Kebaruan Windows 11 dari Penyambutan Warganet

Kabar rilisnya Windows 11 telah menjadi topik perbincangan hangat di tengah masyarakat. Bocoran tampilan interface Windows 11 telah banyak beredar di internet padahal pihak Microsoft belum resmi mengumumkannya. Pada gambar diperlihatkan posisi ikon taskbar Windows 11 berada di posisi tengah. Alih-alih gambar tampilan interface berbeda dengan Windows sebelumnya yakni Windows 10, kebaruan ini membuat masyarakat semakin penasaran hingga terus menggemakan tweets berkenaan dengan Windows 11 pada 17 Juni 2021 kemarin.

sumber: https://cdn.statically.io/img/langgam.id

Windows merupakan sistem operasi hasil pengembangan produk dari perusahaan Microsoft. Perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Washington, Amerika Serikat ini didirikan sejak 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen. Perusahaan tersebut bergerak pada bidang pembuatan, pengembangan produk dan jasa komputer. Produk sistem operasi pertama pengembangan dari perusahaan ini adalah Microsoft Windows. Kemudian seiring berjalannya waktu, sistem operasi Microsoft Windows terus mengalami perkembangan hingga sampai pada titik sekarang yakni hadirnya Windows 11. 

Penasaran dengan sambutan masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter, Media Monitoring Netray tertarik melakukan pemantauan terhadap topik ini. Seperti apa tanggapan warganet terkait kabar rilisnya Windows 11? 

Wacana rilisnya Windows 11 diperbincangkan sebanyak 1,759 tweets. Persebaran topik ini mencapai jangkauan yang luas, namun sedikit menarik interaksi murni dari warganet. Hal ini terlihat dari angka potential reach yang didapat oleh topik ini lebih tinggi daripada angka impresinya.

Selama sepekan pemantauan pada 15-21 Juni 2021, alur perbincangan terkait topik cukup fluktuatif. Persebaran grafik memperlihatkan awal lonjakan perbincangan terjadi pada 17 Juni hingga puncak keramaiannya terjadi pada 18 Juni. Kemudian, rendahnya intensitas ketertarikan warganet dalam memperbincangkan Windows 11, dapat terlihat dari gambar grafik di atas, dimana mayoritas pembahasan didominasi oleh tweets bersentimen netral. Seperti apa garis besar perbincangan tersebut? 

Berdasarkan gambar Top Words di atas, secara garis besar perbincangan warganet ialah seputar rasa penasaran terkait tampilan pembaruan Windows 11. Hal itu terlihat dari jajaran utama kata dengan ukuran besar didominasi oleh kata windows, laptop, update, dan tampilan.

Tweet Populer dan Oldest

Untuk mengetahui seperti apa antusias warganet dalam memperbincangkan topik, dapat dilihat melalui fitur tweet populer dan tweet oldest berikut ini.

Ramainya pembahasan Windows 11 di Twitter bermula dari tweets akun @XavierNaxa. Akun tersebut menuliskan tweet berupa informasi seputar Windows 11 yang dirancang dapat support update windows 7, dan 8 yang berlinsensi. Melalui akun Twitternya, @XavierNaxa juga menuliskan beberapa bocoran terkait tampilan Windows 11 yang menyerupai tampilan sistem operasi Mac Os. Sontak hal tersebut memicu rasa penasaran netizen lainnya hingga turut serta bereksplorasi terkait bocoran tampilan Windows 11 tersebut. 

Pembahasan tersebut semakin ramai menjadi sorotan hingga banyak menuai interaksi dari warganet. Hal itu dapat terlihat dari sisi gambar bagian kanan yakni tweets by populer. Pada tweet populer, cuitan yang paling banyak disorot berasal dari akun yang sama yakni @XavierNaxa. Selain cuitan dari Xavier, terdapat pula cuitan dari akun penggiat teknologi seperti @tech_lagi. Beberapa akun tersebut menuliskan impresi tentang tampilan Windows 11 yang dinilai memiliki banyak perubahan daripada Windows pendahulunya. 

Desain User Interface Windows 11, Seperti Mac Os milik Apple? 

Impresi yang paling banyak diperbincangkan ialah seputar tampilan antarmuka Windows 11. Salah satu tanda yang disebutkan warganet memiliki kesamaan dengan sistem operasi Mac Os Apple yakni dilihat dari segi penempatan ikon taskbar

Seperti kita ketahui bahwa tampilan awal Windows mayoritas ikon taskbarnya berada di rata kiri. Namun, pada tampilan Windows 11 kini ikon taskbar berada pada rata tengah. Windows 11 membawa kebaruan dari segi desain antarmuka tampilannya, namun kebaruan tersebut justru dinilai oleh warganet menyerupai sistem operasi Mac Os. Hal itu dapat dilihat dari pernyataan warganet bahwa pada ujungnya semua akan mengacu pada Mac Os Apple. 

Sambutan Positif Warganet untuk Windows 11

Selain menanggapi tentang tampilan awalnya, warganet juga menyambut baik hadirnya Windows 11 ini. Rasa penasaran terkait fitur kebaruan apa yang dihadirkan oleh Windows 11, membuat komentar warganet menggema dengan cuitan bersentimen positif. 

Sambutan positif warganet datang dari rasa ketertarikan dan penasaran terkait fitur sistem operasi kebaruan dari Windows 11. Beberapa warganet mengungkapkan rasa ketidaksabaran untuk update karena tampilan Windows 11 dirasa lebih fresh. Lalu, sebagian lain berpendapat untuk melakukan update setelah Microsoft resmi mengumumkan perilisannya.

Sentimen Negatif Windows 11 

Kabar kemunculan Windows 11 selain mendapat sambutan positif juga memperoleh sambutan negatif dari warganet. 

Sumbangan negatif datang dari kekhawatiran warganet yang merasa perangkat komputernya tidak mampu menerima pembaharuan sistem. Ukuran sistem operasi Windows 11 yang dinilai besar takut tidak dapat dijangkau oleh perangkat komputer dengan seri lama. 

Top Akun Topik Windows 11

Akun by Populer
Akun by Count

Dalam gambar jajaran Top Akun di atas, terlihat beberapa akun dengan platform yang mencapai jangkauan luas seperti akun @XavierNaxa dan @tech_lagi. Akun tersebut merupakan akun yang paling sering menyoroti topik rilisnya Windows 11. Gambar bagian sisi kiri merupakan susunan akun berdasarkan popularitas yakni akun-akun yang paling sering menarik interaksi warganet. Sedangkan gambar bagian kanan merupakan akun-akun yang paling sering menuliskan tweet seputar topik. 

Penutup 

Kemunculan Windows 11 sebelum perilisan resminya membuat penasaran warganet. Mulai dari tampilan user interface yang dinilai lebih fresh dan menyerupai Mac Os hingga simpang siur ukuran sistem operasinya. Tidak sedikit warganet yang tertarik dengan tampilan yang ditawarkan oleh Microsoft pada Windows 11 kali ini. Tetapi sebagian lainnya, merasa ukuran Windows 11 terlalu besar sehingga ditakutkan akan mempengaruhi kinerja perangkat komputer. Namun warganet tetap menunggu perilisan resmi dari pihak Microsoft.  Demikian analisis Netray.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: