HomeAnalisisKaleidoskop 2019 Rangkuman Netray

Kaleidoskop 2019 Rangkuman Netray

Published on

Oktober

Pemberitaan pada bulan Oktober didominasi oleh sentimen netral (43%) kemudian disusul sentimen negatif (31%) dan positif (26%) secara berurutan. Topik terkait pemerintahan (17%), olahraga (16%) menjadi topik yang paling banyak dibicarakan pada bulan Oktober. Top media yang paling banyak menerbitkan berita terkait topik tersebut Tribunnews (108), Detik (100) dan Kompas (65). 

Topik yang Paling Banyak Diberitakan: Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Kabinet Indonesia Maju, Perpu KPK, Moto GP, hingga Atta Halilintar

Pelantikan Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Kabinet Indonesia Maju banyak banyak dibicarakan, khususnya di minggu-minggu terakhir Oktober. Selain itu, desakan dari sejumlah parpol terkait penerbitan Perpu KPK atas UU KPK yang telah disahkan sebelumnya juga masih ramai dibicarakan. 

Di dunia olahraga, pemberitaan terkait beberapa pertandingan seperti Liga 1, Bundesliga 1, Premier League, Moto GP Thailand, Indonesia Master Super 100 juga menghiasi pemberitaan selama bulan Oktober ini. Sementara pemberitaan terkait topik hiburan yang paling hangat pada bulan ini adalah skandal DJ Bebby Fey dengan Youtuber Atta Halilintar.

Tokoh dan Lembaga yang Paling Banyak Disebut

Joko Widodo dan Marc Marques menjadi dua tokoh yang paling banyak disebut dalam pemberitaan bulan Oktober. Joko Widodo banyak disebut dalam pemberitaan seputar pemerintahan, seperti pelantikan dan desakan pengeluaran Perpu. Sementara Marc Marques banyak disebut dalam pemberitaan seputar olahraga, yaitu terkait balap motor Moto GP.

Sementara itu, lembaga yang paling banyak disoroti selama bulan November ini adalah Pemerintah Indonesia dan TNI. Pemerintah Indonesia banyak disebut dalam kaitannya dengan pelantikan kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 banyak disebut dalam kaitannya dengan beberapa kasus korupsi di lingkup pemerintahan seperti yang disebutkan di atas.

November

Pemberitaan pada bulan November didominasi oleh sentimen positif (49%) kemudian disusul sentimen netral (33%) dan negatif (18%). Topik terkait pemerintahan (26%), olahraga (13%), dan ekonomi (12%) menjadi tiga topik teratas yang paling banyak dibicarakan pada bulan November. Top media yang paling banyak menerbitkan berita terkait topik tersebut adalah Tribunnews (85), Detik (79), dan Kompas (59). 

Topik yang Paling Banyak Diberitakan: Kontroversi APBD Jakarta, Kasus Korupsi di Lingkup Pemerintahan, Pertumbuhan Ekonomi

Kontroversi APBD Jakarta yang mulai naik ke pemberitaan sejak Oktober lalu, menjadi berita yang banyak dibicarakan sepanjang bulan November. Dalam rancangan APBD tersebut, terdapat beberapa anggaran kontroversial, seperti lem aibon seharga 82 milyar hingga influencer luar negeri seharga 5 milyar. Selain itu, terdapat pemberitaan terkait penyidikan KPK terhadap Dirut Petral Bambang Irianto, Dirut PLN Sofyan Basir, dan Menpora Imam Nahrawi. Meskipun terjadi penguatan rupiah pada bulan November, pemberitaan terkait pertumbuhan ekonomi RI secara umum melambat pada November ini.

Di dunia olahraga, pengangkatan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sebagai ketua PSSI juga banyak dibicarakan selain pertandingan Liga 1 2019, Liga Asia U-19, dan Liga Champion yang menghiasi bulan November.

Tokoh dan Lembaga yang Paling Banyak Disebut

Joko Widodo dan Anies Baswedan menjadi dua tokoh yang paling banyak disebut dalam pemberitaan bulan November ini. Kedua tokoh tersebut paling banyak dibicarakan dalam topik seputar pemerintahan, Joko Widodo dalam kaitannya sebagai kepala negara dan Anies Baswedan dalam kaitannya sebagai gubernur DKI Jakarta yang sedang ramai disoroti masalah APBD.

Sementara itu, lembaga yang paling banyak disoroti selama bulan November ini adalah Pemerintahan Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Pemerintah Indonesia banyak disebut dalam kaitannya dengan laju pertumbuhan ekonomi dan KPK banyak disebut dalam kaitannya dengan beberapa kasus korupsi di lingkup pemerintahan seperti yang disebutkan di atas.

Desember

Pemberitaan pada bulan Desember didominasi oleh sentimen positif (49%) kemudian disusul sentimen netral (30%) dan negatif (20%). Topik terkait pemerintahan (25%) dan olahraga (11%) menjadi dua topik teratas yang paling banyak dibicarakan pada bulan Desember. Top media yang paling banyak menerbitkan berita terkait topik tersebut adalah Tribunnews (87), Detik (76), dan Kompas (52).

Topik yang Paling Banyak Diberitakan: Skandal BUMN, Kasus Novel Baswedan, SEA Games, PON Papua

Selama bulan Desember, pemberitaan media online dihiasi berita seputar evaluasi kinerja direksi BUMN di bawah Menteri Erick Thohir. Kelima BUMN yang dievaluasi hingga akhir Desember ini di antaranya adalah PT. Pertamina, PT. Garuda Indonesia, PT. Bank Mandiri, dan PT. PLN. Dalam perombakan struktur tersebut, terungkap beberapa skandal di dalam PT Garuda Indonesia yang sempat menjadi perbincangan hangat, seperti penyelundupan barang gelap, skandal dirut Garuda dan beberapa kebobrokan sistem lainnya.

Seiring dengan peringatan hari antikorupsi pada 9 Desember, KPK juga turut mengevaluasi strategi pemberantasan korupsi dengan membuka kembali kasus Novel Baswedan. Selain berita seputar pemerintahan tersebut, penyelenggaraan SEA Games dan PON Papua juga banyak diberitakan selama bulan Desember ini.

Tokoh dan Lembaga yang Paling Banyak Disebut

Selama bulan Desember, Joko Widodo (137) dan Erick Thohir (47) menjadi dua tokoh yang paling banyak disebut dalam pemberitaan. Kedua tokoh tersebut paling banyak dibicarakan dalam topik seputar pemerintahan, Joko Widodo dalam kaitannya sebagai kepala negara dan Erick Thohir dalam kaitannya sebagai Menteri BUMN yang kinerjanya sedang ramai disoroti.

Sementara itu, lembaga yang paling banyak disoroti selama bulan Desember ini adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK:60) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN:39). KPK banyak disoroti terkait evaluasi kinerja KPK sehubungan dengan hari antikorupsi yang jatuh pada 9 Desember. Demikian halnya dengan BUMN yang banyak disebut dalam pemberitaan. Hal tersebut terkait keseriusan Kementerian BUMN di bawah pimpinan Erick Thohir dalam merombak dan membersihkan BUMN yang dinaunginya.

More like this

Kegetolan Tim Anies-Imin dalam Topik Gugatan PHPU

Komisi Pemilihan Umum akhirnya resmi mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres 2024 pada Rabu malam (20/3)....

Pemantauan Isu Pilgub DKI Jakarta, Sejumlah Nama Tokoh Panaskan Bursa Calon

Pasca Pilpres dan Pileg 2024, perhatian publik mulai beralih ke wacana pilkada. Yang cukup...

5 Rekomendasi Sepatu Lari Lokal ala Warganet Twitter dan TikTok

Lari bukan lagi sekedar olahraga, tetapi telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Tren...
%d bloggers like this: