Honda Jazz Pensiun, Warganet; Sayonara

Mulai bulan Maret tahun 2021, produksi mobil Honda Jazz akan disuntik mati PT. Honda Prospect Motor. Pengumuman ini resmi disampaikan oleh Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor. Mobil Honda Jazz akan digantikan oleh Honda City Hatchback RS yang digadang-gadang memiliki fitur unggulan dibandingkan fitur Honda Jazz sebelumnya. Mobil Honda Jazz dengan kapasitas lima orang ini mencuri perhatian kalangan anak muda di Indonesia. Honda Jazz banyak mencuri perhatian karena desain mobil yang elegan dengan kemampuan mesin mumpuni. Lantas bagaimana pendapat mereka sebagai penyuka Honda Jazz apabila mobil ini disuntik mati?

Media Monitoring Netray melakukan pemantauan terkait isu tersebut, bagaimana media mengemas pemberitaan terkait berhentinya produksi Honda Jazz ini? Dan seperti apa ungkapan hati warganet atas isu tersebut? Berikut ulasannya.

Selama periode pemantauan 1-9 Maret 2021, topik terkait berhentinya produksi mobil legendaris Honda Jazz diberitakan dalam 105 artikel. Pemberitaan di atas mengalami pergerakan yang fluktuatif. Sentimen positif terlihat unggul pada puncak pemberitaan pada tanggal 3-4 Maret 2021. 

Mobil Honda Jazz ini pertama kali diproduksi pada tahun 2004. Media memberitakan bahwa Honda Jazz akan menjelma menjadi salah satu mobil jenis hatchback yang digandrungi masyarakat Indonesia. Selain itu, stok mobil ini akan semakin langka seiring proses berhentinya produksi. Pada puncak pemberitaan tersebut, media juga sedikit menyinggung terkait adanya mobil pengganti Honda Jazz, yakni Honda City Hatchback RS. Seperti apa fitur unggulannya yang digadang-gadang akan laku keras di pasar Indonesia?

Media Kedaulatan Rakyat, menyebutkan Honda City Hatchback RS memiliki kapasitas 1500 CC sama seperti Honda Jazz. Namun, mobil ini menggunakan mesin empat silinder segaris berkapasitas 1,5 liter DOHC i-VTEC dengan produksi tenaga puncak 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. Honda mengklaim bahwa kapasitas mesin ini merupakan yang terbesar di kelasnya. Mobil ini juga sesuai dengan selera anak muda yang menginginkan mobil dengan tampilan stylish, kabin lapang, dan performa mesin yang tangguh. Oleh karena itu, PT HPM cukup optimis bahwa Honda City Hatchback mampu menjadi penerus Honda Jazz yang masa beredarnya sudah berakhir di Indonesia. Pemberitaan terkait hadirnya Honda City Hatchback sebagai pengganti Honda Jazz menyumbang sentimen positif dalam media pemberitaan.

Ungkapan Hati Warganet untuk Honda Jazz

Selain memantau media pemberitaan, Netray juga memantau media sosial Twitter. Bagaimana keramaian warganet membahas kabar berhenti beredarnya Honda Jazz di Indonesia? Apa saja yang menjadi perbincangan? 

Selama periode pemantauan 1-9 Maret 2021, kabar berhenti produksinya Honda Jazz diperbincangkan sebanyak 679 cuitan. Terlihat dari grafik di atas, puncak perbincangan terjadi pada 4 Maret 2021. Meski sentimen positif terlihat lebih unggul di tanggal 4 Maret, namun sentimen negatif mendominasi pada periode pemantauan. Berikut garis besar isi perbincangannya.

Pada jajaran top word di atas, selain kata honda dan jazz yang berukuran besar, terdapat pula kata berhenti, produksi, meluncur, city, hatchback. Hal tersebut memperlihatkan perbincangan warganet seputar mobil Honda Jazz berhenti diproduksi dan digantikan oleh mobil City Hatchback yang akan segera rilis di pasar Indonesia.

Terima Kasih Honda Jazz atas Kenyamanannya

Keberadaan mobil Honda Jazz yang sudah melegenda membuat masyarakat familiar dengan mobil tersebut. Kalangan anak muda yang menyukai mobil tersebut banyak menuangkan ungkapan terima kasih dan terharu dengan kabar mobil ini akan disuntik mati oleh PT. Honda Prospect Motor. 

Ramainya ucapan sayonara warganet mewakili masyarakat yang memiliki kenangan bersama mobil ini. Salah satunya ialah cuitan dari akun @imanlagi yang menuliskan kesannya pada Honda Jazz yang dinilai gesit, nyaman dan elegan. Selain itu, warganet juga mengungkapkan bahwa Honda Jazz akan menjadi barang antik dan unik beberapa tahun ke depan, dengan harapan harga purna jualnya tetap stabil.

Selamat Tinggal Honda Jazz

Mayoritas warganet menuliskan kesedihannya karena mobil Honda Jazz berhenti diproduksi. Tidak sedikit warganet yang mengungkapkan bahwa memiliki Honda Jazz merupakan sebuah impian dan cita-cita sejak kecil. Oleh sebab itu, banyak dari warganet yang merasa sedih karena belum sempat membeli, tetapi sudah berhenti diproduksi. 

Bagian Akhir

Pengumuman resmi berhentinya produksi dan beredarnya Honda Jazz di Indonesia mencuri perhatian masyarakat. Sentimen positif topik ini disumbang oleh warganet yang berbagi pengalaman kenangan indah bersama mobil tersebut. Kemudian sumbangan sentimen negatif berupa ucapan selamat tinggal dan rasa penyesalan yang sangat disayangkan karena belum sempat memiliki mobil Honda Jazz tersebut. Demikian pantauan Netray, semoga dapat menambah informasi yang bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: