Jahili Olshop Penipu, Kaesang Jadi Perbincangan Warganet

Siapa yang tak kenal dengan Kaesang Pangarep? Ya, putra bungsu Presiden Jokowi ini kerap mencuri perhatian warganet dengan berbagai aksinya. Seperti yang belakangan menjadi perbincangan, saat dirinya berurusan dengan fake online shop . Bagaimanakah perbincangan warganet terkait topik tersebut? Simak pantauan media monitoring Netray.

Netray memantau topik tersebut sejak 01 September 2020 s.d 08 September 2020. Selama periode tersebut ditemukan 4.927 total cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif.

Aksi Kaesang dengan akun yang menipu dirinya pertama kali diunggap pada 01 September 2020. Dalam cuitannya di Twitter, @kaesangp menceritakan dirinya dihubungi oleh akun bodong yang mengatakan dirinya menang auction dan harus mengirimkan sejumlah uang.

Perbincangan soal Kaesang dan aksi menjahili akun bodong tersebut mulai naik pada tanggal 02 September 2020 dan puncaknya terjadi pada 07 September 2020. Aksi Kaesang yang kembali mengusili akun bodong yang akan melakukan penipuan, sontak menjadi perbincangan warganet. Ada yang menganggapnya sebagai lelucon dan ada yang dengan serius menanggapi yang dilakukan oleh putra presiden tersebut.

Pantauan Cuitan Warganet

Terlihat sebagian warganet yang menilai lucu tingkah Kaesang hingga olshop lain yang justru menawarkan dagangan mereka. Namun tidak hanya itu, terdapat juga warganet yang kontra dengan yang dilakukan oleh Kaesang.

Dominasi cuitan negatif pada topik ini tentu dipengaruhi oleh warganet yang mengkritik yang dilakukan oleh Kaesang. Tidak sedikit dari warganet tersebut mengaitkan hal ini dengan posisi politik dari orang tua dan kakaknya yang tengah mengikuti kontestasi Pilkada 2020. Selain itu, warganet juga mengomentari alamat Istana Presiden yang dijadikan alamat pengiriman barang olshop oleh Kaesang. Kaesang juga telah meminta maaf dan memberi penjelasan karena rumah tinggalnya di Solo tengah tidak ditinggali.

Hal tersebut dapat dilihat melalui beberapa cuitan di atas, terlihat warganet yang membela Kaesang dan justru mendukung tindakannya tersebut.

Top Categories Issues

Berdasarkan pantauan isu Topik 9 menjadi kategori yang mendominasi dengan kata kunci terkait kaesang, penipu, anak, presiden, pangarep, olshop. Isu tersebut mendominasi sebesar 58% dengan cuitan didominasi oleh sentimen negatif.

Dapat dilihat Top Hashtags terkait topik ini yaitu #kaesang yang sempat menduduki trending dan cuitan yang didominasi dilayangkan oleh warganet melalui Android hingga Tweet Desk. Selain itu, terdapat pula Top Mentioned Users hingga beberapa akun yang masuk dalam kategori Top Retweeted Users, seperti @kafiradikalis, @kafiradikal, dan beberapa akun lainnya.

Melalui pantauan Netray, Top Account pada topik ini diduduki oleh @FreemasonryID. Terlihat beberapa cuitannya yang masuk dalam pantauan Netray yang didominasi oleh muatan kontra dan bersentimen negatif.

Pada kategori Top People nama Kaesang tentu menjadi media darling, diikuti oleh nama Presiden Joko Widodo dan beberapa akun terkait lainnya. Berikut jaringan percakapan pada topik ini.

Demikian hasil pantauan media monitoring Netray. Nama Kaesang memang kerap menjadi sorotan publik, ia pun dikenal sebagai sosok yang suka ‘guyon’ melalui akun Twitternya. Meskipun tidak sedikit warganet yang mengkritik tindakan dari anak bungsu presiden tersebut dan mengaitkannya dengan jabatan yang tengah diemban oleh sang ayah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: