Eksistensi Bimbel Online di Twitter, Warganet Pilih Mana: Ruangguru, Quipper, atau Zenius?

Kehadiran dan manfaat bimbel online mulai banyak diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun tidak menutup pasar bimbel konvensional, keberadaan bimbel online telah menjadi trend di kalangan pelajar Indonesia. Sejalan dengan keinginan pelajar milenial, bimbel online dirasa lebih efektif daripada bimbel konvensional pada umumnya. Pelajar tidak terikat waktu sehingga dapat belajar kapan saja dan biaya yang ditanggung juga lebih murah. Dari segi pengemasan, bimbel online juga lebih menarik karena menyajikan berbagai materi pelajaran dengan apik, mulai dari video hingga animasi.

Di Indonesia, Zenius menjadi bimbel online pertama yang mengawali munculnya beberapa bimbel lain semacamnya. Selain Zenius, beberapa bimbel online yang sampai saat ini akrab di kalangan pelajar Indonesia adalah Quipper dan Ruangguru. Untuk melihat bagaimana persaingan dan eksistensi ketiga brand tersebut di pasar Indonesia, Netray akan mengulas pembicaraan warganet terkait bimbel online di Twitter. Kira-kira brand mana yang paling banyak dibahas di media sosial Twitter? Berikut ulasan hasil sosial media monitoring Netray.

Pembahasan Bimbel Online di Twitter

Gambar 1. Infografik Pembahasan Bimbel Online di Twitter

Terdapat sebanyak 5,032 cuitan bertopik bimbel online di Twitter pada pertengahan Oktober 2019 (8-21). Rata-rata warganet membahas bimbel online pada periode itu berkisar antara 300-500 kali dalam sehari dengan muatan sentimen yang beragam. Puncak cuitan bersentimen negatif terjadi pada 13 Oktober 2019, sementara puncak cuitan bersentimen positif terjadi pada 20 Oktober 2019. Apa saja topik yang dibicarakan warganet di Twitter terkait bimbel online tersebut? Lalu brand mana yang paling banyak dibicarakan? Berikut gambaran kosakata yang kerap disebut dalam cuitan-cuitan warganet terkait topik.

Gambar 2. Kosakata Populer Topik Bimbel Online

Dalam pembahasan terkait bimbel online di Twitter pada pertengahan Oktober 2019 terdapat beberapa kosakata yang kerap muncul. Beberapa di antaranya adalah zenius, utbk, quipper, ruangguru, online belajar, bimbel, materi, soal dan lain-lain. Dari kosakata tersebut dapat diketahui gambaran kasar topik yang dibahas warganet terkait bimbel online serta brand yang paling banyak disebut. Kira-kira apa yang membuat Zenius lebih banyak dibicarakan di Twitter daripada brand lain? Berikut, pembahasannya.

1. Zenius Educations

This image has an empty alt attribute; its file name is d06dbb98-723e-4d6b-bb7f-8bb3180a2e2c.png

Zenius Educations merupakan bimbel online pertama di Indonesia yang didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta pada 7 Juli 2007. Zenius menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online (zenius.net), maupun secara offline dengan media CD dan DVD. Pada pertengahan Oktober ini, Zenius menjadi bimbel online yang paling banyak dibicarakan warganet. Berikut pantauan Netray untuk pembahasan topik berkata kunci ‘zenius’ di Twitter.

Gambar 3. Total Tweets, Sentimen, Impresi, Jangkauan, dan Gender

Zenius di Twitter

Gambar 4. Grafik Cuitan dan Pergerakan Sentimen Topik Zenius

Terdapat 2,012 cuitan warganet yang membahas topik zenius di Twitter. Puncak cuitan terjadi pada 20 Oktober 2019. Dilihat dari sentimennya, cuitan pada 20 Oktober didominasi oleh sentimen negatif. Meski demikian, lonjakan cuitan negatif paling banyak berada pada 13 Oktober 2019. Dari penelusuran Netray, pada tanggal tersebut warganet banyak membicarakan errornya aplikasi zenius. Warganet pun banyak menyebut akun resmi Zenius, seperti @zeniuseducation dan @zeniussupport terkait masalah ini.

Sentimen Positif

Dari 2,012 cuitan bertopik zenius di Twitter, 535 di antaranya memuat sentimen positif. Pembahasan positif untuk Zenius di Twitter pada pertengahan Oktober ini ialah sering disebut ketika membicarakan aplikasi bimbel online pilihan warganet. Menurut warganet, zenius lebih lengkap dan mudah dipahami ketimbang aplikasi bimbel online lain. Zenius juga cocok dipakai untuk warganet pejuang UN dan UTBK karena banyak memuat latihan soal. Selain itu, warganet juga menyambut baik adanya try out yang diadakan Zenius.

Sentimen Negatif

Sedikit lebih banyak dari sentimen positifnya, pembahasan bertopik Zenius dengan sentimen negatif pada pertengahan Oktober ini ialah 606 cuitan. Dari penelusuran Netray, warganet banyak mengeluhkan soal errornya aplikasi Zenius dan belum tersedianya aplikasi Zenius di Ios.

This image has an empty alt attribute; its file name is z.12eror-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is z.11-1.png

2. Ruangguru

Di urutan kedua paling banyak disebut di Twitter adalah Ruangguru . Seperti Zenius, Ruangguru merupakan platform bimbel online asal Indonesia. Bimbel ini didirikan pada April 2014 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman. Meskipun baru berumur 5 tahun, Ruangguru telah mampu menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Berikut pantauan Netray untuk pembahasan topik berkata kunci ‘ruangguru’ di Twitter.

Gambar 5. Total Tweet, Sentimen, Impresi, Jangkauan, dan Gender

Ruangguru di Twitter

Gambar 6. Pergerakan Cuitan dan Sentimen Bertopik Ruangguru

Terdapat 1,461 cuitan warganet yang membahas topik Ruangguru di Twitter. Puncak cuitan terkait topik ini terjadi pada 13 Oktober 2019. Dilihat dari sentimennya, cuitan pada 13 Oktober didominasi oleh sentimen netral. Dari penelusuran Netray, topik pada tanggal tersebut terkait penayangan Ruangguru Festival di TRANS 7.

Gambar 7. Kosakata Populer Bertopik Ruangguru

Sentimen Positif

Dari 1,461 cuitan bertopik ruangguru di Twitter, 535 di antaranya memuat sentimen positif. Pembahasan positif untuk Ruangguru di Twitter pada pertengahan Oktober ini ialah beberapa inovasi dari Ruangguru seperti Skill Academy, Podcast, dan Brain Academy. Warganet juga kerap menyarankan aplikasi tersebut karena animasi video dan diskon menarik yang ditawarkan Ruangguru.

This image has an empty alt attribute; its file name is rg.1211-12.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rg.14.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rg.14.16.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rg.18brain.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rg.voice_.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rg.10.png

Sentimen Negatif

Jauh lebih sedikit dari sentimen positifnya, cuitan bersentimen negatif terkait topik ini berjumlah 173 cuitan. Sebagian besar dari cuitan tersebut berisi keluhan warganet terkait iklan-iklan Ruangguru yang terlalu sering.

This image has an empty alt attribute; its file name is rg.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rg.21.png

3. Quipper Indonesia

Di urutan ketiga adalah Quipper. Perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran daring ini dirintis oleh Fumihiro Yamaguchi pada tahun 2010 di London. Saat ini Quipper telah beroperasi di 4 negara yaitu Jepang, Filipina, Meksiko, Indonesia. Quipper melebarkan sayap di Indonesia sejak tahun 2015. Berikut pantauan Netray untuk pembahasan topik berkata kunci ‘quipper’ di Twitter.

Gambar 8. Total Tweet, Sentimen, Impresi, Jangkauan, dan Gender

Quipper di Twitter

Gambar 10. Pergerakan Cuitan dan Sentimen Bertopik Quipper

Ada 413 cuitan yang menyebut dan atau membahas Quipper pada pertengahan Oktober. Cuitan terkait topik ini cenderung lebih banyak memuat sentimen positif ketimbang negatif. Puncak cuitan terjadi pada 18 Oktober 2019. Warganet banyak membahas open sharing akun atau berbagi akun. Biasanya pemilik akun akan meminjamkan akunnya dengan menarik imbalan kepada peminjam. Selain itu yang juga kerap dibahas adalah barter akun, misal pemilik akun Quipper barter dengan pemilik akun Zenius atau Ruangguru.

Sentimen Positif

Dari 413 cuitan yang membahas Quipper di Twitter, 144 di antaranya memuat sentimen positif. Pembahasan positif untuk ruangguru di Twitter pada pertengahan Oktober ini ialah terkait perombakan aplikasi dan fitur Quipper. Menurut warganet, Quipper lebih cocok untuk pembelajar visual dan konsentrasi sosio humaniora.

This image has an empty alt attribute; its file name is qp.png
This image has an empty alt attribute; its file name is qp.14.png
This image has an empty alt attribute; its file name is qp.10.png
This image has an empty alt attribute; its file name is positifquipper2.png

Sentimen Negatif

Lebih sedikit dari sentimen positifnya, cuitan bertopik Quipper dengan sentimen negatif berjumlah 121. Dari penelusuran Netray warganet banyak mengeluhkan durasi pembelajaran Quipper yang lama dan cukup membosankan.

Top Inisitor Topik Bimbel Online

Berikut adalah akun-akun yang paling banyak membahas bimbel online di Twitter.

Gambar 11. Top Inisiator Topik Bimbel Online

Hampir sebagian besar akun dalam deretan top inisiator di atas merupakan ruang berbagi dan bertanya tentang pendidikan, seperti @edcfess, @collegemenfess, @moreserotonin, @masukkuliah, sementara akun resmi bimbel yang paling banyak muncul pada pertengahan Oktober adalah @zeniuseducation. Sisanya merupakan ruang bertanya umum (@askmenfess, @callmetummy, @DMenfess), akun media berita @KATADATAcoid dan akun pribadi.

Jaringan Percakapan

Berikut adalah jaringan percakapan warganet dalam membahas bimbel online di Twitter pada pertengahan Oktober 2019.

Gambar 12. Jaringan Percakapan Topik Bimbel Online

Dari gambar di atas dapat diamati pola jaringan percakapan warganet dalam membahas bimbel online di Twitter. Zenius (@zeniuseducation) memiliki jaringan cukup besar yang kemudian terkait dengan Ruangguru (@ruangguru), Quipper (@quipper), dan akun berbagi tanya seperti @askmenfess, @edcfess, @collegemenfess. Jaringan tersebut terbentuk karena warganet kerap menandai atau menyebut akun resmi ketiga bimbel tersebut ketika bertanya atau berbagi saran dalam memilih bimbel online di Twitter.

Jadi, Pilih Zenius, Ruangguru, atau Quipper?

Dari penelusuran Netray, warganet memiliki alasan yang beragam ketika memilih dan menyarankan penggunaan bimbel online: apakah Zenius, Ruangguru, ataupun Quipper. Sebab tiap bimbel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut warganet, Zenius lebih cocok untuk pembelajar yang membutuhkan banyak latihan soal dan pemahaman konsep yang dalam. Oleh karena itulah Zenius cocok untuk pembelajar yang sedang membidik UN, UTBK, atau Ujian Tertulis lainnya. Semetara itu, untuk pembelajar visual lebih cocok Ruangguru dan Quipper. Sebab kedua aplikasi bimbel tersebut banyak menyajikan video dan animasi menarik untuk memahami soal. Seperti dikutip dari cuitan warganet berikut.

Sekian, ulasan Netray terkait eksistensi bimbel online di Twitter pada pertengahan Oktober 2019. Semoga tercerahkan.

2 thoughts on “Eksistensi Bimbel Online di Twitter, Warganet Pilih Mana: Ruangguru, Quipper, atau Zenius?

  1. Wah persaingan dunia pendidikan digital sedang memanas, semua platform punya kelebihan masing2. maju terus pendidikan Indonesia

  2. Persaingan ini saya rasa bagus untuk pendidikan Indonesia, siswa kini diberi berbagai pilihan untuk belajar yang dirasa cocok dengan cara belajarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: