Keluh Kesah Warganet di Minggu Pertama Kerja: Liburnya Kurang Lama

Libur lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Waktu libur yang lumayan panjang menjadi salah satu hal yang membahagiakan namun juga sekaligus tantangan. Bagaimana tidak, setelah membiarkan diri bersantai dan bermalas-malasan kita harus mengumpulkan niat untuk kembali berkutat kurang lebih 8 jam mengabdikan diri sebagai budak coorporate sejati.

Di hari pertama kerja, masyarakat Indonesia biasanya menghabiskan waktu untuk bercerita dengan rekan kerja atau berseluncur di dunia maya, entah untuk mengumpat, sambat atau justru memberi semangat kepada sesama warganet. Bagaimana rasanya kerja setelah libur lumayan panjang? Bersama sosial media monitoring Netray, mari kita intip aktivitas dan keluh kesah warganet di hari pertama kerja mereka.

Gambar 1. Kata Kunci dan Rentang Waktu Pencarian

Untuk mengimbangi perbedaan hari pertama masuk kerja di tiap-tiap kantor atau perusahaan, Netray menghimpun data selama seminggu pertama masuk kerja, yaitu antara tanggal 10 – 15 Juni 2019.

Gambar 2. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Dari hasil pencarian, ditemukan sebanyak 4.837 cuitan yang membahas pengalaman mereka di hari pertama masuk kerja. Meskipun selisihnya tidak jauh, cuitan dengan muatan positif masih lebih banyak daripada cuitan dengan muatan negatif. Hal ini menandakan bahwa warganet antusias menyambut hari pertama masuk kerja mereka dengan semangat positif. Dari Gambar 2 juga terlihat bahwa warganet laki-laki lebih banyak mecuitkan pengalamannya ketimbang warganet perempuan.

Gambar 3. Cuitan Warganet Selama Seminggu Pertama Kerja

Sementara itu, puncak cuitan terbanyak terjadi pada 10 Juni 2019 dengan total 1.505 cuitan. Hal tersebut karena sebagian besar karyawan atau pekerja mulai masuk kembali pada 10 Juni 2019, begitu pula dengan mereka yang mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Antusiasme Warganet Membicarakan Hari Pertama Kerja

Gambar 6. Jaringan Percakapan di Twitter

Dari Gambar 6 di atas, dapat diketahui bagaimana jaringan percakapan warganet di Twitter yang membahas topik seputar pengalaman mereka di seminggu pertama kerja. Semakin banyak mendapat tanggapan dari akun lain, maka semakin besar pula jaringan percakapannya. Lihat saja akun @Groock5 dan @nanangbambang yang memiliki jaringan paling besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa cuitan kedua akun tersebut banyak mendapat tanggapan dari akun-akun lain.Garis jaringan berwarna merah menunjukkan bahwa akun @Groock5 dominan membuat cuitan dengan sentimen negatif, sementara jaringan bergaris biru menunjukkan bahwa akun @nanangbambang dominan membuat cuitan bersentimen netral.

Warganet Twitter Membahas Apa Sih?

Gambar 7. Pemetaan Topik

Topik yang dibicarakan warganet Twitter soal pengalaman mereka selama seminggu pertama masuk kerja dapat diamati pada ilustrasi di atas. Apabila dilihat dari frekuensi kemunculan kata, dapat diketahui bahwa libur, lebaran, dan halalbihalal merupakan kosakata yang paling banyak disebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahasan atau topik yang dibicarakan warganet Twitter di minggu pertama masuk kerja didominasi oleh aktivitas halalbihalal pasca libur lebaran. Berikut detail Top 10 topik yang dibahas oleh warganet Twitter di seminggu pertama kerja mereka.

Dari Gambar 8 dapat diketahui topik apa saja yang dibahas warganet selama seminggu pertama masuk kerja. Di antaranya adalah soal kesiapan kerja pasca libur lebaran, kegiatan halalbihalal, sidak dan kunjungan, laporan kehadiran ASN dan kisah pribadi warganet seperti terlambat, masih mengantuk, terjebak macet, gabut atau tidak ada pekerjaan, banyak barang tertinggal, lelah, hingga sakit. Berikut uraian selengkapnya tentang aktivitas dan keluh kesah warganet di hari pertamanya.

1. Halalbihalal

Di Indonesia, halalbihalal menjadi tradisi yang tak bisa dilewatkan ketika lebaran tiba. Selain di kampung halaman, dengan tetangga dan teman-teman, halalbihalal biasanya juga menjadi acara wajib di kantor ataupun perusahaan.

Dari hasil pencarian Netray, ditemukan bahwa cuitan yang membicarakan soal halalbihalal cukup banyak, yaitu mencapai tiga ribu cuitan. Menariknya, di samping menceritakan aktivitas halalbihalal di hari pertama masuk kerja, beberapa warganet mengungkapkan keinginannya agar langsung pulang saja setelah halalbihalal.

2. Apel, Kunjungan dan Sidak

Selain halalbihalal, beberapa instansi atau lembaga pemerintahan biasanya juga mengawali hari pertamanya dengan kegiatan apel, kunjungan, dan sidak. Inspeksi dadakan (sidak) biasanya memang dilakukan di hari pertama masuk kerja, khususnya untuk mengecek kehadiran para pegawai yang dikhawatirkan melakukan bolos atau mendadak memperpanjang cuti di hari pertamanya.

3. Terlambat Hingga Bolos

Tidak hanya karyawan dan pekerja swasta yang bisa membolos di hari pertamanya, pegawai negeri sipil atau yang sekarang biasa disebut sebagai ASN nyatanya juga berani membolos di hari pertamanya. Beberapa akun berita resmi seperti Antara Jateng dan Media Indonesia mengabarkan bahwa banyak ASN (aparatur sipil negara) yang terlambat masuk kerja, bahkan hingga membolos. Akun @mediaindonesia mengabarkan bahwa abdi negara yang tidak masuk di hari pertama usai lebaran ialah sebesar 4%.

4. Masih Mager dan Ngantuk

Salah satu sambatan warganet yang membanjiri Twitter di minggu pertama masuk kerja adalah soal rasa malas dan mengantuk. Banyak warganet yang mengeluh malas masuk kerja, mager atau malas gerak menghadapi hari pertama kerja.

5. Setengah Hati

Beberapa warganet bahkan masih setengah hati dalam menjalani hari pertamanya di tempat kerja pasca libur lebaran. Ada yang berupaya keras mengumpulkan nyawa atau semangat. Raga memang sudah di tempat kerja, tapi hati dan pikiran siapa yang tahu?

6. Alergi Kerja?

Rasa malas dan mengantuk yang menghantui hari pertama kerja memang wajar. Tapi bagaimana dengan warganet yang mengeluh ‘alergi kerja’? Ya, banyak warganet yang mendadak sakit di hari pertama kerja mereka. Menurut akun @yemsambada hal tersebut adalah pertanda alergi kerja. Ah, ada-ada saja.

6. Cerita Lucu Warganet

Di hari pertama kerja, masih banyak warganet yang gagap dalam mempersiapkan diri. Ada yang panik sehingga memakai kaos kaki beda sebelah, banyak perkakas yang tertinggal, telat absen, hingga curhatan bahwa komputernya tidak menyala merupakan beberapa kisah lucu warganet yang membuktikan bahwa hari pertama masuk kerja setelah libur lumayan panjang adalah sebuah kejutan.

7. Semangat Ya !

Dari sekian banyak cuitan warganet yang membahas pengamalam pertama masuk kerja mereka, mulai dari bercerita tentang kesibukan, sambat-sambat klasik seperti malas, mengantuk, dan lelah, masih banyak juga warganet yang memiliki jiwa positif dan penuh semangat. Untuk mengusir kantuk dan malas, warganet biasanya membagikan cuitan positif untuk menyemangati diri sendiri dan sesama warganet lain. Beberapa warganet yang bosan dengan kalimat bijak, biasanya membuat cuitan dengan sedikit menyindir orang-orang yang malas bekerja supaya lebih bersyukur dan bersemangat lagi. Seperti yang dilakukan oleh beberapa akun di bawah ini.

Memulai kerja setelah beristirahat lumayan lama memang menjadi sebuah tantangan sekaligus kejutan bagi sebagian besar orang. Menjadi sebuah tantangan karena kita harus melawan rasa malas atau rasa kurang puas karena merasa bahwa libur kurang lama atau belum cukup istirahat. Seandainya perasaan dituruti, sampai kapan pun kita tidak akan puas sebab bermalas-malasan adalah hal yang paling menyenangkan. Beberapa orang mungkin juga menganggap bekerja setelah libur cukup panjang adalah sebuah kejutan.

Pengalaman lucu warganet di Twitter menjadi bukti bahwa hari pertama masuk kerja-meskipun bukan karyawan baru- selalu menjadi sebuah kejutan. Namun, sebagai manusia yang bijak seharusnya kita tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sudah kita pilih. Mengeluh boleh, asal jangan sampai membuat orang-orang yang kurang beruntung karena belum memiliki pekerjaan menjadi kesal karena sikap kita yang kurang bersyukur. Semangat bekerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: