#Ghosting Mendadak Trending, Ada Apa?

Beberapa waktu lalu #Ghosting mendadak ramai diperbincangkan oleh warganet Twitter. Ghosting menjadi sebuah istilah yang tidak asing bagi muda-mudi masa kini. Generasi milenial barangkali telah akrab dengan istilah satu ini bahkan mungkin telah menjadi pelaku atau korban dari ghosting. Namun, mengapa #Ghosting mendadak trending? Ada apa sebenarnya? Simak pantauan Media Monitoring Netray.

#ghosting

Netray memantau topik seputar #Ghosting sejak 03 Maret 2021 sampai dengan 09 Maret 2021. Selama periode tersebut ditemukan 18.9K total cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi mencapai 53.1M dengan jumlah jangkauan sebanyak 121.3M. Lalu, mengapa sentimen negatif mendominasi cuitan dengan tagar #Ghosting?

Ghosting merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi pemutusan komunikasi secara sepihak dengan tanpa alasan atau secara sederhana disebut dengan menghilang. Pada grafik di atas cuitan terkait Ghosting pertama kali muncul pada tanggal 07 Maret 2021 dan memuncak pada 08 Maret 2021.

Dalam Top Issues Report terlihat topik 1 didominasi oleh kata kunci ghosting, anak, ngamuk, negara, pacaran, heboh, kepala, presiden, gitu, dan kaesang. Ternyata trending #Ghosting turut libatkan nama Kaesang yang ramai diperbincangkan oleh warganet. Tak heran, sebagai putra dari Presiden RI topik terkait dirinya selalu menarik perhatian warganet. Lalu apa yang menjadi permasalahan?

Trending #Ghosting Libatkan Nama Putra Bungsu Presiden RI

Dibalik #Ghosting yang sempat trending ternyata dipicu oleh Putra Bungsu Presiden RI yang diduga menjadi pelaku ghosting hingga menuai kontroversi di jagat maya. Sebagai anak dari RI 1 tak heran jika Kaesang kerap menjadi sorotan bahkan kali ini kisah asmaranya yang turut menjadi perbincangan.

Nama Putra Bungsu RI 1 ini masuk dalam jajaran kategori Top Words pantauan Netray. Tidak hanya itu, dalam Top Words tersebut terlihat nama Felicia dan Nadya yang juga berkaitan dengan topik ini. Ada apa sebenarnya?

Topik ini pun ramai menjadi perbincangan warganet setelah mengetahui isu terkait berakhirnya hubungan asmara antara Kaesang dan Felicia. Kaesang diduga sebagai pelaku ghosting dengan korbannya, yaitu Felicia. Terlebih saat ini Kaesang diketahui telah memiliki tambatan hati baru, yaitu Nadya yang namanya turut ramai disebut oleh warganet.

Tidak sedikit dari warganet yang membela Kaesang dengan membagikan alur dari isu yang tengah bergulir tersebut. Sayangnya hal ini bahkan melibatkan Ibunda Felicia yang turut berkomentar terkait berakhirnya hubungan putrinya bahkan hingga mencatut nama Jokowi.

Trending #Ghosting Warganet Ramai Bagikan Pengalaman

Seolah tak mau ketinggalan warganet pun turut membagikan pengalaman dan opini mereka terkait prilaku ghosting. Tidak sedikit warganet yang membagikan pengalaman mereka terkait kondisi yang pernah mereka alami. Bagi para korban ghosting memang bukan merupakan kondisi yang menyenangkan. Bahkan bagi mereka kondisi ini dapat memicu terganggunya kesehatan mental.

Warganet berasumsi bahwa ghosting merupakan perpisahan paling pahit dalam sebuat hubungan. Memutus komunikasi sepihak dan tidak memberikan alasan yang jelas membuat korban bertanya-tanya perihal penyebabnya. Tak jarang korban akhirnya merasa insecure dan merasa tidak pantas inilah akhirnya menjadi penyebab menurunnya kepercayaan diri seseorang.

Kabarnya bahkan fenomena ghosting kini tengah marak terjadi. Pasalnya tak sedikit dari warganet yang turut membagikan pengalaman mereka. Warganet juga berasumsi bahwa ghosting lebih dari PHP atau Pemberi Harapan Palsu. Maraknya penggunaan media sosial menjadi salah satu pemicunya. Misalnya, seseorang mengajak berkenalan lewat media sosial kemudian memutuskan untuk bertemu dan ternyata kenyataannya seseorang tersebut tidak sesuai dengan apa yang ia lihat melalui medsosnya hingga memutuskan untuk memutus komunikasi setelahnya.

Perilaku ini bahkan kerap mengundang kesedihan dan membuat korban bertanya-tanya perihal kesalahan apa yang telah diperbuatnya. Padahal pelaku tersebut hanya menghindar dan tidak memiliki keberanian untuk menyampaikan alasannya.

Trending-nya topik seputar ghosting di media sosial Twitter dipicu oleh kandasnya hubungan Felicia dan Kaesang yang diduga sebagai pelaku ghosting. Itulah sebabnya namanya muncul dalam berbagai kategori pantauan Netray. Sementara itu, dalam kategori Top People diduduki oleh akun @Cilorconnoistre yang berkomentar menanggapi ketidaksetujuaanya perihal prilaku ghosting.

Kemunculan persoalan hubungan pribadi Kaesang membuat ramai jagat maya. Tak heran, sebagai anak Presiden tentu sosoknya selalu menjadi sorotan. Meski tuduhan terhadap dirinya tersebut belum tentu benar adanya namun topik ini terus bergulir menjadi perbincangan hangat warganet. Bagaimanapun ghosting bukanlah merupakan prilaku yang baik, maka dari itu kepada siapa saja yang memulai suatu hubungan hendaknya mengakhirinya dengan baik-baik sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: