Rating Google Acara Insert Anjlok Diserang ARMY Buntut Senggol Member BTS

Berburu sensasi dari para selebritas atau public figure adalah ciri khas media infotainment. Tentu saja banyak yang tidak suka dengan perilaku media seperti ini karena kerap mengaburkan fakta atau membesar-besarkannya. Situasi ini yang dialami acara infotainment Insert dari jaringan Transvision kala membuat berita tentang boyband BTS, tepatnya tentang salah satu personelnya yakni Kim Tae Hyung atau yang populer dengan nama V.

Insert mau tak mau harus berhadapan dengan fans BTS, yakni ARMY, yang menilai program tersebut melakukan pelanggaran privasi ketika menampilkan foto V pada ajang Grammy beberapa waktu yang lau. Tak terima dengan apa yang dilakukan Insert ARMY pun melancarkan serangan dengan menurunkan rating acara tersebut bahkan menjadi 1% di Google.

Agar mendapat gambaran yang lebih utuh, Netray memantau perbincangan warganet terkait topik ini dengan menggunakan beberapa kata kunci seperti, army && insert, bts && insert, insert, insert && udah 1, dan udah 1. Berikut temuan Netray.

Gambar 1. Infografik perbincangan warganet topik ARMY vs Insert

Berdasarkan pantauan Netray sejak 31 Maret 2022 sampai dengan 06 April 2022 topik ini telah memunculkan 27.1 ribu cuitan dengan didominasi bersentiment negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 223.1 juta dengan potensi menjangkau 23.3 juta akun pengguna Twitter.

BTS
Gambar 2. Kosakata populer

Melalui Top Words terlihat beberapa kosakata yang banyak digunakan warganet dalam perbincangan terkait ARMY dan Insert. Antara lain seperti privasi, grammy, ngerokok, kode etik, dan beberapa kosakata lainnya. Pelanggaran privasi seperti yang dimaksudkan di awal tulisan tadi adalah Insert menayangkan sebuah foto Taehyung yang sedang merokok.

ARMY Indonesia memergokinya lantas menghakimi pemberitaan Insert sebagai sebuah tindakan yang ilegal. Berhadapan dengan jumlah ARMY yang cukup masif di Indonesia, sontak membuat Insert menjadi trending topic Twitter.

Lindungi BTS ARMY Berhasil Membuat Anjlok Rating Insert

Gambar 3. Peak Time
Gambar 4. Sentiment trend

Tampak melalui laju perbincangan warganet topik terkait ARMY dan Insert mulai mencuat sejak 04 April 2022. Perbincangan tersebut pun semakin meningkat secara signifikan pada 05 April hingga mencapai puncaknya pada tanggal 06 April 2022 yang lalu. Trend sentimen negatif jauh mengungguli sentimen yang lain seperti yang terlihat di Gambar 4.

Gambar 5. Top Accounts populer
Gambar 6. Cuitan akun paling populer

Pada kategori Top Accounts dapat ditemukan akun paling populer dalam perbincangan seputar ARMY dan Insert. Tampak pada Gambar 5 akun @sinanaorangkaya menempati urutan teratas kategori akun paling populer pada topik ini. Melalui akunnya ia mengungkapkan opininya terkait serangan ARMY pada Insert dan meminta Insert untuk tidak lagi mengurus perihal Kpop. Menurutnya ada banyak perbedaan ranah privasi antara artis Indo dan artis luar. Hal tersebut pun tidak bisa disamakan.

Gambar 7. Cuitan warganet

Dengan berhasil membuat anjlok rating acara infotainment tersebut sebagian warganet pun merasa salut dengan kekompakan ARMY. Menurut mereka ARMY sangat berani untuk melawan dan memberi peringatan media sekelas Insert yang tcukup populer di Tanah Air. Pihak Insert tentu tidak tak tinggal diam mendapati rating acara mereka diserang ARMY.

Gambar 8. Cuitan warganet merespon rilis resmi Insert

Insert pun mengambil langkah dengan merilis keterangan secara resmi terkait apa yang mereka tayangkan. Mereka merasa telah memenuhi kode etik jurnalistik. Pihak Insert menilai postingan mereka terkait V BTS di acara Grammy Awards tersebut sesuai dengan fakta di lapangan.

Gambar 9. Cuitan warganet merespon rilis resmi Insert

Meski telah membuat rilis resmi, ARMY menilai apa yang dilakukan oleh Insert tetap merupakan tindakan ilegal. Terlebih Insert tidak berada langsung dilapangan dan diketahui foto tersebut berasal dari sasaeng yang artinya penguntit. Menurut ARMY Insert tetap melakukan pelanggaran privasi.

Gambar 10. Jaringan percakapan warganet

Selain menjadi akun paling populer @sinanaorangkaya menjadi akun yang paling banyak ditandai oleh warganet dalam perbincangan ini. Selain itu, tampak juga akun @AREAJULID yang terlibat dalam perbincangan warganet seputar ARMY dan Inssert.

Berhadapan dengan fandom terkuat milik BTS tentu bukan hal yang mudah. Terlebih ARMY dan BTS memang seperti tentara militer dan baju besi anti peluru yang berarti keduanya akan selalu bersama. Tentu ARMY memiliki peranan penting dalam menjaga nama baik BTS dan mendukung BTS hingga menjadi salah satu grup KPOP legendaris.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://blog.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID.

Editor: Ananditya Paradhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: