Instagram Musik dan Reels; Fitur Baru Instagram yang Ikut Disemarakkan Warganet Twitter

instagram musik

Instagram kembali meluncurkan fitur terbarunya. Pada 23 Juni 2021 fitur Instagram Musik dan Reels resmi hadir di Indonesia. Sebelumnya, fitur ini telah dirilis secara global sejak 2018 lalu. Namun, fitur ini terbatas dan hanya dapat digunakan di beberapa negara. Meskipun demikian, kehadiran Instagram Musik di Indonesia ternyata tak hanya memberikan sukaria bagi penggunanya. Bahkan, pengguna platform Twitter pun ikut menyemarakkan kehadiran fitur baru ini. Seperti apa antusiasme warganet Twitter menyambut fitur terbaru Instagram ini?

Pantauan di Kanal Twitter

Dengan 3 kata kunci pemantauan, Media Monitoring Netray telah menghimpun sebanyak hampir 6 ribu tweets dalam 7 hari pemantauan. Perilisan fitur terbaru Instagram juga turut serta disemarakkan oleh pengguna Twitter yang juga memiliki platform digital tersebut. Bahkan topik ini berhasil menyita perhatian warganet Twitter dan diprediksi dapat menjangkau hingga 57 juta akun.

Selama periode pemantauan ditemukan sebanyak 6 ribu tweets dengan perbandingan sentimen negatif dan positif yang tidak berbeda jauh. Terlihat dari gambar di atas, puncak perbincangan topik ini terjadi pada 23 Juni 2021 dengan total tweets mencapai 4.323. Hal ini berkaitan dengan hari perilisan fitur Instagram Musik di Indonesia yang jatuh pada tanggal tersebut. Lalu, bagaimana impresi warganet terkait fitur baru Instagram tersebut?

Akhirnya Instagram Musik ada di Indonesia

Beberapa kosakata di bawah ini merupakan kumpulan kosakata dominan yang tercatut dalam topik perbincangan. Dengan fitur Top Words yang dimiliki oleh Netray, kita akan melihat garis besar perbincangan warganet terkait topik ini. Terlihat kosakata bernada positif mendominasi topik ini, seperti seneng, keren, cocok, dan available. Hal ini menandakan fitur ini mendapat sambutan baik dari penggunanya.

Setelah penantian lama, akhirnya Instagram Musik benar-benar hadir Indonesia. Kemeriahan akan hadirnya fitur baru ini pun diungkapkan oleh beberapa warganet Twitter yang ternyata telah lama menantikan fitur ini. Bahkan warganet juga mengungkapkan bahwa mereka tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk mengunggah fitur musik di snapgram milik mereka.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia Revie Sylviana yang dilansir dari Suara.com bahwa Instagram ingin membawa musik sebagai bagian dari bagaimana pengguna membagikan momen, terhubung dengan komunitas, dan mengekspresikan diri. Selain itu, fitur ini juga dinilai dapat menjadi ruang interaksi bagi pengguna dan musisi favorit mereka.

Ig Stori Penuh dengan Musik

Meski banyak mendapat sambutan yang baik, topik ini juga tidak terlepas dari tweet bernada negatif. Hal ini terlihat pada gambar Sentiment Trend sebelumnya yang menunjukkan 1.092 dari 6.011 tweets terindikasi sebagai tweets negatif.

Beberapa tweets negatif tersebut berisikan tentang keluhan warganet mulai dari belum adanya fitur tersebut di akun mereka hingga belum adanya ‘feels’ dalam mengggunakan fitur baru tersebut. Bahkan lamanya perisilisan di Indonesia ini juga menjadi bahan kritikan dari warganet yang mana fitur ini telah lama hadir secara global sejak 2018 lalu.

Ig Reels Mirip TikTok

Keseruan berbagi lagu favorit di platform ini ternyata juga membuat warganet merasa kesal dengan hal ini. Keluhan warganet ialah terkait isi snapgram pengikut mereka yang berisikan fitur tersebut. Bahkan beberapa warganet merasa platform ini sudah seperti platform musik atau radio. Selain itu, fitur Reels yang dirilis bersamaan dengan Instagram Musik juga mendapat kritikan dari warganet yang menilai bahwa fitur ini memiliki kesamaan dengan aplikasi TikTok. Dengan adanya kedua fitur baru ini, warganet juga menilai Instagram telah memiliki fitur semua platform digital mulai dari musik, belanja, hingga telfon sehingga penggunanya akan terus berada di aplikasi ini.

Akun Twitter yang Ikut Meramaikan

Lantas siapa saja akun Twitter yang ikut meramaikan topik ini? Pada fitur Top Accounts Netray kita dapat melihat akun-akun yang ikut men-tweet-kan kata kunci yang berkaitan dengan topik ini. Dari gambar di bawah ini terlihat akun @skipberat menjadi akun yang mendapat impresi tertinggi hingga 31 ribu dan akun yang paling banyak men-tweet kata kunci ini ialah akun @bertanyarl dengan total tweets sebanyak 16.

Dengan demikian, kehadiran fitur baru Instagram ini mendapat ruang bagi penggunanya yang ternyata selama ini menantikan fitur tersebut. Selain dapat berbagi lagu favorit penggunanya, fitur ini juga dapat menjadi ruang berekspresi. Meskipun beberapa keluhan sempat dilontarkan pengguna lainnya, namun euforia akan kehadiran fitur Instagram Musik dan Reels di platform ini masih ramai diperbincangkan hingga saat ini.

Bagaimana denganmu? Sudahkah mencoba fitur ini? Lagu apa yang menjadi favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: