Inovasi IndiHome Melalui Kompetisi Cover Lagu

Sebuah inovasi untuk dunia Permusikan Indonesia kini muncul dari IndiHome. Beberapa hari ini Indihome sempat menjadi buah bibir pemberitaan di media daring. Kali ini pemberitaannya bukan tentang jaringan internet, melainkan tentang sebuah kompetisi bernyanyi lagu dengan versi lain atau cover lagu. Wah, bikin penasaran ya? Sebenarnya apa tujuan Indihome menyelenggarakan kompetisi ini? Netray melakukan monitoring selama seminggu terakhir, untuk melihat seberapa ramai topik ini menjadi perbincangan pada media daring dan media sosial. Hasilnya sebagai berikut. 

Berita Kompetisi IndiHome

IndiHome melakukan gebrakan dengan berupaya untuk meningkatkan kreativitas masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Melalui ajang kompetisi Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition yang dilaksanakan sejak 28 September 2020 kemarin berhasil menarik perhatian publik. Kompetisi menyanyikan lagu dengan versi lain ini telah diikuti peserta penyanyi solo maupun grup dari Sabang sampai Merauke sebanyak 1.207 peserta.  Dengan menggandeng Melly Goeslow, Tantri Kotak, dan Ari Tulang sebagai Juri, kompetisi ini bisa dibilang sangat ketat persaingannya. Ajang Cover Song Competition ini melalui tahap eliminasi lalu semifinal hingga penilaian langsung sampai kini telah memasuki grand final. 

Sudut Pandang IndiHome dari Media Pemberitaan

Pemantauan ini dilakukan pada 18 November-24 November 2020, yakni sebelum tanggal pelaksanaan grand final acara “Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition” pada 28 November 2020. Dengan memasukan keyword berupa semua bisa berubah maju dan cover song competition && Indihome topik ini telah diberitakan sebanyak 23 artikel oleh 16 portal media. Berikut infografis pemberitaannya. 

Pada grafik tersebut di atas intensitas pemberitaan mulai tanggal 19 November dengan puncak pemberitaan terjadi pada 22 November. Kemudian peak time pada 22 November yang merupakan puncak grafik tertinggi berada di waktu 13.00 WIB dan 20.00 WIB. Pemberitaan didominasi berita bersentimen positif dan netral dengan kecenderungan mengarah pada berita bernada positif. Berikut contoh berita pada 22 November. 

Data berita tanggal 22 November dipenuhi dengan berita bernada positif dan netral yang berasal dari portal berita nasional. Pemberitaan mengenai inovasi Indihome yang siap melahirkan penyanyi baru di dunia permusikan Indonesia. Artikel lain memberitakan tentang kompetisi Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition ini telah memasuki tahap grand final dan acara grand final tersebut akan diselenggarakan pada 28 November mendatang. Berikut jajaran Top People dan Top Portal dalam topik ini. 

Jajaran Top People pada urutan pertama ditempati oleh Melly Goeslow, lalu urutan kedua terdapat nama Tantri Kotak, serta urutan ketiga ialah Ari Tulang. Dimana ketiga orang tersebut merupakan juri dalam kompetisi Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition ini. Kemudian dalam jajaran Top Portal, urutan pertama ditempati oleh portal media lokal yakni Tribun Pontianak. Lalu, Tribun News menempati urutan kedua dan Indotelko berada pada urutan ketiga. Setelah menganalisis topik ini dari segi berita, mari beralih menilik dari segi media sosial Twitter. 

Sudut Pandang Media Sosial Twitter; Kata Warganet?

Perbincangan tentang kompetisi yang diselenggarakan IndiHome ini cukup menarik perhatian warganet Twitter. Selama satu minggu pemantauan, impresi data yang diperoleh menunjukan grafik yang terus naik. 

Melalui keyword cover song competition && indihome Netray berhasil menghimpun data sebanyak 1,166 cuitan. Data cuitan tersebut dicuitkan oleh 150 akun dengan potential reach mencapai 9 juta kali. Dominasi cuitan bersentimen netral dengan kecenderungan mengarah pada cuitan bernada positif. Garis grafik positif mengalami kenaikan mulai 22 November hingga puncaknya 23 November. Pada tanggal puncak grafik tersebut, akun resmi @IndiHome dan @TelkomIndonesia menuliskan cuitan terkait ajang kompetisi Semua Bisa Berubah Maju ini. 

Akun @IndiHome dan @TelkomIndonesia siap membawa perubahan untuk musik Indonesia dengan membangkitkan semangat dan potensi masyarakat selama pandemi melalui ajang kompetisi cover lagu ini. Para peserta nantinya memperoleh kesempatan yang besar untuk menjadi penyanyi pendatang baru Indonesia. Cuitan dari kedua akun tersebut telah disukai oleh ratusan akun dan dibagikan kembali oleh puluhan akun twitter. Berikut tanggapan warganet yang antusias dengan acara kompetisi ini. 

Seperti penjelasan di awal, bahwa mayoritas data mengarah pada cuitan bernada positif. Oleh sebab itu tanggapan warganet kebanyakan bersentimen positif. Hampir jarang tanggapan warganet bernada negatif terkait ajang kompetisi ini. Terlihat pada contoh gambar di atas bahwa warganet antusias menyambut program inovasi Indihome ini. Menggunakan tagar #SemuaBisaBerubahMaju warganet memberikan impresinya dengan kalimat mendukung untuk semua peserta yang telah lolos grand final. 

Berdasarkan pemaparan di atas bahwa inovasi IndiHome dalam mengadakan ajang kompetisi cover lagu ini disambut baik oleh masyarakat. Melalui ajang Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition ini dapat mewadahi kreativitas masyarakat dalam menyanyikan lagu dengan versi lain. Sekian analisis Netray, semoga inovasi kompetisi seperti ini dapat terus berkembang sehingga lebih banyak lagi mendatangkan penyanyi baru dengan potensi yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: