Eksistensi Food Vlogger dalam Kacamata Warganet

Channel Ria SW dan Nex Carlos menjadi nama food vlogger pilihan warganet. Eksistensi dan kestabilan mereka dalam menyajikan konten berkaitan dengan makanan menjadi salah satu alasan warganet memilih mereka sebagai food vlogger favorit.

YouTube menjadi salah satu media sosial yang mewadahi karya dan kreativitas masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang mulai menunjukkan eksistensi karyanya dalam bentuk audio visual di YouTube. Berbagai kanal dengan spesifikasi konten banyak tersebar di YouTube, seperti vlog tentang makanan, travelling, dan lain-lain. 

Salah satu yang banyak menyita perhatian netizen adalah konten berupa makanan. Para food vlogger sebutan bagi para pembuat konten makanan ini menyajikan review makanan, mencoba makanan dari beberapa daerah hingga makan dalam porsi besar. Eksistensi para food vlogger ini berhasil memberi rekomendasi hidden gem kuliner bagi para penontonnya.

Selain menawarkan makanan yang berasal dari lokasi tersembunyi, pembawaan para hostnya pun tak kalah menjadi daya tarik tersendiri. Masing-masing host food vlogger ini pun menciptakan jargon atau ciri khas dalam setiap videonya. Sehingga para penonton mulai menghafal masing-masing jargon setiap food vlogger favorit mereka. 

Pada 7 Februari 2022 jagat maya Twitter diramaikan dengan trending Ria SW. Seperti diketahui Ria SW merupakan salah satu food vlogger di Indonesia yang cukup terkenal. Namun jarang terjadi seorang food vlogger hingga menjadi trending topic media sosial Twitter dan YouTube.

Apa yang memicu hingga menjadi trending topic? Netray melakukan pemantauan di media sosial Twitter dan YouTube untuk mengetahuinya, sekaligus menganalisis siapa food vlogger yang paling banyak menjadi perbincangan warganet.

Selama sepekan pemantauan di awal 1-7 Februari 2022, sebanyak 2,115 ribu twit menjangkau perbincangan seputar food vlogger. Argumen warganet didominasi oleh twit bersentimen positif sebanyak 43% dengan capaian impresi sebesar 1,5 juta kali. Jangkauan impresi seputar topik eksistensi food vlogger ini menggema dengan ulasan warganet tentang food vlogger favorit. 

Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter topik food vlogger

Berdasarkan analisis kata yang paling banyak diperbincangkan langsung muncul nama-nama food vlogger. Selain Ria SW, ada nama carlos, farida, dan tasyi turut masuk sebagai nama-nama food vlogger yang banyak diperbincangkan warganet. 

Gambar 2. Top word

Munculnya nama-nama food vlogger itu dipantik unggahan akun @zkdwiin yang membuat pernyataan terbuka soal food vlogger favorit. Akun @zkdwiin juga memberikan opini pribadi yang menjadikan Ria SW sebagai salah satu food vlogger favoritnya. Sontak argumen yang dilempar oleh akun @zkdwiin pun diramaikan warganet dengan masing-masing opininya tentang food vlogger pilihannya. 

Gambar 3. Unggahan populer seputar food vlogger

Food Vlogger Pilihan Warganet

Dari beberapa twit warganet banyak memilih Ria SW dan Nex Carlos sebagai food vlogger favorit. Selain itu, warganet juga berpendapat bahwa food vlogger selain Ria SW dan Nex Carlos dinilai kurang original kontennya. Meski para food vlogger ini jarang unggah konten makanan, tapi masih tetap memiliki perhatian di mata penontonnya. 

Eksistensi Food Vlogger Pilihan Warganet dalam Pantauan YouTube 

Selain memonitoring media sosial Twitter, Netray juga mencoba melakukan pemantauan media YouTube. Pemantauan dilakukan pada empat nama food vlogger yang paling banyak menjadi perbincangan warganet yakni channel YouTube Ria SW, Nex Charlos, Farida Nurhan dan Tasyi Athasyia.

Dari keempat food vlogger tersebut, apabila diurutkan dari yang pertama kali menjadi youtuber yakni Ria SW. 

Gambar 5. Channel Ria SW dan unggahan populer

Channel Ria SW atau Ria Sukmawijaya pertama kali bergabung di YouTube pada 2 Agustus 2012 dengan total subscriber sebanyak 3,9 juta. Konten populer Ria SW mendapat sebanyak 37 juta views yang diunggah pada 4 tahun lalu.

Kemudian diurutan kedua ada akun YouTube Nex Carlos yang dibikin sejak 15 November 2016. Meski kemunculannya 4 tahun setelah Ria SW namun ia memiliki jumlah subscribers lebih banyak yakni mencapai 4,4 juta.

Gambar 6. Channel Nex Carlos dan unggahan populer

Nex Carlos dalam kurun 6 tahun eksistensinya telah mengunggah sebanyak 474 konten video. Konten paling populernya yang diunggah 2 tahun lalu telah ditonton sebanyak 20 juta kali.  

g bergabung di YouTube pada 26 September 2017. Menyajikan video dengan ciri khas makanan pedas, channel Farida Nurhan memperoleh 4,4 juta subscriber. Konten populernya berhasil mencuri perhatian warganet sebanyak 16 juta views.

Gambar 7. Channel Farida Nurhan dan unggahan populer

Tasyi Athasyia menjadi food vlogger yang menempati urutan terakhir. Bergabung sejak 20 Maret 2019 kini channel Tasyi telah memperoleh 2,4 juta subscriber.

Gambar 8. Channel Tasyi dan Unggahan Populer

Ciri khas konten video berupa masak dan mengulas makanan Tasyi Athasyia berhasil menjadi salah satu food vlogger pilihan warganet. Unggahan konten populernya berupa pengisian bahan makanan di kulkas mendapat jumlah views sebesar 9,1 juta kali. 

Simak analisis Netray lainnya di Medium dan  https://blog.netray.id/

Editor: Irwan Syambudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: