BTS Meal Laris Manis; Terima Kasih McD, Army, dan Ojol

bts meal

Lagi-lagi kolaborasi Boy Band Korea dan salah satu brand di Indonesia berhasil meraup untung besar. Bagaimana tidak? Launching BTS Meal yang diproduksi oleh McDonald’s telah banyak menyita perhatian publik, terutama Army. Kabar kolaborasi antara McD dan BTS ini telah berembus di publik sejak 19 April 2021 lalu. Sontak pengumuman resmi dari akun Twitter McD tersebut menyita perhatian warganet dan Media Monitoring Netray yang kemudian diulas dalam artikel berjudul Antusias Warganet Sambut BTS Meal. Lalu seperti apa animo di hari H peluncuran produk ini?

Tak hanya menyita perhatian Army, para pemburu berita pun berbondong-bondong menuliskan artikel terkait topik ini. Hal ini disebabkan oleh membludaknya pesanan yang diterima McDonald’s dari mitra kerja mereka, yakni layanan makanan pesan antar ojol. Banjirnya pesanan yang menyebabkan kerumunan hingga nilai jual bungkus bekas pun menjadi sorotan publik dan media berita. Lalu seperti apa media mengangkat fenomena ini? Dan bagaimana keriuhan warganet, terutama Army dalam menyambut produk yang telah lama dinanti-nanti tersebut?

Media Berita Ikut Menyoroti Larisnya BTS Meal

Kabar banjirnya driver ojol di outlet McD menjadi bahan utama pemberitaan media massa. Dengan kata kunci BTS meal, Netray mulai memantau pemberitaan media daring dalam menyoroti fenomena ini. Dalam periode pemantauan mulai dari Senin 7 Juni 2021 hingga Jumat 11 Juni 2021, ditemukan sebanyak 629 artikel dari 89 portal media yang mengandung kata kunci tersebut. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa topik ini memanglah menjadi pusat perhatian media massa.

Kerumunan menjadi kata kunci utama yang menjadi bahan pemberitaan awal dari media massa terhadap topik ini. Hal ini menjadi sorotan, lagi-lagi disebabkan oleh kondisi pandemi yang tak kunjung usai. Membludaknya antrean di gerai-gerai McD turut serta menjadi sorotan pemerintah. Hal ini terlihat dari tabel di atas yang menunjukkan kategori Hukum dan Pemerintahan berada di bawah Hiburan dan Kesehatan.

Buntut Kerumunan, Gerai McD Ditutup Sementara

Gerai McD menjadi lautan manusia pada Rabu, 9 Juni 2021 terkait adanya launching BTS Meal di gerai McD seluruh Indonesia. Dilansir dari Warta Kota, Pemerintah Daerah DKI Jakarta melakukan penutupan sementara 32 gerai McD yang tersebar di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa jajarannya akan kembali menindak tegas dengan memberikan denda sebesar 50 juta apabila hal ini terulang kembali. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menjelaskan 32 gerai itu tersebar di lima kota, yaitu 6 gerai di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur; 5 gerai di Jakarta Utara; dan 9 gerai di Jakarta Selatan.

Penutupan sementara ini diakibatkan oleh pelanggaran Pergub Nomor 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) yang dilakukan oleh pihak McD. Aturan tersebut menyebutkan bahwa setiap manajemen atau pengelola tempat usaha wajib melaksanakan pengaturan jarak antar konsumen, membatasi 50 persen kapasitas, dan mengusahakan tidak terjadinya kerumunan. Tak hanya terjadi di Ibukota, penutupan sementara gerai McD juga terjadi di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti yang dituliskan oleh media iNews.id, 5 dari 11 gerai McDonald’s di Bandung ditutup sementara oleh Pemda setempat. Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung Idris Kuswandi mengatakan gerai yang disegel berada di Buahbatu, Cibiru, dan Kopo Mas Babakan Ciparay.

Donasi Army untuk Ojol

Meski sempat mendapat berita bersentimen negatif, BTS Meal ini juga menghadirkan pandangan positif bagi McD dan Army. Tak hanya berburu makanan edisi khusus ini, para Army juga menyempatkan penggalangan dana bagi ojol. Dikutip dari media CNN Indonesia, dalam waktu 24 jam ARMY Indonesia telah mengumpulkan Rp80.099.923. Hal ini pun menjadi kejutan bagi driver ojol yang konon rela antre hingga berjam-jam demi customer mereka.

Hingga hari ketiga, pada 10 Juni 2021 penggalanan donasi bagi ojol yang diinisiasi oleh Army ini mencapai Rp 209.340.844. Dilansir dari Detik, Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono mengatakan sangat mengapresiasi terhadap galang donasi tersebut. Namun, ia mengingatkan agar donasi itu diberikan kepada pihak yang tepat. Dalam penyalurannya, Igun berpendapat hal ini akan lebih baik apabila disalurkan melalui konsumen BTS Meal kepada driver ojol secara langsung sehingga dapat meminimalisir terjadinya kembali kerumununan.

BTS Meal dalam Kanal Twitter

Warganet Twitter pun tak ingin tertinggal untuk menunjukkan antusiasnya dalam menyambut makanan edisi khusus dari McD ini. Dengan kata kunci dan periode yang sama dengan kanal media massa, Netray berhasil menghimpun sebanyak 104.150 tweet dengan total impresi mencapai lebih dari 8 juta. Sama halnya dengan media massa, topik memang sangat menarik perhatian publik, terlihat dari data di bawah ini yang menujukkan topik ini dapat menjangkau hingga lebih dari 189 juta akun.

Dari 104.150 tweet yang terhimpun, hampir 60 ribu diantaranya terdeteksi sebagai tweet bersentimen positif. Artinya lebih dari 50 persen tweet ini memberikan respons positif terhadap fenomena ini. Lalu apa yang menjadi topik perbincangan warganet?

Terima kasih McD, Army, dan Ojol

Launching BTS Meal di seluruh gerai McD Indonesia menjadi penantian publik, terutama Army sejak pengumuman resminya pada 19 April 2021 lalu. Produksi makanan edisi khusus ini disediakan oleh McD sebagai salah satu bentuk tanda kasih terhadap pelanggan setianya yang juga merupakan member dari fanbase boy band tersebut.

Banjir ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Army kepada driver ojol. Hal ini lantaran kegigihan para ojol yang rela antre hingga berjam-jam demi melayani pesanan mereka. Begitu sebaliknya, driver ojol juga memberikan ungkapan terima kasih karena di balik banjirnya pesanan ini para Army telah menyiapkan hadiah sebagai apresiasi atas kerja samanya.

Warganet Keheranan

Di balik ramainya BTS Meal, ternyata tak semua warganet mengetahui apa itu BTS Meal. Bahkan ada juga yang terheran-heran apa yang menjadi incaran dari menu tersebut hingga ojol pun rela antre demi melayani customer-nya.

Menu BTS Meal berisikan 1 kentang goreng ukuran medium, 9 potong McNugget nugget ayam khas McDonald’s dilengkapi dengan saus cajun dan saus sweet chilli, serta 1 cup minuman cola ukuran medium. Dari isi yang disajikan, tak heran banyak warganet yang mempertanyakan apa yang menjadi spesial dari menu ini. Ternyata, kolaborasi makanan edisi khusus ini dibungkus dengan kemasan paper bag yang menjadi incaran Army.

Wah, kekuatan Army begitu besarnya ya. Brand campaign yang dilakukan McDonald’s ternyata benar-benar mampu menyita perhatian fans BTS Indonesia. Meski terselip berita buruk terkait kerumunan yang terjadi di gerai McD, di sisi lain ‘kekuatan’ solidaritas Army disalurkan dengan memberikan donasi bagi para ojol yang sedang bekerja menerima pesanan mereka. Fenomena ramainya penjualan atas kerjasama dengan boy band Korea tak hanya terjadi pada perusahaan McD. Kolaborasi yang diupayakan perusahaan ini patutnya menjadi apresiasi di tengah keterpurukan ekonomi yang melanda Indonesia. Kerjasama antara McD, Army, dan Ojol dapat menjadi cerminan betapa masih membutuhkannya kita semua satu sama lainnya.

Demikian analisis dari Media Monitoring Netray. Simak ulasan isu terkini lainnya hanya di https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: