Mengamati Isu Seputar Lingkungan yang Menjadi Perbincangan Warganet

Beberapa waktu belakangan isu permasalahan lingkungan menjadi perhatian berbagai kalangan dan ramai dibahas di media sosial. Permasalahan lingkungan menjadi isu yang cukup serius karena berdampak pada kualitas hidup manusia secara langsung dan kualitas hidup manusia di masa mendatang. Itulah sebabnya permasalahan ini selalu menjadi topik hangat yang membutuhkan penyelesaian, termasuk di Indonesia. Media Monitoring Netray memantau perbincangan warganet terkait topik ini untuk melihat isu lingkungan apa saja yang tengah diperbincangkan oleh warganet. Simak hasil pantauan Netray berikut.

lingkungan

Netray mengamati perbincangan warganet terkait topik ini sejak 29 Mei 2021 sampai dengan 03 Juni 2021. Selama periode tersebut ditemukan sebanyak 27.3 ribu tweet dengan didominasi oleh tweet bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi mencapai 38.8 juta dengan potensi jangkauan sebesar 178.1 juta. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa isu seputar lingkungan merupakan topik hangat yang diperbincangkan oleh warganet.

Hal tersebut juga terlihat melalui grafik di atas yang menunjukkan intensitas perbincangan topik ini di setiap harinya. Permasalahan lingkungan merupakan permasalahan multidimensional yang melibatkan berbagai kalangan, termasuk pemerintah. Dalam hal ini pemerintah memiliki peran penting untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan melalui wewenangnya untuk membuat regulasi dan kebijakan.

Bila diamati melalui Top Words terlihat beberapa kosakata yang berkaitan dengan perbincangan warganet terkait topik ini, seperti banjir, pembangunan, jakarta, udara, polusi, dan beberapa kosakata lainnya. Kemunculan beberapa kosakata dalam Top Words tersebut menunjukkan intensitas perbincangan dengan menggunakan kosakata tersebut cukup tinggi, seperti apakah perbincangan warganet?

Kerusakan Lingkungan Hutan Indonesia Hingga Tanggung Jawab Generasi Kini

Perbincangan seputar isu lingkungan agaknya tak lepas dari topik seputar hutan. Kerusakan hutan saat ini memang menjadi permasalahan yang harus dapat diatasi. Mengingat rusaknya hutan dapat berdampak langsung pada kualitas kehidupan manusia, baik di masa ini maupun di masa mendatang.

Beberapa tweet di atas menunjukkan kekesalan warganet atas rusaknya hutan di Indonesia. Dalam hal ini pemerintah pun menjadi sasaran kekesalan warganet yang diduga menjadi penyebab rusaknya hutan di Kalimantan. Hutan Kalimantan saat ini pun telah mengalami kerusakan yang cukup parah akibat pembabatan secara masif dan terus menerus dilakukan. Hal ini kemudian menjadi sindiran warganet yang merasa kesal bila generasi saat ini memiliki tanggung jawab yang besar sebagai harapan di masa mendatang sementara generasi sebelumnya merusak alam tanpa bertanggung jawab.

Jakarta, Polusi, dan Polemik Bersepeda

Tak hanya kerusakan hutan, polusi udara di perkotaan saat ini turut menjadi sorotan warganet terutama kualitas udara di Ibu Kota. Hal ini tengah menjadi perhatian serius warganet mengingat udara yang bersih juga merupakan hak warga negara. Itulah sebabnya pemerintah dinilai perlu menyelesaikan persoalan ini, terlebih kualitas udara yang tidak baik dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Melalui akunnya, @GreenpeaceID menyampaikan kabar baik mengenai sidang gugatan polusi udara Ibu Kota yang sempat tertunda dan akhirnya akan dilaksanakan pada 10 Juni 2021 mendatang. Permasalahan terkait polusi udara di Ibu kota menjadi persoalan pelik yang membutuhkan jalan keluar. Bersepeda menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan ini. Namun sayangnya, hal ini justru menuai polemik ketika bersepeda justru mendapat stigma sebagai arogansi dan mengganggu pengguna jalan raya lainnya. Persoalan ini sebelumnya telah dibahas oleh Netray dalam sebuah artikel dengan judul Arogansi Komunitas Sepeda Jadi Ajang Kritik Warganet.

Pada kategori Top Accounts dan Top People terlihat akun @arman_dhani menempati urutan teratas kedua kategori ini. Hal ini berkaitan dengan unggahannya beberapa waktu lalu, ia menyampaikan kekesalannya akan kerusakan lingkungan yang menjadi tanggung jawab generasi masa kini. Selain itu, pada kategori Top People juga terlihat nama Joko Widodo selaku Presiden RI dan Anies Baswesan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu, pada kategori Top Complaints terlihat beberapa keluhan warganet dalam perbincangannya seputar topik ini, seperti korupsi, pencitraan, merusak lingkungan, dan beberapa kosakata lainnya. Selain itu, pada Top Locations terlihat Kalimantan menempati urutan teratas kategori ini. Hal ini berkaitan dengan kondisi hutan di Kalimantan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan.

Isu seputar permasalahan lingkungan beberapa waktu belakangan tengah menjadi perhatian publik. Berbagai persoalan terkait kerusakan lingkungan terus menerus menunjukkan dampaknya pada keberlangsungan kehidupan manusia. Tak hanya masyarakat, pemerintah pun memiliki peran penting dalam menyelesaikan persoalan ini. Mulai dari kerusakan hutan hingga polusi udara turut meramaikan perbincangan warganet terkait topik ini. Tak heran bila topik ini kemudian didominasi oleh sentimen negatif.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis Netray lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: