Google Down, Indihome Jadi Kambing Hitam

google down indihome

Sejak tengah hari tadi, warganet beramai-ramai mengeluhkan adanya kendala ketika mengakses Google, Youtube dan situs lain seperti Gmail, Google Drive dan Google Meet. Mereka melaporkan sejumlah kegagalan yang dialami ketika mencoba memuat laman vital tersebut. Maka tak heran apabila perbincangan untuk topik Google down menjadi trending. Menariknya, dalam diskusi soal gangguan Google ini, penyedia jaringan internet popular Indihome turut menduduki trending dengan muatan perbincangan yang berkaitan dengan topik Google. Alasannya adalah karena sejumlah warganet sempat menduga jaringan internet merekalah yang mungkin sedang down. Dan Indihome lah yang menjadi kambing hitamnya.

Media Monitoring Netray pun melakukan pemantauan guna melihat seberapa bersar porsi warganet menuduh Indihome sebagai penyebab kegagalan akses ke Google? Lalu mengapa demikian? Seperti apa pengalaman warganet terhadap Indihome sehingga provider ini menjadi yang paling disalahkan atas gangguan akses Google? Simak hasil pantauan Netray berikut.

Gambar di atas merupakan grafik frekuensi perbincangan topik terkait gangguan akses Google pada 8 April 2021. Perbincangan topik ini mulai ramai sekira pukul 10:00 WIB dan terus mengalami kenaikan ketika topik ini dipantau Netray. Dan tentu saja, sentimen negatif mendominasi mengingat topik ini berbicara soal gangguan akses. Namun, yang menarik adalah gambaran Top Words dan Top Entity (organizations) berikut.

Top Words dan Top Entity; Bagaimana Indihome Jadi Kambing Hitam ketika Google Down

Top Words merupakan salah satu fitur dalam Dashboard Netray yang berisi intisari atau kumpulan kosa kata penting/populer yang paling banyak muncul dalam cuitan atau perbincangan topik terkait. Sementara Top Entity (organizations) adalah kumpulan entitas organisasi, lembaga, atau perusahaan terkait yang paling banyak disinggung atau diperbincangkan dalam topik.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-3.png

Dari gambaran Top Words di atas terlihat bagaimana Indihome menjadi yang paling banyak disebut setelah kata google dan down. Demikian pula dalam deretan entitas yang paling banyak ditandai. Selain Google, Youtube, dan Google Meet yang merupakan 3 situs vital dalam hal ini, PT Telkom Indonesia dan Indihome pun turut dalam deretan entitas yang paling banyak disinggung warganet.

Dalam jaringan percakapan warganet soal topik Google down terlihat akun @IndiHome dan @IndiHomeCare memiliki jaringan yang besar di samping akun @collegemenfess.

Adanya kendala akses ke sejumlah situs Google Grup seperti Youtube, Google Meet, Gmail, Google Drive, hingga Google Clasroom membuat warganet panik. Tak heran apabila sebelum beredar informasi soal adanya pemeliharaan jaringan Google, warganet sempat dibuat bingung apakah Google sedang down atau memang jaringan Indihome yang mereka pakai yang bermasalah. Komplain terhadap pihak Indihome pun bermunculan. Agar kesalahpahaman warganet tidak menggiring opini buruk terhadap citra Indihome, pihak Indihome Care pun mencoba memberi klarifikasi.

Dari pantauan akun monitoring @IndihomeCare terlihat kesibukan admin media sosial Indihome yang mencoba menjawab pertanyaan netizen soal akses Google yang bermasalah. Indihome memberi klarifikasi bahwa permasalahan akses berada pada pihak Google, bukan dari pihaknya. Meski demikian sejumlah warganet masih menganggap jaringan internet Indihome mereka juga memiliki andil dalam kendala akses ke Google. Pengalaman buruk soal jaringan yang kerap dialami warganet pengguna Indihome menjadi alasan mengapa opini tersebut menjadi wajar bagi warganet. Berikut sejumlah meme yang menggambarkan bagaimana Indihome dalam pandangan warganet.

Gangguan yang menyebabkan layanan Google down terpantau terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dan sebagian wilayah Singapura dan Malaysia. Hal tersebut diketahui dari pemantauan menggunakan situs Downdetector.com. Pada pencarian mengenai informasi gangguan layanan Google, tampak Indonesia, Singapura, dan sebagian kecil Malaysia, hingga Brunei Darussalam terdampak gangguan yang ditandai dengan warna merah dan kuning. Lebih spesifik lagi, wilayah Indonesia yang paling banyak melaporkan gangguan yang menyebabkan Google down adalah Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Namun, pengalaman kurang memuaskan yang kerap dirasakan warganet pengguna Indihome nampaknya menjadi alasan logis mengapa Indihome menjadi sasaran utama ketika terjadi gangguan akses terhadap layanan sebesar Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: