Impresi Lebaran ala Warganet, Pertanyaan ‘Kapan Nikah’ Masih Menjadi Momok

lebaran tahun ini

Lebaran atau Hari Raya Umat Islam yang jatuh pada tanggal 13-14 Mei 2021 lalu masih dirayakan masyarakat Indonesia dalam suasana suka cita di tengah pandemi. Sambutan hari kemenangan ini dirayakan dengan penuh semangat oleh umat islam, terutama warganet meski di dalam keterbatasan. Untuk menangkap momen ini, Media Monitoring Netray memantau perbincangan warganet Twitter yang mengucapkan atau ikut serta merayakan Hari Raya ini di akun sosmed mereka. Seperti apa kemeriahannya? Mari kita simak dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh Netray.

Gambar di atas merupakan fitur Top Words yang berisikan kumpulan kosakata dominan yang menjadi perbincangan warganet pada topik ini. Dari fitur tersebut dapat kita lihat kosakata yang berkaitan dengan momen ini, seperti idul, fitri, mohon, lahir, minal, dan lain sebagainya menjadi perbincangan utama warganet. Selain kosakata tersebut, ditemukan kata presiden yang juga menjadi salah satu topik perbincangan. Apa yang dicuitkan warganet terkait hal ini?

Dari kosakata presiden yang terdapat pada fitur Top Words, dapat kita lihat perbicangan warganet yang menyelipkan kata tersebut pada cuitannya. Seperti yang terlihat dari gambar di atas, beberapa cuitan warganet terkait kosakata ini ialah tentang ucapan lebaran dari keluarga Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang kembali disampaikan oleh warganet. Selain ucapan Idul Fitri, warganet juga membagikan pesan Presiden untuk bangkit dan menang melawan pandemi Covid-19.

Statistik Perbincangan

Pantauan yang dilakukan dengan membubuhkan kata kunci lebaran dan idul fitri menghasilkan total twit sebanyak 36.097 dan impresi mencapai 91 juta. Periode pemantauan dilakukan pada tanggal 12 Mei (H-1 lebaran) hingga 15 Mei (H+1 lebaran). Hal ini dimaksudkan untuk melihat antusias warganet menyambut momen ini pra dan pasca Idul Fitri.

Untuk melihat antusias tersebut, mari kita simak pantauan rincian twit berikut ini!

Pra Lebaran

Sambutan momen kemenangan dirayakan warganet dengan berbagi cuitan kebahagiaan. Ungkapan ‘besok lebaran’ mendominasi twit di H-1 perayaan Idul Fitri tersebut. Dengan fitur filter date yang dimiliki Netray, ditemukan sebanyak 30.001 twit yang dilayangkan warganet terkait kata kunci tersebut di tanggal 12 Mei 2021.

Selain ucapan sambutan lebaran di hari tersebut, warganet juga berkomentar tentang perayaan lebaran tahun ini yang masih diselimuti dengan suasana pandemi. Seperti ungkapan dari akun @crackoo yang menyatakan rindu momen lebaran sebelum adanya pandemi Covid-19.

Hari Perayaan

Di hari tepat perayaan Idul Fitri, Netray menemukan sebanyak 1.119 twit di tanggal 13 Mei dan 4.205 twit di tanggal 14 Mei. Terlihat dari gambar di bawah ini, grafik perbincangan warganet seputar kedua kata kunci ini didominasi oleh warna hijau. Dengan kata lain, pada hari tersebut perbincangan warganet didominasi oleh twit-twit bersentimen positif.

Ucapan selamat merayakan Idul Fitri dihaturkan oleh warganet di akun Twitter mereka masing-masing. Selain ucapan kepada sesama warganet, ucapan kepada pemimpin juga diungkapkan oleh warganet. Salah satunya ialah cuitan dari akun @Ryhanz_ yang mentwitkan ucapan Idul Fitri dengan menandai akun @aniesbaswedan.

Selain ucapan lebaran, momen ini juga dibarengi dengan peringatan hari Kenaikan Isa Almasih yang juga jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Dengan ini, toleransi beragama masyarakat Indonesia yang diwakili oleh warganet yang turut serta saling mengucapkan selamat dan mendoakan terjalin begitu erat.

Tak hanya itu, momen ini pun juga menjadi ajang sambatan para warganet yang telah memasuki usia matang. Mengapa demikian?

Momen berkumpulnya dengan keluarga besar ternyata juga menyisakan keluhan bagi warganet, terutama bagi mereka yang telah beranjak dewasa. Tak hanya seputar pembagian THR seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya, namun pertanyaan seputar pasangan dan pernikahan juga menjadi ‘momok’ pada momen ini.

Pasca Lebaran

Meski telah memasuki H+1 lebaran, ucapan perayaan tak hentinya ditwitkan para warganet yang belum menyempatkan bersilaturahmi online dengan warganet lainnya. Seperti salah satu contoh cuitan di atas, politikus @cakimiNow menyempatkan memberikan ucapan online di akun Twitter miliknya. Dibuka dengan pantun, di akhir twit Cak Imin berpesan untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat berkumpul dengan keluarga.

Hari Kemenangan Umat Islam telah disambut suka cita meski perayaannya masih dirundung oleh pandemi Covid-19. Kebijakan larangan mudik yang membatasi mobilitas tak memutus tali silaturahmi para warganet. Meski sekadar ucapan melalui sosial media, antusias warganet dalam menyambut momen kemenangan ini tak terbendung hingga twit-twit ucapan selamat lebaran membanjiri kanal Twiter. Tak hanya itu, ucapan peringatan Kenaikan Isa Almasih juga digaungkan di kanal ini untuk saling menjaga tali persaudaraan antar agama.

Sekali lagi, kami Tim Netray mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan selamat memperingati Kenaikan Isa Almasih. Mohon maaf lahir dan batin, serta damai sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: