Perang Tagar Warganet Dalam Drama Korea Start-Up, #TeamJiPyeong atau #TeamDoSan Yang Paling Banyak Dikawal Warganet?

Drama Korea Start-Up bukan hanya berhasil mencuri perhatian pecinta K-Drama, tetapi juga mampu membelah penggemarnya menjadi dua kubu. Akan tetapi, perpecahan ini tidaklah berkonotasi buruk namun justru membuat serial ini semakin seru untuk diikuti setiap episodenya.

Keseruan ini berawal dari warganet yang ‘berperang’ tagar hingga berdebat di dunia maya hanya karena ingin Soe Dal-mi memilih Nam Do-San atau Han Ji-Pyeong. Oleh karena itu, serial drama ini memberikan impresi berbeda di kalangan penontonnya yang terbelah menjadi Team Do-San dan Team Ji-Pyeong. Seperti apa keseruan drakor ini di dunia maya? Tim manakah yang paling banyak mendapat dukungan warganet untuk memikat Soe Dal-mi? Berikut ulasan pantauan Media Monitoring Netray.

Sinopsis Drama Korea Start-Up

pict by wikipedia

Dikutip dari wikipedia, Drama Korea Start-Up adalah serial drama Korea Selatan tahun 2020 yang dibintangi oleh Bae Suzy (Soe Dal-mi), Nam Joo-Hyuk (Nam Do-San), Kim Seon-Ho (Han Ji-Pyeong), dan Kang Han-Na (Wo In-Jae). Serial drama produksi tvN ini menceritakan tentang perjuangan para milenial yang mendirikan perusahaan rintisan atau startup di bawah naungan Sand Box. Dal-Mi, Do-San, dan In-Jae mengikuti kompetisi yang diadakan Sand Box yang pada akhirnya mereka bertiga berhasil masuk dan menjadi anggota Sand Box serta berkesempatan untuk mengembangkan perusahaan rintisan mereka.

Selain kisah perjuangan mereka dalam mendirikan perusahaan rintisan, serial drama yang disutradarai oleh Oh Choong-Hwan ini juga memberikan kisah romansa layaknya Drama Korea pada umumnya. Namun, kisah cinta segitiga yang dihadirkan dalam serial ini ternyata mampu menggelitik warganet karena dua sosok pria yang dihadirkan dalam merebut hati Dal-Mi memiliki karakter yang bertolak belakang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Han Ji-Pyeong

pict by akun @elsyandria

Han Ji-Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon-Ho dalam Drama Korea Start-Up adalah sosok pria sukses yang mampu menjadi direktur di usianya yang masih 30-an. Ji-Pyeong juga merupakan investor yang dikenal dengan julukan ‘Gordon Ramsay’ karena ketrampilan investasinya yang sangat menakjubkan dan lidahnya yang terkenal tajam. Ji-Pyeong atau yang kerap disapa Pak Han digambarkan sebagai pria yang selalu terlihat rapi dengan gaya hidupnya yang mewah. Pesona dan karisma Pak Han sebagai pebisnis muda ternyata mampu menghanyutkan penonton hingga membelanya dalam tagar #teamjipyeong untuk merebut hati Soe Dal-Mi.

#TeamJiPyeong Dalam Pantauan Netray

Media Monitoring Netray mulai memantau percakapan warganet terkait topik Ji Pyeong dalam sepekan ini. Alhasil, Netray menemukan cuitan sebanyak 74 ribu lebih dengan kata kunci ji pyeong dan jipyeong. Meski didominasi dengan sentimen negatif, pelabelan negatif yang diolah mesin Netray dalam topik ini bukanlah cuitan atau percakapan yang berisi ujaran kebencian, tetapi cuitan-cuitan ini hanyalah berisi opini warganet terkait review lakon yang difavoritkan mereka.

Pada episode 13, penonton terutama Team Jipyeong semakin dibuat ‘gemas’ dengan suguhan cerita yang menceritakan 3 tahun setelah Soe Dal-Mi dan Nam Do-San memutuskan hubungan mereka namun Pak Han tidak mengungkapkan isi hatinya kepada Dal-Mi dalam waktu tersebut. Hal ini terlihat dari peak time pantauan Netray yang memuncak pada tanggal 29 November 2020 yang mana episode 13 tersebut tayang pada 28 November 2020 pukul 19.00 WIB di kanal tvN dan Netflix.

Ragam Respon #TeamJiPyeong

Warganet pendukung Ji-Pyeong merasa kecewa pada alur cerita episode 13 ini. Hal ini disebabkan oleh jalan cerita yang menceritakan tentang Pak Han yang tidak berusaha mendapatkan hati Dal-Mi selama 3 tahun setelah Do-San pergi ke Amerika. Oleh karena itu, dalam kategori Top Complaint yang dihimpun Netray ditemukan kata kecewa, goblok, hingga kesel untuk memberikan tanggapan terhadap tindakan Pak Han.

Salah satu akun yang merasa kecewa dengan sikap Ji-Pyeong adalah @nadiadelima. Dalam cuitannya, ia mengungkapan kekecewaan terhadap Ji-Pyeong dan memberikan tanggapan yang seharusnya dilakukan Ji-Pyeong untuk mendapatkan hati Dal-Mi, seperti mengajak kencan hingga bertemu nenek untuk mengatakan apa yang sesungguhnya ia rasakan.

Tak hanya menggunakan diksi kecewa, warganet juga memakai kata goblok hingga kesal untuk mengungkapkan kekecewaannya terhadap sikap Ji-Pyeong pada episode 13 tersebut. Seperti yang ditwitkan oleh akun @gyeouricha, ia menilai orang yang paling bodoh di serial ini adalah Han Ji-Pyeong.

Meski sempat dibuat kecewa, warganet pendukung Ji-Pyeong bahkan masih setia mendukung aktor favoritnya untuk tetap bahagia. Tagar #timjipyeong hingga cuitan kawal Ji-Pyoeng sampai akhir masih terus digemakan penonton dari kubu Team Ji-Pyeong.

Nam Do-San

pict by akun @kdrmvibes

Nam Do-San yang diperankan oleh Nam Jo-Hyuk adalah sosok pria lugu pendiri perusahaan teknologi yang diberi nama Samsan Tech. Perusahaan ini dikelola oleh Do-San dengan dua temannya, Kim Yong-san (Kim Do-Wan) dan Lee Chul-san (Yoo Su-Bin). Setelah jatuh bangun, Do-San memutuskan untuk mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Sand Box hingga akhirnya Samsan Tech juga dilirik oleh perusahaan 2STO dan membawa mereka melebarkan sayap di Amerika.

#TeamDoSan dalam Pantauan Netray

Dalam periode yang sama, Netray menemukan cuitan sebanyak 63 ribu dari topik terkait kata kunci do san dan dosan. Hampir sama dengan rivalnya, Han Ji-Pyeong, topik terkait Do-San dalam Drama Korea Start-Up ini juga didominasi oleh sentiment negatif. Kemunculan pertemuan Do-San yang di-setting-kan oleh Ji-Pyeong ternyata justru mampu memikat hati Dal-Mi. Oleh karena itu, banjiran ungkapan kekesalan kubu Ji-Pyeong mendominasi sentiment tersebut.

Ragam Respon #TeamDosan

Meski digambarkan berbeda 180 derajat dengan sosok rivalnya, Do-San dengan gaya sederhanya juga mempu menarik perhatian warganet. Seperti yang diungkapkan oleh akun @Melianggraini29, ia menjadi Team Do San karena karakter Dosan yang polos, cerdas, peka, dan tampan.

Namun, karakter Do-San yang lemah lembut juga menjadi ajang sindiran warganet. Beberapa akun, seperti @BelongsToBungsu dan @twinklettlestar menilai sifat Do-San terlalu lemah jika dibandingkan dengan Ji-Pyeong.

Kritik kubu Team Ji-Pyeong terhadap karakter Do-San, ternyata tak menyurutkan warganet Team Do-San untuk terus memuji dan mendukung tokohnya untuk mendapatkan Soe Dal-Mi. Bahkan, warganet juga mengingatkan untuk tidak saling menjelekkan satu sama lainnya.

Top Account & Meme

Dengan kumpulan kata kunci do san, dosan, ji pyeong, jipyeong, dan dalmi, Netray berhasil mengumpulkan cuitan lebih dari 114 ribu dalam periode 27 November-3 Desember 2020. Selain ditwitkan oleh pecinta K-Drama, ternyata serial ini juga mencuri perhatian dari beberapa akun besar, seperti @FiersaBesari, @andihiyat, @poconggg, hingga @radenrauf sehingga topik ini mendapat banyak impresi dari warganet.

Beragam komentar lucu diungkapkan oleh akun-akun tersebut. Seperti yang diungkapan oleh akun @poconggg yang menyarankan Dal-Mi untuk berpacaran dengan Hulk karena salah satu scene dalam serial ini menjelaskan alasan kenapa alasan Dal-Mi suka dengan Do-San yang memiliki tangan besar.

Beragam meme yang tersaring oleh Netray juga dibagikan warganet yang dijadikan parodi untuk menggambarkan situasi yang terjadi dalam serial ini. Berikut ini beberapa gambar yang terdapat pada dashboard media Netray terkait topik ini.

Demikian hasil pantauan dari Media Monitoring Netray terkait eksistensi Drama Korea Start-Up di mata warganet. Uniknya, kubu ciptaan warganet tersebut bukanlah menjadikan perpecahan namun justru menjadikan serial ini semakin seru untuk diikuti setiap episodenya. Terus pantau tokoh kesayangan kamu. Jangan lupa komentar, kamu Team Ji-Pyeong atau Team Do-San?

1 thought on “Perang Tagar Warganet Dalam Drama Korea Start-Up, #TeamJiPyeong atau #TeamDoSan Yang Paling Banyak Dikawal Warganet?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: