Bahaya Gangguan Kesehatan Mental Mengancam Masyarakat Di Masa Pandemi

Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga. Untuk dapat menjalankan kehidupan manusia tidak hanya membutuhkan fisik yang sehat namun juga mental yang kuat. Kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan sulit mengendalikan diri. Hal tersebut mengakibatkan berbagai hal, seperti stress, tertekan, sulit berpikir, dan membuat keputusan yang tepat.

Masa pandemi merupakan masa yang sulit untuk dihadapi. Pasalnya, masyarakat tidak hanya dituntut untuk waspada dan menjaga kesehatan diri namun juga harus terbiasa dengan berbagai peraturan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Untuk dapat menekan laju penyebaran tersebut pemerintah berupaya membatasi ruang gerak dan mobilitas masyarakat, seperti halnya menerapkan lockdown, PSBB, maupun PPKM. Tidak hanya itu, pemerintah juga mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan #dirumahaja sejak awal masa pandemi berlangsung. Namun sayangnya, kondisi yang mengancam tersebut tidak cepat berlalu. Hingga saat ini masyarakat masih diminta untuk membiasakan diri dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Kondisi pandemi saat ini tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan mengancam nyawa seseorang namun juga mengancam kesehatan mental.

kesehatan mental

Media Monitoring Netray mengamati laju perbincangan warganet terkait topik ini. Melalui Top Words terlihat beberapa kosa kata terkait kesehatan mental yang kerap menjadi perbincangan warganet, seperti stres, pandemi, kerja, psikolog, dan beberapa kosakata lainnya. Untuk dapat melihat lebih jelas simak infografik berikut.

Netray melakukan pengamatan sejak 04 Juli 2021 sampai dengan 15 Juli 2021. Berdasarkan pengamatan tersebut ditemukan 4,791 total tweets dengan didominasi oleh sentimen negatif. Adapun jumlah impresi mencapai 530.1 ribu dengan potensi jangkauan sebesar 80.1 juta. Jumlah tersebut menunjukkan kesehatan mental merupakan topik yang cukup diperbincangkan oleh warganet Twitter selama periode pantauan Netray.

Apabila diamati melalui grafik di atas terlihat intensitas perbincangan warganet terkait topik ini mengalami peningkatan sejak 07 Juli 2021. Sebagaimana diketahui beberapa kota di Indonesia tengah memberlakukan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 02 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021. Pemberlakuan masa PPKM Darurat dinilai berpengaruh pada kesehatan mental masyarakat. Hal ini dapat diamati melalui grafik di atas seiring meningkatnya intensitas perbincangan warganet terkait topik kesehatan mental di Twitter.

Pandemi Yang Tak Kunjung Usai Menghantui Kesehatan Mental Masyarakat

Lebih dari satu tahun pandemi telah menyebar di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini berimbas pada multisektor termasuk ekonomi, pendidikan, pekerjaan bahkan cara hidup. Masyarakat diminta untuk membiasakan diri dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Namun, hal tersebut bukan merupakan hal yang mudah, dampaknya dapat diamati melalui beberapa unggahan warganet berikut.

Berdasarkan beberapa tweets di atas terlihat warganet yang merasa cemas, khawatir, dan kelelahan menghadapi pandemi yang masih terus berlangsung. Untuk beradaptasi dengan berbagai peraturan dan kebiasaan hidup baru tersebut warganet saling mengingatkan untuk tidak hanya menjaga kesehatan namun juga kesehatan mental. Warganet juga mengakui masa pandemi memang berpotensi sebabkan gangguan kesehatan mental.

Untuk membantu masyarakat menghadapi hal ini berbagai komunitas maupun lembaga peduli kesehatan mental membuka ruang diskusi dan perbincangan terkait permasalahan ini. Tidak hanya itu, melalui akun-akun Twitternya mereka pun turut membagikan tips untuk menjaga kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental akibat pandemi memang suatu hal yang tidak dapat dipungkiri. Hal tersebut juga diungkapkan oleh akun @anthurium_id yang mengatakan pandemi covid-19 memberi dampak bagi semua orang, salah satunya ialah kesehatan mental menjadi kurang stabil. stres, cemas, kesepian, dan sebagainya. Itulah sebabnya diperlukan adanya ruang konseling bagi siapa saja yang membutuhkan.

Top Categories

Pada kategori Top Accounts terlihat akun @mhdarief2208 menempati urutan teratas akun paling populer dalam perbincangan warganet seputar topik ini. Melalui Account Monitoring Netray terlihat tweets dari akun tersebut yang mengingatkan warganet untuk fokus menjaga diri sendiri agar kesehatan mental terjaga. Unggahannya tersebut pun mendapat insight yang cukup tinggi dengan disukai lebih dari lima ribu pengguna lainnya.

Sementara itu, pada kategori Top People terlihat akun @KuliahMental menempati urutan teratas kategori ini dan diikuti oleh beberapa akun lainnya. Adapun pada kategori Top Organization terlihat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menempati urutan teratas kategori ini. Menariknya, pada kategori Top Complaints dapat diamati kosakata stress, bingung kemana, down, stres pandemi, mendominasi kategori ini. Hal tersebut semakin mengerucutkan kondisi masyarakat yang sudah semakin jenuh beradaptasi di masa pandemi.

Masa pandemi memang bukan hal yang mudah untuk dihadapi, terbatasnya ruang gerak, hilangnya pekerjaan, kabar duka yang diterima dan nyawa yang terancam semakin hari semakin mengkhawatirkan. Tak heran bila masyarakat akhirnya justru merasa tertekan hingga mengalami stres. Untuk itu kita diminta untuk bersabar menjaga kesehatan diri baik fisik maupun mental dan berharap kita dapat melalui masa-masa sulit ini.

Simak hasil analisis Netray lainnya melalui https://blog.netray.id/

2 thoughts on “Bahaya Gangguan Kesehatan Mental Mengancam Masyarakat Di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: