Euforia JogjaROCKarta 2020

Minggu, 1 Maret 2020 konser musik rock bertajuk “Jogjarockarta” telah sukses diselenggarakan. Festival tahunan yang digelar promotor Rajawali Indonesia tersebut berlangsung di Stadion Kridosono Yogyakarta. Tidak hanya mengundang band rock lokal seperti Powerslavers, Kelompok Penerbang Roket, Navikula, hingga Godbless, panggung Jogjarockarta juga turut menyuguhkan band mancanegara sekelas Scorpion, Whitesnake, hingga The Hu. 

Netray memantau pembahasan topik Jogjarockarta di media berita online dan Twitter pada 27 Februari-4 Maret 2020 untuk mengetahui antusiasme masyarakat dalam menyambut dan merayakan festival musik rock tersebut. Berikut penelusuran Netray.

Jogjarockarta di Media Berita Online

Topik Jogjarockarta mulai muncul di media pada 28 Februari 2020. Puncak pemberitaan topik ini terjadi pada 1-2 Maret dengan dominansi sentimen netral-positif. Hingga 4 Maret, topik Jogjarockarta masih diulas media meskipun jumlahnya sudah mulai surut.

Jogjarockarta di Media Sosial Twitter

Di Twitter, pembahasan topik Jogjarockarta didominasi oleh sentimen netral-positif. Cuitan terkait topik ini juga memuncak pada 1 Maret 2020, yaitu sebanyak 87 cuitan dalam sehari. Pembahasan topik masih terus berlanjut hingga dua hari pasca festival musik rock tersebut digelar. Dari pantauan Netray, warganet sudah mulai berhenti membahas topik ini pada 4 Maret 2020. 

Kosakata Populer

Berikut adalah kumpulan kosakata populer yang paling banyak muncul dalam cuitan warganet ketika membahas topik Jogjarockarta.

Dalam pembahasan topik Jogjarockarta, warganet sering menggunakan tagar #JogjaROCKarta2020 sehingga frekuensi kemunculan tagar tersebut paling tinggi dalam pembahasan topik ini.

Melihat nama Scorpions dan Whitesnake yang turut masuk dalam deretan kosakata populer menunjukkan bahwa pembahasan topik Jogjarockarta sebagian besar menyasar pada penampilan kedua band mancanegara tersebut.

Kata mongolia pun masuk dalam deretan kosakata populer. Hal ini menyangkut pembahasan band The Hu asal Mongolia yang sedang naik daun hingga isu corona yang sempat menjadi kekhawatiran warganet.

Top Inisiator dan Top Portal Media

Berikut adalah top inisiator dan top portal media yang paling banyak membagikan informasi terkait topik Jogjarockarta.

Potret dan Video Populer

Berikut adalah beberapa potret dan video populer konser musik Jogjarockarta yang dibagikan warganet.

Review Jogjarockarta dari Warganet Twitter

Dari penelusuran Netray, pembahasan topik Jogjarockarta, baik dari media berita maupun Twitter didominasi oleh sentimen positif. Kepuasan warganet terhadap penyelenggaraan konser musik rock Jogjarockarta edisi keempat tersebut dapat diamati dari cuitan-cuitan berikut.

Bahkan, banyak warganet yang menyesal karena tidak turut serta menyaksikan pagelaran konser musik rock tersebut.

Dari sekian banyak cuitan terkait topik Jogjarockarta di Twitter hanya sedikit cuitan yang bersentimen negatif, yaitu soal fasilitas toilet dan kritik warganet terhadap portal berita yang salah menyebut nama personel band kesayangan mereka, Whitesnake.

Demikian pantauan Netray terkait topik Jogjarockarta selama periode 27-04 Maret 2020 di media berita online dan Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: