatif. Apa yang menjadi perbincangan warganet hingga topik ini dibanjiri sentimen negatif? 

Dilihat dari fitur Top Words di atas, selain kata pernikahan, atta, dan aurel yang menjadi topik utama pembahasan, terlihat kata jokowi, prabowo, dan saksi yang tidak kalah berukuran cukup menonjol. Hal ini menunjukkan bahwa perbincangan warganet berfokus pada hadirnya Jokowi dan Prabowo yang sekaligus menjadi saksi pernikahan Atta dan Aurel.  Yang mana hal tersebut telah menuai kontroversi dan polemik di kalangan masyarakat.

Gambar di atas merupakan beberapa contoh cuitan dari fitur Top Words dengan spesifik kata jokowi dan prabowo. Pada contoh cuitan, warganet menyayangkan tindakan presiden Jokowi dan Menhan Prabowo yang menghadiri pernikahan tersebut. Tindakan tersebut berseberangan dengan sebagian masyarakat yang acara pernikahannya dibubarkan oleh aparat dan satgas covid. 

Kemudian kritikan untuk pejabat pemerintah semakin menyeruak setelah akun resmi media sosial Twitter Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia @KemensetnegRI mengunggah foto presiden bersama kedua mempelai Atta dan Aurel. 

Cuitan tersebut bertuliskan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana hadiri akad nikah Atta dan Aurel beserta lampiran foto. Sontak cuitan yang dituliskan platform sebesar akun kenegaraan tersebut mendapat komentar miring dari warganet. 

Warganet mempertanyakan urgensi mengunggah foto pernikahan Atta dan Aurel melalui akun kenegaraan. Selain itu, menurut warganet kedua dari pernikahan kedua pasangan tersebut tidak memberikan sumbangsih apapun pada negara.

Sementara itu pada Populer Tweet, terdapat cuitan yang mengatakan bahwa berita penting bencana di NTT teralihkan dengan pernikahan Atta dan Aurel. Hal ini bahkan membuat warganet berasumsi adanya ketimpangan sosial dan ketidaksetaraan di mata hukum antara publik figur dan masyarakat biasa terus dipertontonkan.

Kemudian pada jajaran Top Accounts urutan pertama ditempati oleh akun @dickysenda dengan cuitannya yang mengkritisi media karena lebih mengutamakan meliput pernikahan Atta dan Aurel daripada berita bencana NTT. Cuitan tersebut pun mendapat puluhan ribuan interaksi berupa 78 ribu like, 21 ribu retweet, dan 358 komentar dari warganet lainnya hingga menduduki top akun. Lalu pada top akun di atas, terdapat pula akun @KemensetnegRI yang tidak kalah banyak memperoleh interaksi dari warganet lantaran mengunggah foto presiden ketika menghadiri pernikahan tersebut. 

Penutup 

Melihat hasil monitoring pada media pemberitaan dan media sosial ditemukan satu topik permasalahan yang sama. Hadirnya sosok penting di Indonesia Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo pada pernikahan tersebut menuai kontroversi yang berujung kritikan. Sebab hal itu berseberangan dengan sebagaian rakyat yang pestanya dibubarkan oleh aparat dan satgas Covid-19. Kemudian pernikahan tersebut juga mendapat kritikan karena media terus menerus meliput acara hingga mengalihkan berita bencana NTT. Sekian analisis Netray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: