Bu Risma Marah-Marah Lagi, Ada Apa?

Aksi marah-marah Mensos Risma belum lama ini kembali viral di media sosial. Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma merupakan seorang publik figur yang selalu mampu menarik perhatian masyarakat. Sosoknya yang dikenal dengan wanita pekerja keras dan disiplin itu belum lama ini kembali menjadi perbincangan setelah dirinya melakukan sidak di Tuban. Risma marah besar saat sidak mengecek penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau program sembako di Kelurahan Sendangharjo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Sabtu, 24 Juli 2021 lalu.

Rekaman video kemarahannya tersebut pun beredar luas di dunia maya hingga Risma kembali menjadi perbincangan publik. Melihat hal tersebut Netray mengamati laju perbincangan warganet melalui kanal media sosial Twitter dan beberapa pembahasan media pemberitaan daring terkait topik ini. Seperti apa selengkapnya? Simak ulasan Netray berikut.

Marah

Sosok Risma kerap menjadi kontroversi bahkan sejak dirinya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Sebelumnya ia menjadi sorotan terkait pernyataannya yang dinilai rasis dan mendiskreditkan Papua. Hal tersebut telah dianalisis oleh Netray dalam artikel berjudul Kontroversi Pernyataan Bu Risma; ASN Lelet Pindah Kerja ke Papua.

Kini Netray kembali melakukan pantauan terkait topik Risma sejak 20 Juli 2021 sampai dengan 26 Juli 2021. Melalui pantauan tersebut ditemukan 367 artikel terkait Menteri Sosial Indonesia tersebut yang berasal dari 74 total media. Adapun pemberitaan seputar topik tersebut setidaknya melibatkan 3,008 total entitas. Selain itu, pada Top Categories terlihat kategori pemerintahan dan kesehatan mendominasi pembahasan media terkait topik ini.

Bila diamati melalui grafik di atas terlihat pembahasan media terkait wanita kelahiran 20 November 1961 tersebut memuncak sejak 24 Juli 2021 dan terus meningkat secara signifikan pada hari berikutnya. Sedangkan pada Top Locations dapat diamati wilayah Jawa Timur menjadi lokasi yang mendominasi pembahasan media daring terkait topik ini. Hal tersebut berkaitan dengan peristiwa sidak yang terjadi di Tuban Jawa Timur yang kemudian menjadi kontroversi di media.

Dilansir melalui laman ID Investing Menteri Sosial Tri Rismaharini geram kepada bawahannya saat mendapati penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mengaku hanya menerima bansos sebanyak dua bulan dari yang seharusnya tiga bulan. Risma pun mempertanyakan kemana dana bansos yang satu bulan tersebut, ia pun meminta bawahannya untuk mengevaluasi hal tersebut. Tak hanya itu, Mantan Wali Kota Surabaya itu mengaku kesal dengan praktik penyaluran bansos di Tuban. Padahal, Kemensos telah mengupayakan anggaran bansos agar bisa disalurkan langsung kepada masyarakat.

Mendapati temuan tersebut, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengaku tidak mengetahui terkait pencairan BNPT tersebut. Apalagi dirinya baru satu bulan dilantik menjadi Bupati. Namun ia tidak tinggal diam, merespon hal tersebut ia mengatakan akan segera menindaklanjuti dan mengevaluasi temuan Mensos tersebut.

Bu Risma Marah-Marah Lagi, Bagaimana Respon Warganet?

Ramainya pembahasan topik tersebut di media pemberitaan daring membuat topik ini semakin menjadi perbincangan luas warganet di media sosial Twitter. Merespon hal ini warganet pun ramai-ramai mengunggah opini mereka terkait peristiwa ini. Belum lagi, dalam berbagai kesempatan nama Risma memang kerap menjadi perbincangan warganet hingga menduduki trending topik.

Berdasarkan pantauan Netray pada periode yang sama ditemukan 1,744 total tweets yang membahas seputar topik kemarahan Risma dengan didominasi oleh tweets bersentimen negatif. Adapun impresi warganet terkait topik ini mencapai 26.2 ribu dengan potensi jangkauan sebesar 71.7 juta. Bukan tanpa alasan, ramainya perbincangan terkait topik ini juga dipengaruhi oleh trauma masyarakat terkait dana bansos yang sebelumnya justru dikorupsi oleh Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. Hal tersebut menyebabkan topik terkait bansos menjadi topik yang menarik di mata warganet yang khawatir akan penyalahgunaan kembali terjadi.

Meski demikian tidak sedikit warganet yang mendukung aksi dari Mantan Wali Kota Surabaya tersebut. Mereka menilai sidak dan penindaklanjutan temuan tersebut memang perlu dilaksanakan agar meminimalisir penyalahgunaan dana bantuan sosial. Tak hanya itu, warganet bahkan menduga uang satu bulan dari BPNT tersebut masih disimpan di bank untuk dibungakan dan hasilnya untuk siapa masih menjadi pertanyaan. Meski demikian terdapat juga warganet yang kontra dengan kemarahan Risma kali ini. Hal tersebut dapat diamati dari kutipan tweets warganet di atas yang menilai Mensos Risma seolah hanya menonjolkan kemarahannya saja dalam menunjukkan kinerjanya pada masyarakat.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Tuban Risma tak hanya mengungkap temuannya terkait permasalahan aliran dana bansos namun ia juga mengingatkan masyarakat Tuban untuk aktif menghadapi Covid-19. Risma juga mengingatkan masyarakat bahwa pemerintah tak bisa terus menerus memberikan dana bantuan sosial kepada masyarakat. Hal ini justru mendapat respon keras dari seniman kondang Sudjiwo Tedjo yang menilai memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi merupakan tugas dari pemerintah.

Top Categories

Pada kategori Top Portal terlihat Detik menjadi media pemberitaan daring yang paling banyak menerbitkan artikel terkait topik ini. Pada kategori Top Accounts terlihat akun @geloraco menempati urutan teratas diikuti oleh akun @tempodotco. Kedua akun tersebut merupakan akun paling populer dalam perbincangan warganet terkait kemarahan Mensos Risma di Tuban.

Sementara itu, pada kategori Top People terlihat nama Risma mendominasi perbincangan warganet sesuai dengan fokus utama pembahasan pada topik ini. Selain itu, terlihat juga nama Joko Widodo selaku Presiden RI dan Sudjiwo Tejo yang menjadi tokoh populer dalam perbincangan warganet karena tanggapannya terkait pernyataan Risma yang sebelumnya mengatakan negara memiliki keterbatasan untuk memberi bantuan sosial secara terus menerus.

Pada kategori Top Complaints topik seputar Risma masih didominasi oleh komplain dari warganet terkait rasis. Hal ini berkaitan dengan perbincangan yang viral sebelumnya dan telah dianalisis oleh Netray pada artikel Kontroversi Pernyataan Bu Risma; ASN Lelet Pindah Kerja ke Papua. Selain itu, pada kategori tersebut terlihat keluhan warganet lainnya seperti, korupsi, kecewa, tidak mampu, dan beberapa keluhan lainnya yang berkaitan dengan sosok Tri Rismaharini.

Nama Tri Rismaharini atau yang akrab disapa dengan Risma memang selalu mampu mencuri perhatian warganet. Terlebih sejak dirinya menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi dana bansos Covid-19. Kemarahan dirinya saat melakukan sidak di berbagai tempat kerap tersebar di media sosial hingga menjadi perbincangan warganet dan masyarakat luas. Menanggapi hal tersebut warganet pun merespon dengan berbagai tanggapan, mulai dari mendukung aksi dari Mensos tersebut atau justru menjulukinya sebagai sosok yang pemarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: