Era New Normal, Warganet: Menanti Bioskop Kembali Beroperasi

Pandemi Covid-19 mengakibatkan ditutupnya tempat hiburan, termasuk bioskop. Sejak pertengahan Maret 2020 seluruh bioskop di Indonesia tidak dapat beroperasi akibat pandemi. Setelah memasuki bulan keempat, pemerintah tengah menerapkan tatanan kehidupan baru atau Era New Normal. Lalu, bagaimanakah nasib bioskop di Era New Normal?

Pantauan News Netray

Netray memantau pembahasan terkait bioskop sejak 01 Juni 2020 s.d 29 Juni 2020. Hal tersebut berkaitan dengan wacana New Normal dan dibukanya pusat perbelanjaan di sejumlah daerah. Dengan berakhirnya masa PSBB, pemerintah menerapkan tatanan kehidupan baru sehingga masyarakat dapat beraktivitas di luar rumah kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada tanggal 15 Juni 2020 Pemprov DKI membuka kembali pusat perbelanjaan. Namun, pada tanggal tersebut bioskop-bioskop belum diperbolehkan untuk kembali beroperasi.

Setelah empat bulan tidak dapat beroperasi, salah satu jaringan bioskop Indonesia CGV mengaku mengalami kerugian yang tidak sedikit. Meski belum dapat beroperasi kembali, pihaknya mengatakan terus mempersiapkan aturan yang akan diterapkan bila nanti bioskop dibuka kembali.

Bioskop di Sejumlah Negara

Seperti halnya di Indonesia, bioskop di beberapa negara lain juga terdampak pandemi. Namun, saat ini beberapa negara tersebut tengah menerapkan New Normal, seperti halnya Arab Saudi yang telah lebih dulu mengizinkan tempat hiburan, seperti bioskop untuk kembali beroperasi. Bahkan di Korea Selatan jumlah penonton bioskop mencapai 400 ribu dalam satu minggu, sedangkan di Inggris baru akan kembali beroperasi pada Juli mendatang.

Bioskop ala New Normal

Di Indonesia, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah belum mengeluarkan izin bioskop untuk beroperasi kembali. Meski demikian, pemerintah tengah mengkaji terkait izin dan aturan tersebut agar nantinya industri ini dapat kembali berjalan.

Sementara itu, jaringan bioskop-bioskop di Tanah Air tengah mempersiapkan sejumlah aturan yang akan diterapkan untuk menghadapi New Normal. Adapun aturan tersebut berkaitan dengan protokol kesehatan, seperti cek suhu tubuh, memakai masker, dan menerapkan physical distancing di luar maupun di dalam studio.

Inovasi Bisnis Di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak pada multisektor terutama permasalahan sosial ekonomi masyarakat. Hal ini yang kemudian membuat para pengusaha harus berinovasi untuk tetap menjalankan bisnis mereka. Drive-in Cinema memang bukan merupakan hal baru di tengah masyarakat urban. Namun, inovasi ini kini menjadi solusi untuk mereka yang tetap ingin merasakan pengalaman menonton bioskop, meski dari dalam mobil. Meikarta merupakan perusahaan yang menyediakan industri hiburan tersebut.

Tanggapan dan Sambutan Warganet

Menonton bioskop biasanya dapat menjadi alternatif hiburan di tengah padatnya aktivitas. Hal tersebut yang menyebabkan sebagian warganet merindukan aktivitas ini. Akibat pandemi sejumlah film bahkan harus mengatur jadwal pemutaran kembali. Saat ini, di tengah wacana New Normal warganet berharap bioskop dapat segera beroperasi kembali.

Terlihat antusiasme warganet menyambut dibukanya kembali jaringan bioskop di Indonesia. Mereka bahkan telah menunggu jadwal sejumlah film yang akan tayang bila nanti bioskop telah beroperasi.

Demikian hasil pantauan Netray terkait topik seputar bioskop di masa pandemi. Setelah cukup lama tidak dapat beroperasi terlihat sebagian warganet merindukan hiburan menonton film di bioskop. Warganet menyambut dengan antusias terkait New Normal dan siap beraktivitas kembali dengan catatan memenuhi aturan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: