Edhy Prabowo Diciduk KPK, Warganet: Bringback Bu Susi!

Edhy Prabowo menjadi menteri pertama yang diciduk KPK di Kabinet Indonesia Maju. Namanya mendadak menjadi trending di media sosial dan media pemberitaan daring setelah terciduk dalam Operasi Tangkap Tangan KPK pada Rabu dini hari (25/11/2020) di bandara Soekarno Hatta. Ia diduga terlibat dalam skandal korupsi ekspor benih lobster yang sebelumnya telah menuai kontroversi di jagat maya. Netray melakukan pemantauan terkait topik ini melalui media pemberitaan daring dan media sosial Twitter. Simak pantauan Netray selengkapnya.

Edhy Prabowo Diciduk KPK, Berikut Pantauan News Netray

Ditangkapnya Edhy Prabowo menjadi pemberitaan hangat yang terus bergulir hingga jumlah artikel terkait topik ini mencapai 1,449 artikel yang berasal dari 85 media. Adapun kategori pemberitaan didominasi oleh hukum dan politik. Hal ini berkaitan dengan dugaan korupsi yang menjeratnya hingga menyeret pemberitaan terkait partai politik yang menaunginya.

Terlihat berdasarkan infografik di atas intensitas pemberitaan terus bergulir dan meningkat secara signifikan sejak kabar tersebut berhembus dan dikonfirmasi oleh pihak KPK. Tak hanya Edhy Prabowo, dalam OTT ini KPK juga turut mengamankan istrinya dan beberapa staf dari KKP tersebut. Hingga saat ini KPK telah menetapkan tujuh orang tersangka dalam kasus suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020, termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Pantauan Media Sosial Twitter

Di media sosial Twitter topik ini sempat menduduki trending topik. Terlihat jumlah cuitan mencapai 32ribu cuitan dengan didominasi cuitan bersentimen negatif. Sejak pemberitaan berhembus grafik cuitan warganet pun meningkat tajam, hal ini dapat dilihat melalui grafik berikut.

Menariknya warganet tidak hanya membicarakan terkait Edhy Prabowo namun juga mencatut nama Susi Pudjiastuti selaku Mantan Menteri KKP yang dinilai warganet lebih memumpuni. Itulah sebabnya Susi Pudjiastuti ikut menduduki trending topik pada tanggal 25 November 2020 lalu. Dalam beberapa cuitannya warganet merindukan sosok tersebut yang dinilai memiliki kapasitas yang cukup memuaskan pada periode lalu dan bertanya-tanya mengapa Presiden Jokowi tidak memberikan jabatan tersebut kembali diduduki oleh Susi Pudjiastuti.

Mengapa Warganet Merindukan Bu Susi?

Nama Susi Pudjiastuti pada beberapa waktu lalu sempat menduduki trending Twitter. Namanya dicatut sebagai sosok Mantan Menteri KKP yang dirindukan warganet. Sejak menggantikan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KKP nama Edhy Prabowo terus menuai kontroversi. Hal ini berkaitan dengan beberapa kebijakannya yang dinilai berkebalikan dengan apa yang telah menjadi gebrakan Susi Pudjiastuti pada periode sebelumnya, seperti halnya sebagai berikut.

Pertama, perizinan tangkap ikan. Pada perizinan untuk menangkap ikan pada periode Susi Pudjiastuti memakan waktu setidaknya mencapai 14 hari sedangkan pada periode Edhy Prabowo mengalami pemangkasan hanya menjadi 1 sampai 3 hari saja.

Kedua, penggunaan cantrang. Susi Pudjiastuti melarang dengan keras penggunaan cantrang untuk menangkap ikan. Hal ini berkaitan dengan cantrang dapat merusak terumbu karang. Sedangkan pada periode Edhy Prabowo tepatnya pada Juli lalu cantrang dapat gunakan kembali.

Ketiga, menenggelamkan kapal. Jika sebelumnya nama Menteri Pudjiastuti akrab dengan kata “tenggelamkan” kini penenggelaman kapal asing pencuri ikan tidak berlaku lagi. Pasalnya kebijakan Edhy Prabowo memilih untuk menghibahkan kapal-kapal pencuri tersebut kepada nelayan.

Keempat, ekspor benih lobster. Pada beberapa waktu lalu Netray sempat memantau terkait kebijakan kontroversial Edhy Prabowo yang ditentang oleh Susi Pudjiastuti. Menurut Susi benih lobster akan lebih menguntungkan bila diekspor setelah dewasa dan juga benih lobster akan terpelihara. Namun aturan ini dicabut oleh Edhy Prabowo, ia mencabut larangan ini namun pada akhirnya dirinya justru terlibat skandal korupsi benih lobster. Hal ini justru membuktikan kebijakan tersebut ditetapkan untuk menguntungkan dirinya bukan untuk mensejahterakan nelayan. Simak selengkapnya dalam Ekspor Benih Lobster, Regulasi Susi Pudjiastuti Yang Ditenggelamkan – Netray’s Blog

Beberapa cuitan warganet di atas memperlihatkan harapan mereka akan sosok Susi Pudjiastuti. Warganet berharap Susi dapat menduduki kembali jabatan tersebut, mengingat saat Susi tidak lagi menduduki Menteri KKP sebagian warganet tidak menyangka dan sedih akan keputusan Presiden pada saat itu. Sehingga ditangkapnya Edhy Prabowo seolah-olah menjadi bukti ketidaklayakannya menggantikan Susi Pudjiastuti. Alhasil warganet ramai-ramai mengunggah meme lucu mereka terkait dukungan untuk Susi Pudjiastuti.

Unggahan warganet tersebut pun mencuri perhatian hingga tidak sedikit dari postingan mereka mendapatkan jumlah like dan retweet yang tidak sedikit. Warganet berharap sosok Susi dapat kembali menduduki jabatan tersebut dan melanjutkan gebrakannya untuk memajukan negara sambil melestarikan kekayaan kelautan Indonesia.

Terungkapnya kasus korupsi ini tidak hanya merugikan negara namun juga berakibat semakin tergerusnya kepercayaan rakyat terhadap pemerintah. Di samping itu, hal ini juga membuktikan kekuatan KPK yang patut diapresiasi dalam mengungkap kasus seperti ini.

1 thought on “Edhy Prabowo Diciduk KPK, Warganet: Bringback Bu Susi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: