Brand Campaign Indomilk di Bawah Tokopedia-BTS Berhasil Gerakkan Army

Beberapa waktu lalu, Netray melakukan monitoring terhadap Brand Susu UHT Favorit dengan fokus keyword pada 4 brand susu populer seperti Indomilk, Frisian Flag, Ultramilk, dan Greenfields. Hasilnya, Ultramilk mengungguli ketiga brand tersebut dari berbagai kategori, seperti total tweets, total akun, impresi, hingga potential reach. Ini berlaku pada periode pemantauan (1-25 Juli) maupun periode sebelum pemantauan (6-30 Juni). Frekuensi perbincangan masing-masing brand di Twitter pada kedua periode tersebut fluktuatif tapi tidak mengubah urutan keempat brand tersebut. Namun, pada akhir Juli perbincangan terkait brand Indomilk melonjak tajam dan mendominasi perbincangan topik susu UHT di Twitter.

Indomilk yang pada bulan Juni hanya diperbincangkan sebanyak 2 ribu kali, pada bulan Juli melonjak hingga mencapai angka 50 ribu tweets. Sementara Ultramilk, Frisian Flag, dan Greenfields tidak mengalami perkembangan yang begitu tajam. Lihat saja perolehan tweets Ultramilk pada bulan Juni dan Juli yang masih berada di kisaran 4 ribu tweets. Demikian pula Frisian Flag dan Greenfields.

Lonjakan perbincangan terkait Indomilk yang terjadi di minggu terakhir Juli bahkan mampu mengubah posisi Indomilk menjadi yang paling unggul dibandingkan brand lain selama bulan Juli 2020.

Dari Top Words yang terangkum Netray selama bulan Juli 2020 terkait susu UHT terlihat Indomilk mendominasi dan berhasil merebut posisi Ultramilk sebagai susu UHT yang paling banyak diperbincangkan. Mengapa demikian?

Selama periode 25-31 Juli 2020, Indomilk disebut dan diperbincangkan sebanyak 51 ribu kali dengan total akun mencapai 9 ribu akun lebih. Padahal seminggu sebelumnya hanya mencapai 500 tweets dan seribu akun. Potential Reach yang dicapai naik menjadi 22 juta selama seminggu terakhir. Sentimen positif mengungguli pembahasan topik terkait Indomilk di Twitter. Penggunaan perangkat Mobile yang mencapai angka 95% menunjukkan antusiasme warganet Twitter secara natural memperbincangkan topik ini melalui perangkat pribadi mereka.

Bagaimana strategi brand campaign Indomilk sehingga berhasil merebut perhatian warganet Twitter? Simak analisis Netray berikut.

Menarik Perhatian Warganet; Indomilk Banana dan Potongan Idol Korea

Mulanya Indomilk mengunggah potongan foto salah satu idol K-Pop memegang susu Indomilk varian banana pada 26 Juli 2020 sekira pukul 13.00 WIB. Melalui akun Twitternya @indomilk melempar pertanyaan kepada warganet untuk menebak nama idol yang ada dalam gambar tersebut.

Sontak warganet pun beramai-ramai menebak dan mulai menduga-duga tokoh yang yang memegang susu Indomilk banana dalam potongan gambar tersebut.

Warganet pun mengumpulkan sejumlah argumen dan foto-foto untuk menguatkan dugaan mereka bahwa sosok yang memegang Indomilk tersebut adalah Jeon Jungkook BTS. Sinyal akan adanya kerjasama antara Indomilk dan BTS pun mulai banyak diperbincangkan warganet. Jaringan besar pun tercipta antara @Indomilk, @tokopedia, @ARMYTEAMID, @Yerimakoo, dan @BTS_twt.

This image has an empty alt attribute; its file name is Screenshot-from-2020-08-10-20-38-54-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is top-people-3.png
Kedekatan Indomilk dan Tokopedia; BTS Jadi BA Indomilk atau Sekadar Imbas Kerjasama dengan Tokopedia?

Setelah berhasil menarik perhatian warganet lewat potongan gambar sesosok idol K-Pop dengan susu Indomilk banana, Indomilk kembali membuka sinyal kerjasama dengan Tokopedia. Indomilk dan Tokopedia melalui akun Twitter masing-masing saling berbalas tweet pada hari yang sama, antara pukul 15:00-16:00 WIB.

Adanya kerjasama antara keduanya pun semakin dibaca jelas oleh warganet. BTS Army Indonesia bahkan turut menebak alur kerjasama antara keduanya, mulai dari interview BTS yang diberi minum Indomilk hingga lebih jauh lagi pada dugaan Bangtan/ BTS menjadi brand ambasador Indomilk. Jika itu terjadi kelangkaan produk Indomilk dimungkinkan terjadi. Demikian warganet mulai menebak dan menduga-duga.

Perbincangan soal kerjasama antara Indomilk, Tokopedia, dan BTS pun ramai menjadi sorotan. Banyak warganet yang antusias menunggu kabar baik tersebut. Mereka berharap BTS nantinya benar akan menjadi brand ambasador Indomilk. Saking semangatnya, sejumlah warganet bahkan mulai berkreasi mengirimkan desain cover karton susu Indomilk dengan gambar anggota BTS di masing-masing varian.

Meskipun demikian, ada pula warganet yang berpendapat bahwa BTS tidak benar-benar menjadi brand ambasador Indomilk. Adanya kerjasama antara Indomilk dengan Tokopedia menjadi alasan mengapa BTS turut mempromosikan Indomilk, khususnya untuk produk susu UHT varian banana. Apapun itu, sentimen positif tetap membanjiri pembahasan topik ini. Apresiasi warganet terhadap Indomilk dan Tokopedia pun bermunculan.

Warganet Memburu Susu Indomilk Banana dan Menonton Acara Tokopedia; Kolaborasi Brand Campaign yang Berhasil?

Begitu besar pengaruh yang dibawa seorang idol kepada penggemarnya. Potongan foto Jungkook memegang susu Indomilk banana di Twitter dan teka-teki sinyal kerjasama antara Indomilk, Tokopedia, dan BTS berhasil menarik perhatian warganet. Tak hanya mendapat apresiasi tinggi, warganet juga ramai memburu produk susu Indomilk banana.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-28.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-29.png

Strategi brand campaign Indomilk dengan Tokopedia sepertinya dapat dikatakan berhasil. Pasalnya banyak warganet yang kemudian beramai-ramai membeli dan menyetok susu UHT rasa pisang tersebut. Adanya laporan dari warganet terkait kelangkaan produk di sejumlah tempat di wilayahnya hingga produk terjual habis di marketplace Tokopedia menjadi bukti kekuatan brand campaign yang dilakukan oleh Indomilk dan Tokopedia. Ini juga tidak dapat dilepaskan dari sosok BTS dan Army Indonesia yang berpengaruh besar pada keberhasilan brand campaign tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: