Drama Series Favorit Warganet untuk Menemani Ngabuburit

Ada banyak kegiatan masyarakat khas atau identik yang hanya dilakukan selama Bulan Ramadhan. Salah satunya adalah menunggu waktu berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Kegiatan yang disebut dengan istilah ngabuburit ini oleh masyarakat biasanya diisi dengan berbagai macam aktivitas. Kegiatan tersebut dapat bermacam-macam seperti sepeda santai, jalan-jalan, bermain, mencari takjil gratis, membaca buku, menonton film, dan lain-lain.

Nah akhir-akhir ini masyarakat memiliki aktivitas baru untuk menghabiskan waktu ketika menunggu adzan. Yakni dengan menonton film atau drama series. Netray melakukan pemantauan untuk melihat drama series apa saja yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat yang diwakili oleh warganet? 

Gambar 1. Statistik Perbincangan

Selama sepekan pemantauan dengan periode 2-8 April 2022, topik perbincangan rekomendasi film atau drama diperbincangkan sebanyak 1,546 twit. Keramaian warganet ini mendulang impresi sebesar 1,5 juta kali. Lalu drama apa saja nih yang tengah viral di kalangan warganet? Apakah drama yang sedang kalian tonton masuk ke dalam salah satu list yang ramai diperbincangkan? 

Gambar 2. Top Word

Dengan memasukan kata kunci berupa rekomendasi && drama, Netray menemukan 5 drama yang banyak menjadi perbincangan. Apabila dilihat dari top word di atas, terdapat kata 2521, reply 1988, dan wedding agreement. Ketiga judul drama series tersebut memang saat ini tengah viral dan menjadi topik perbincangan hangat di kalangan warganet Indonesia. Selain tiga judul drama series tersebut, terdapat pula dua judul series yang tidak kalah eksis dari ketiga judul dalam jajaran top word. 

Drama Series Korea masih Menjadi Primadona

Dari kelima drama yang banyak diperbincangkan warganet tersebut, empat diantaranya merupakan drama korea atau yang biasa disingkat menjadi drakor. Cerita fiksi yang diangkat oleh negeri ginseng Korea Selatan sedang mewabah di Indonesia bahkan luar negeri. Selain penampilan wajah para pemainnya yang menjadi daya tarik tersendiri karena ganteng dan cantik, alur cerita dramanya pun tidak mudah ditebak. Cerita drakor kerap menyajikan kebaruan alur drama yang membuat warganet Indonesia terhibur.

  1. Twenty Five Twenty One, 2521 (2022)

Pada urutan pertama terdapat drama serial televisi Korea Selatan dengan judul Twenty Five Twenty One. Drama yang dirilis pada tahun 2022 ini diperankan oleh Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk, Lee Joo-myung, Choi Hyun-wook, dan lain-lain. Disutradarai oleh Jung Ji-hyun, drama ini menggambarkan kehidupan romantis karakter para pemain utamanya dari tahun 1998 sampai 2021. 

Problema yang diangkat dalam drama ini berhasil menyentuh para penontonnya termasuk warganet Indonesia. Hati dan perasaan warganet seperti dicampur aduk oleh alur drama 2521 ini.

Ending drama yang dibikin sedih tersebut berhasil menjadikan 2521 tersebut favorit nomor satu drama saat ini. Bahkan karena memiliki akhir cerita yang sad ending, tidak sedikit warganet yang merasakan perasaan hampa seperti twit dari @diwaieieitch

2. Reply 1988 (2015)

Reply 1988 menjadi drama seri televisi asal Korea Selatan yang menempati urutan kedua. Drama yang dirilis tahun 2015 tersebut kembali menjadi perbincangan warganet karena alur ceritanya yang dinilai hangat dan cocok untuk menemani ngabuburit. Dibintangi oleh Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-po, Ryu Jun-yeol dan Lee Dong-hwi menceritakan tentang lima keluarga yang hidup dalam satu lingkungan di Distrik Dobong, Korea Selatan berlatar belakang tahun 1988. 

Drama dengan alur cerita yang banyak menggambarkan tentang kehidupan dalam rumah tangga, hubungan anak dan orang tua, adab bertetangga, dan lain-lain tersebut banyak menuai impresi dari warganet. 

Meskipun bukan termasuk kategori drama seri terbaru, tetapi reply 1988 ini masih menjadi drama kesayangan warganet. Selain menjadi favorit, tidak sedikit pula warganet yang menonton ulang reply 1988 dan tidak merasa bosan. 

3. Wedding Agreement The Series (2022)

Urutan ketiga ada drama serial Wedding Agreement The Series. Drama seri asal Indonesia produksi Starvision Plus pada tahun 2022 ini merupakan adaptasi dari film dengan judul yang sama. Film Wedding Agreement tayang pada tahun 2019 disutradarai oleh Archie Hekagery. Serial Wedding Agrement The Series ini perdana tayang di Disney+ Hostar pada 25 Maret 2022 kemarin dengan arahan sutradara yang sama yakni Archie Hekagery. 

Diperankan oleh Refal Hady, Indah Permatasari, dan Susan Sameh, drama ini berhasil menarik perhatian warganet Indonesia. Wedding Agreement The Series ini menjadi satu-satu drama seri Indonesia yang diperbincangkan warganet di tengah eksistensi drama Korea.  

Karakter Bian yang diperankan Refal Hadi menjadi topik utama perbincangan warganet terkait drama series. Warganet menilai sosok Refal Hadi cocok memerankan karakter Bian karena sangat mempesona hingga sukses mencuri perhatian warganet hawa Indonesia. 

4. Business Proposal (2022)

Drama series selanjutnya adalah seri televisi Korea Selatan dengan judul Business Proposal. Meski perbincangannya tidak sebanyak drama 2521 dan Reply 1988 tetapi drama ini tetap menjadi pilihan warganet untuk ditonton. Dibintangi oleh Ahn Hyo-seop, Kim Se-jeong, Kim Min-kyu, dan Seol In-ah, Business Proposal ini perdana tayang pada 28 Februari 2022 di SBS TV. 

Menurut akun @nnnnadss drama Business Proposal ini menjadi obat kehampaan hati setelah menonton drama series Twenty Five Twenty One. Serial ini menawarkan ending cerita yang bahagia, sehingga banyak warganet yang menjadikan serial ini sebagai penawar hati yang sedih karena ending drama Twenty Five Twenty One. 

5. Snowdrop (2021)

Drama seri televisi Korea Selatan berjudul Snowdrop pertama dirilis pada 18 Desember tahun 2021. Tayang perdana melalui JTBC dan Disney+ tersebut disutradarai oleh Jo Hyun-tak. Drama yang menggambarkan latar belakang sejarah Korea Selatan tentang Gerakan Demokrasi Juni 1987, sebuah gerakan protes massal dengan tujuan melengserkan kediktatoran Korea Selatan. Serial Snowdrop bergenre romantis ini diperankan oleh Jung Hae-in dan Jisoo, kisah percintaan mereka berhasil menjadi salah satu drama yang menemani warganet Indonesia menunggu waktu berbuka.

Memiliki kemiripan akhir cerita seperti 2521 yakni sad ending, Snowdrop berhasil menguras air mata para penontonnya. Alur cerita yang disusun oleh Sutradara Jo Hyun-tak sangat ciamik sehingga menempatkan penonton sebagai pemegang utama dalam berekspektasi terhadap akhir ceritanya. 

Jadi, sambil menunggu waktu adzan magrib tertarik untuk menonton drama series? Coba dipilih dari 5 judul drama series yang direkomendasikan warganet di atas.

Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam blog.netray.id.  

Editor: Ananditya Paradhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: