Flash Sale iPhone XR Sulut Emosi Warganet: Bot atau Strategi Marketing?

iphone xr

Flash sale iPhone XR yang disuguhkah oleh Shopee mulai pukul 00:00 WIB dini hari tadi masih menyisakan sejumlah perbincangan panas di jagat maya hingga saat ini. Trending iPhone XR dan Promo 11.11 pagi tadi setidaknya membuktikan bahwa penawaran tersebut paling banyak menarik minat warganet dalam perburuan mengejar flash sale di hari belanja online nasional (harbolnas) 11 November ini.

Seperti diketahui, hari ini sejumlah marketplace mengadakan promo besar-besaran bertajuk Promo 11.11 dengan berbagai penawaran menarik. Di antaranya adalah potongan harga, gratis ongkir, hingga flash sale beragam brand unggulan dengan harga fantastis mencapai Rp 111.000 untuk iPhone XR yang harga pasarannya mencapai 11 jutaan.

Sejumlah kekecewaan dilontarkan warganet karena tidak berhasil mendapatkan Iphone XR yang sudah dinanti-nantikan. Dari kekecewaan bersama ini kemudian timbul sejumlah pertanyaan yang menggelitik rasa penasaran warganet. Mengapa penjualannya cepat habis dalam hitungan detik? Apakah flash sale ini hanya sebuah strategi marketing? Perbincangan soal bot yang turut berpartisipasi dalam flash sale pun sempat ramai dibahas. Ingin tahu seperti apa keramaiannya? Simak hasil pantauan Netray berikut.

Menjemput Flash Sale 11.11

Antusiasme warganet membicarakan Promo 11.11 di Twitter terpantau sejak 10 November 2020 sebelum akhirnya mencapai puncaknya pada hari ini.

Perbincangan topik seputar promo 11.11 di Twitter diramaikan oleh akun resmi marketplace @ShopeeID dan sejumlah akun fanbase hobi belanja seperti @RacunBelanja dan @BerburuSale. Dari pantauan Netray, perbincangan warganet dalam topik 11.11 kali ini diisi oleh sejumlah topik. Beberapa di antaranya adalah promo marketplace, flash sale, dan giveaway.

Promo paling gencar dilakukan oleh marketplace Shopee. Sementara flash sale yang paling banyak dikejar dan menjadi perbincangan adalah iPhone XR. Selain itu, warganet juga tertarik oleh giveaway saham yang diselenggarakan oleh Indo Premier Sekuritas dalam tagar IpotGiveAwaySaham.

Membaca Trending iPhone XR yang Menyulut Emosi Warganet

Seperti yang telah diulas di awal, perburuan mengejar flash sale iPhone seharga Rp 111.000,- paling banyak menyita perhatian warganet. Sempat menjadi trending dan menimbulkan perbincangan panas, berikut pembacaan media monitoring Netray.

Sehari sebelum jadwal flash sale, warganet telah banyak memperbincangkannya. Sebagian besar cuitan warganet berisi antusiasme mereka menanti detik-detik flash sale. Mereka juga telah memasang pengingat agar tidak ketinggalan mengikuti promo unggulan Shopee ini. Setidaknya hingga menjelang pukul 24:00 WIB harapan dan semangat warganet masih bertebaran di Twitter.

Setelah momen flash sale yang dinanti-nantikan berlangsung pada pukul 00:00 WIB, warganet pun beraksi. Namun, tidak lama berselang warganet kembali ribut di Twitter melaporkan kegagalannya berburu sale karena stok sebanyak 25 buah iPhone telah habis diburu dalam hitungan detik. Kata iphone, abis, habis, sedetik, gercep, gadapet, gagal dan umpatan anjim, anjir pun ramai dicuitkan warganet.

Perbincangan pun melonjak pada rentang 00:00-01:00 dini hari dengan dominasi sentimen negatif. Terlihat sejumlah akun populer yang paling banyak mendapat impresi dalam topik seputar flash sale iPhone di tanggal 11 November ini. Di antaranya adalah @HanSubhh, @arbaintolen, @stanimmanuel, @aldima16, dan @HubertAris. Siapakah mereka? Apa yang dicuitkan?

Berhasil Checkout iPhone XR

Dari pantauan Netray, akun @HanSubhh dan @arbaintolen paling banyak mendapat impresi berupa like, retweet, maupun comment lantaran keduanya membagikan momen keberhasilannya dalam berburu flash sale seperti berikut.

Kesal Tidak Kebagian Stok

Sementara akun @stanimmanuel dan @aldima16 menyuarakan kekesalannya karena tidak berhasil mendapatkan flash sale kali ini. Keduanya mendapat banyak impresi karena mewakili ribuan orang yang tengah kecewa karena merasakan hal yang sama.

Mungkinkah Permainan Bot atau Strategi Marketing Marketplace?

Di sisi lain, akun @HubertAris menyampaikan pendapatnya soal permainan bot dalam perburuan harbolnas ini. Cuitan Hubert yang seolah menjawab kekecewaan warganet karena kehabisan stok dalam hitungan detik ini menarik perhatian warganet. Demikian pula dengan cuitan @AdiLukman dan @koerinx yang membahas soal strategi marketing dan pantauan terhadap akun-akun yang berbicara soal keberhasilan mendapati iPhone.

Maka, timbulah diskusi soal kemungkinan bot dalam topik ini. Warganet yang kesal karena tidak kebagian stok iPhone kemudian turut mempertimbangkan kemungkinan adanya bot dalam perebutan flash sale ini.

Ada pula warganet yang berpendapat bahwa flash sale besar-besaran ini hanyalah permainan atau strategi marketing dari marketplace. Tentu saja opini tersebut terbentuk karena banyaknya warganet yang gagal atau kehabisan stok dalam hitungan detik. Sementara di sisi lain, isu bot yang beredar seolah dapat menjawab kekecewaan warganet dan rasa kesalnya.

Sekali lagi, Netray hanya mengulas dan menganalisis apa yang terjadi di media sosial Twitter hari ini bukan bermaksud untuk menjawab kebenaran kemungkinan isu yang beredar. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: