by.U Si Newbie yang Mencuri Perhatian Warganet; Apa Impresinya?

by.U merupakan salah satu produk layanan seluler prabayar digital pertama di Indonesia. Produk inovasi dari PT. Telkom Indonesia ini diluncurkan pada 17 September 2019 dan telah berhasil mencuri perhatian masyarakat. Provider digital yang membebaskan penggunanya untuk memilih kuota, topping kuota, dan nomor ponsel ini banyak menawarkan paket internet. by.U memudahkan pengguna untuk mendapatkan kartu SIM dan cara membayar dalam satu aplikasi. Selain itu, provider by.U juga memiliki fitur keamanan end-to-end dan tidak mengenal masa aktif pulsa. Hal tersebut sesuai dengan sasaran by.U yang memang diperuntukan bagi kaum milenial yang ingin bebas dan praktis memilih dalam satu aplikasi. 

Meskipun hadirnya by.U di Indonesia cukup terbilang baru, namun layanan prabayar digital ini sudah menjadi salah satu provider populer yang digunakan masyarakat. Kali ini, Netray melakukan pemantauan pada media sosial Twitter, untuk melihat antusias warganet dalam memperbincangkan provider by.U tersebut. Bagaimana impresinya ya?

Hasilnya, selama periode pemantauan 27 Maret-2 April 2021 terdapat 910 cuitan warganet yang mengandung kata kunci by.U. Pergerakan grafik cuitan bersentimen negatif unggul jauh daripada sentimen positif dengan puncak tertinggi pada tanggal 31 Maret 2021. Apa pembahasan yang paling menonjol?

Pada gambar Top Words di atas, kata sinyal, lemot, dan jaringan berukuran menonjol selain kata kartu, telkomsel, kuota, dan jaringan. Hal tersebut dapat dilihat bahwa perbincangan warganet tentang provider by.U seputar jaringan dan sinyal. 

Pada 31 Maret yang merupakan puncak grafik dipenuhi dengan cuitan warganet berupa keluhan. Pada tanggal tersebut, keramaian warganet menuliskan cuitan sekitar pukul 01.00-02.00 WIB. Sebanyak 199 cuitan, warganet mengeluhkan aplikasi by.U yang mendadak eror dan tidak dapat digunakan. Selain itu, selama pemantauan Netray banyak menemukan pembahasan warganet seputar keluhan yang sama yakni terkait sinyal dan jaringan.

Serba Serbi Top Komplain Warganet untuk by.U

Melalui Top Complaints, Netray menyajikan beberapa keluhan yang diungkapkan warganet pada produk by.U tersebut. 

Pada gambar di atas terlihat kata lemot dan jelek menempati dua urutan teratas dengan jumlah cuitan cukup banyak. Hal itu menunjukkan bahwa keluhan warganet tidak jauh dari kualitas jaringan produk by.U. Berikut beberapa contoh cuitan warganet yang mengandung kata kunci komplain tersebut.

Warganet mengeluhkan sinyal by.U yang lemot dan sering mengalami gangguan hampir setiap hari. Lalu, kualitas jaringan by.U juga jelek apabila digunakan untuk bermain game. Pengalaman buruk yang dirasakan warganet tersebut sempat membuat warganet enggan menggunakan by.U lagi.

Selain terangkum pada jajaran top komplain, sentimen negatif untuk topik ini juga dapat dilihat dari deretan tweet populer berikut.

Cuitan warganet yang menyumbang sentimen negatif topik by.U dipenuhi oleh keluhan sinyal by.U yang mudah hilang. Baik yang terangkum dalam top complain maupun top tweet, muatan sentimen negatif untuk topik ini secara umum mengerucut pada masalah yang sama.

Sinyal merupakan isyarat penting dalam kelancaran penggunaan internet. Apabila kekuatan sinyal tidak stabil maka internet akan tersendat. Oleh karena itu wajar apabila banyak warganet yang mengeluhkan ketidakstabilan sinyal ketika memperbincangkan provider by.U.

Keunggulan by.U

Setiap produk selalu menawarkan keunggulan dan inovasi agar tampak berbeda dari produk lainnya. Selain mencuitkan sinyal serta jaringan yang lemot dan tidak stabil, warganet juga menuliskan beberapa keunggulan by.U. Keunggulan apa yang membuat warganet memilih menggunakan provider by.U dalam berselancar di dunia maya?

Pada gambar di atas memperlihatkan beberapa kata yang dicuitkan warganet tentang keunggulan produk by.U. Terdapat kata murah, promo, dan unlimited yang cukup menonjol. Berikut beberapa cuitan warganet yang mengandung kata kunci murah, promo, dan unlimited dalam topik by.U.

Seperti diketahui Telkomsel mengeluarkan inovasi produk by.U karena ingin memudahkan penggunanya dengan berbagai macam pilihan program pada satu aplikasi. Salah satu program yang banyak diperbincangkan warganet adalah paket unlimited. Paket ini menurut warganet dapat menjangkau dunia maya yang tidak terbatas namun pemakaian kuota tetap irit. Selain itu, warganet juga menuliskan bahwa produk by.U tergolong murah karena harganya dapat dijangkau semua kalangan. Disamping murah, provider by.U juga menawarkan banyak promo bagi pembelinya. Tak heran apabila sejumlah warganet yang mengaku puas dengan by.U merekomendasikan provider ini karena keunggulan-keunggulan tersebut.

Melihat Warganet Menggunakan by.U pada Media Populer

Melalui media populer, Netray menemukan beberapa paket yang banyak dipilih oleh warganet. Selain paket unlimited yang banyak diperbincangkan, dari gambar media populer terlihat bahwa warganet juga banyak menggunakan paket twima kashi. Paket ini memberikan kuota 1 GB dengan harga Rp10. Paket Twima Kashi juga merupakan paket reward yang dihadiahkan bagi semua pengguna by.U. 

Penutup

Hasil pemantauan by.U dilihat dari fitur top word, top tweet, maupun top complaint mengerucut pada masalah yang serupa yakni tentang sinyal jelek. Keluhan warganet tentang kualitas jaringan yang hampir mengalami gangguan setiap hari menghiasi cuitan warganet selama pemantauan. Meskipun jaringannya jelek, terdapat pula impresi warganet yang menyebutkan beberapa keunggulan by.U. Provider ini dinilai mempunyai harga yang lebih terjangkau dengan banyak pilihan paket internet dan berbagai macam promo. Provider by.U yang membebaskan penggunanya untuk memilih paket telah menjadi daya tarik tersendiri bagi warganet. Hal ini sesuai dengan tagline produk by.U yakni “semuanya semaunya”. Sekian analisis Netray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: