Monday, August 10
Home>>Analisis>>Felix Nesi, Dari Kekecewaan Berujung Penahanan.
Analisis

Felix Nesi, Dari Kekecewaan Berujung Penahanan.

Nama Felix Nesi beberapa waktu belakangan sempat menjadi perbincangan hangat warganet dan media pemberitaan online. Namanya kian santer setelah dirinya memprotes dan berujung pada penahanan. Lalu bagaimanakah hasil pantauan Netray terkait topik ini?

Pantauan News Netray

Berdasarkan pantauan Netray melalui media pemberitaan online terlihat jumlah pemberitaan tidak begitu banyak, total pemberitaan hanya mencapai 16 artikel yang berasal dari 11 media. Adapun kategori pemberitaan sebesar 100% berbicara mengenai hukum.

Terlihat pemberitaan mulai muncul sejak 04 Juli 2020 dan terus menjadi pembahasan hingga 08 Juli 2020 dengan didominasi pemberitaan bersentimen negatif.

Awalnya Sastrawan pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2018 ini memprotes terkait seorang Pastor untuk dipindahkan karena memiliki masalah dengan perempuan. Permasalahan tersebut berkaitan dengan isu pelecehan seksual. Itulah sebabnya Felix meminta Romo Kepala memindahkan Pastor tersebut. Akan tetapi, selang beberapa lama Pastor tersebut tidak kunjung dipindahkan, hingga akhirnya Felix Nesi kembali memprotes dan berujung digelandangnya ia ke kantor Kepolisian Insana.

Dukungan Dari Warganet

Ditahannya aktivis sekaligus sastrawan tersebut menyebabkan dirinya ramai menjadi pemberitaan. Pasalnya tidak sedikit masyarakat yang justru ikut memberi dukungan padanya, hingga akhirnya ia dibebaskan meskipun proses hukum masih berlanjut.

Dalam rentang waktu seminggu perbincangan warganet di Twitter terkait topik Felix Nesi mencapai 149 cuitan dengan didominasi cuitan negatif. Terlihat, topik ini mendapat 16.3K impresi dan potensi pencarian sebesar 18.8M.

Seperti halnya pada pemberitaan, topik ini menjadi perbincangan di Twitter sejak tanggal yang sama, yaitu 04 Juli 2020 dan terus menjadi perbincangan hingga tanggal 09 Juli 2020.

Melalui Media Populer pantauan Netray terlihat unggahan warganet yang menunjukan kondisi dan tangkapan layar dari media sosial milik Felix Nesi. Dalam unggahannya tersebut terlihat Felix Nesi menyampaikan terkait kondisi terkini dirinya yang berada di dalam sel tahanan dan ia juga menjelaskan kronologis kejadian yang ia alami tersebut. Cuitan dari akun @okkymadasari tersebut setidaknya di-retweet sebanyak 1.116 kali.

Selain itu, terlihat juga akun @asumsico yang mengunggah perkataan Felix Nesi yang menyampaikan kekecewaannya terhadap institusi Gereja. Cuitan tersebut menjadi salah satu cuitan populer yang mendapat retweet sebanyak 2.383 kali.

Meski ditetapkan sebagai tersangka, Sastrawan sekaligus Aktivis tersebut justru mendapat dukungan dari warganet. Dukungan tersebut terus mengalir disebabkan warganet menilai apa yang dilakukan oleh Felix Nesi merupakan hal yang benar. Ia dianggap telah berjuang untuk sebuah kebaikan, sehingga warganet berharap keadilan dapat ditegakkan.

Top Kategori

Berikut beberapa Top Kategori pantauan Netray. Terlihat beberapa organisasi, tokoh, maupun fasilitas yang menjadi perbincangan terkait topik Felix Nesi. Selain itu, terlihat pula beberapa portal pemberitaan online yang menyoroti kasus tersebut dan akun @asumsico menjadi Top Accounts yang paling banyak membicarakan topik tersebut.

Melalui Twitter akun @voaindonesiaJgan menjadi Top Organization diikuti oleh beberapa organisasi atau institusi yang juga menjadi perbincangan warganet.

Demikian hasil pantauan Netray terkait kasus Felix Nesi, seorang sastrawan dan aktivis yang rasa kecewanya justru membuat dirinya harus berurusan dengan pihak berwajib. Meski demikian warganet menyadari yang tengah ia perjuangkan adalah hal baik, itulah sebabnya dukungan untuknya terus mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: