Kamu Tim Blibli atau Lazada Nih?

E-commerce atau perdagangan elektronik menjadi salah satu bisnis yang tengah melambung di era digital saat ini. Banyaknya situs belanja online yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia membuktikan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan di tanah air. Blibli dan Lazada merupakan beberapa contoh dari suksesnya bisnis e-commerce di pasar Indonesia.

Untuk melihat seberapa sukses kedua bisnis e-commerce tersebut dalam memasarkan brand-nya, sosial media monitoring Netray akan mencoba mengulas pembicaraan warganet Twitter terkait kedua e-commerce tersebut. Dalam kurun waktu sebulan, kira-kira brand mana yang paling banyak dibahas di media sosial Twitter? Lalu, apa yang menjadi topik bahasan warganet Twitter ketika membicarakan soal kedua brand tersebut? Simak selengkapnya.

Infografik Cuitan Warganet Terkait Blibli dan Lazada

Gambar 1. Total Jangkauan, Sebaran Jenis Kelamin dan Perangkat Pengguna

Dari Gambar 1 di atas dapat diketahui bahwa jumlah total perkiraan pengguna Twitter yang mencuitkan soal blibli dan lazada selama bulan Juni 2019 ialah sebanyak 29,1 ribu akun dengan total tayangan sebanyak 29,8 juta kali. Dilihat dari persebaran jenis kelamin pengguna, akun dengan nama laki-laki lebih banyak daripada akun dengan nama perempuan. Sementara itu, penggunaan perangkat mobile phone di Twitter masih mendominasi daripada web. Berikut grafik cuitan terkait kedua brand di Twtter.

Gambar 2. Grafik Cuitan Terkait BliBli dan Lazada di Twitter

Selama bulan Juni 2019 cuitan warganet yang membahas ataupun menyebut Blibli dan Lazada di Twitter ialah sebanyak 9.669 cuitan. Puncak cuitan terbanyak terjadi pada 10 Juni 2019 dengan total 754 cuitan. Dari penelusuran Netray, pada tanggal tersebut warganet banyak membahas penjualan tiket Indonesia Open yang diselenggarakan oleh Blibli.

Gambar 3. Kurva Sentimen

Gambar 3 memperlihatkan pergerakan sentimen untuk Blibli dan Lazada selama bulan Juni 2019. Dari gambar di atas diketahui bahwa sentimen negatif mendominasi sebagian besar cuitan warganet yang membahas kedua e-commerce besar tersebut. Puncak cuitan dengan sentimen negatif terjadi pada 10 Juni dan 14 Juni 2019. Begitu pula dengan puncak cuitan bersentimen positif. Apa saja topik yang dibicarakan warganet di Twitter terkait kedua brand tersebut? Lalu brand mana yang paling banyak dibicarakan? Berikut gambaran kosakata yang kerap disebut dalam cuitan-cuitan warganet terkait kedua topik.

Gambar 4. Kosakata Populer

Dari Gambar 4 di atas, terlihat bahwa lazada merupakan kosakata yang paling banyak disebut sebelum kemudian diikuti oleh blibli. Selain itu, ada pembahasan soal beli, open, tiket, harga, cashback, blibliindonesiaopen2019, voucher, dan lazadabehindbts. Kira-kira apa yang membuat Lazada lebih banyak dibicarakan di Twitter daripada Blibli? Lalu mengapa kata-kata tersebut muncul sebagai kosakata populer dalam pencarian terkait kedua topik? Berikut, Netray akan membahasnya satu persatu.

1. Lazada

Lazada merupakan salah satu anak perusahaan internet Jerman, Rocket Internet yang melebarkan sayap ke beberapa negara di Asia Tenggara. Di Indonesia, Lazada mulai berdiri pada tahun 2012. Selain di Indonesia, Lazada Group juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura ini sukses mengembangkan bisnisnya di Indonesia dan menjadi salah satu e-commerce yang paling sering dibicarakan di Twitter. Berikut infografik cuitan warganet yang membicarakan lazada di Twitter.

Infografik Bulan Juni 2019

Gambar 5. Grafik Cuitan Warganet Terkait Lazada

Selama bulan Juni 2019, terdapat 7.578 cuitan warganet yang menyebut dan membahas lazada di Twitter. Puncak cuitan terkait lazada di Twitter terjadi pada 13-14 Juni 2019. Netray menemukan bahwa pada tanggal tersebut banyak warganet yang membahas soal isu kerja sama Lazada dengan BTS, salah satu boy band asal Korea yang memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Puncak Cuitan: Warganet Bahas Apa?

Gambar 6. Cuitan 13 Juni 2019
Gambar 7. Cuitan 14 Juni 2019

Ucapan selamat ulang tahun untuk BTS dari Lazada menjadi perbincangan hangat di Twitter pada 13-14 Juni 2019. Penggemar BTS di Indonesia merasa senang sehingga banyak ucapan terima kasih yang dilontarkan oleh warganet kepada Lazada. Di sisi lain, ucapan selamat ulang tahun tersebut membuat banyak warganet menduga-duga akan adanya kerja sama antara Lazada dengan BTS seperti berikut.

BTS atau juga dikenal sebagai Bangtan Boys yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment tersebut merayakan hari jadi ke-6 pada 13 Juni 2019. Ucapan selamat dari Lazada banyak dibahas warganet Twitter sehingga terjadi puncak cuitan pada 13-14 Juni 2019. Pada tanggal tersebut juga sempat ramai tagar #LazadaBehindBTS di Twitter. Berikut gambaran jaringan percakapan warganet di Twitter untuk Lazada selama bulan Juni 2019.

Gambar 8. Jaringan Percakapan Terkait Lazada

Dari Gambar 8 di atas, terlihat bahwa @LazadaID banyak disebut dan ditandai oleh warganet Twitter. Terlihat juga di dalam jaringan tersebut akun @LazadaIDCare @ARMYTEAMID, @BTS_twt , @7bts__update, dan @BangtanUnionID menghiasi jaringan percakapan di Twitter terkait lazada selama buan Juni 2019.

Pergerakan Sentimen: Bagaimana Lazada Sebulan Ini?

Gambar 9. Kurva Sentimen Lazada

Gambar 9 memperlihatkan pergerakan sentimen untuk topik atau bahasan terkait lazada. Selama bulan Juni 2019, bahasan terkait topik ini didominasi oleh sentimen netral. Dari 7.578 cuitan terkait lazada, 2.944 di antaranya merupakan cuitan bersentimen negatif, 1.484 bersentimen positif dan sisanya bersentimen netral. Dari Gambar 9 terlihat bahwa cuitan bersentimen negatif lebih banyak daripada cuitan bersentimen positif. Bahkan, cuitan negatif dapat dikatakan selalu lebih tinggi daripada cuitan positif setiap harinya. Puncak cuitan bersentimen negatif terjadi pada 14 Juni 2019 terkait pro kontra isu kerjasama Lazada dengan BTS.

Isu dan Program Populer Lazada Bulan Juni 2019

Ucapan selamat ulang tahun dari Lazada untuk BTS menuai pro dan kontra. Isu kerjasama antara keduanya direspon baik oleh warganet Twitter khususnya pecinta K-Pop. Namun, beberapa warganet mewanti-wanti agar BTS tidak dihadirkan di Indonesia sebagai brand ambasador dengan tiket gratis. Akhirnya, pada 18 Juni 2019 Lazada mempersembahkan acara bertajuk Are You Army Enough? untuk merayakan ulang tahun BTS bersama ARMY Indonesia. Lazada juga mengadakan Super Korean Festival pada 20 – 21 Juni 2019 di lazada.co.id. Selama periode tersebut, Lazada mempersembahkan halaman khusus bagi para pecinta produk Korea dengan penawaran yang menarik.

2. Blibli

Blibli adalah produk pertama GDP Venture dengan nama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta Barat ini didirikan pada tahun 2011. Blibli menjadi salah satu perusahaan berbasis e-commerce asal Indonesia yang mampu bersaing dengan perusahaan serupa di tanah air. Berikut infografik cuitan warganet yang menyebut ataupun membahas soal Blibli di Twitter.

Infografik Bulan Juni 2019

Gambar 10. Grafik Cuitan Warganet Terkait Blibli

Selama bulan Juni 2019, terdapat 2.240 cuitan warganet yang menyebut dan membahas blibli di Twitter. Puncak cuitan terkait topik tersebut di Twitter terjadi pada 10 Juni 2019 dengan total 567 cuitan. Dari penelusuran Netray, pada tanggal tersebut warganet banyak membahas penjualan tiket Indonesia Open yang diselenggarakan oleh Blibli. Berikut pembahasan selengkapnya.

Puncak Cuitan Blibli: Warganet Bahas Apa?

Gambar 11. Grafik Cuitan 10 Juni 2019

Gambar 11 memperlihatkan grafik cuitan warganet pada 10 Juni 2019. Dapat diamati bahwa cuitan warganet mengalami naik-turun yang cukup signifikan antara pukul 05:00-13:00. Kemudian cuitan mengalami kenaikan yang cukup tinggi pada pukul 14:00 dan menurun kembali setelahnya. Total cuitan pada pukul 14:00 ialah sebanyak 161 cuitan. Rupanya, pada jam tersebut Blibli membuka transaksi pembelian tiket Indonesia Open sehingga banyak warganet yang menceritakan pengalamannya dalam berburu tiket di jam-jam tersebut.

Pergerakan Sentimen: Bagaimana Blibli Sebulan Ini?

Gambar 12. Kurva Sentimen Blibli

Gambar 12 memperlihatkan pergerakan sentimen untuk bahasan terkait blibli. Selama bulan Juni 2019, bahasan terkait topik ini didominasi oleh sentimen netral. Dari 2.240 cuitan terkait blibli, 487 di antaranya merupakan cuitan bersentimen positif, 455 bersentimen negatif dan sisanya bersentimen netral. Pergerakan sentimen mengalami naik-turun yang cukup seginifikan pada tanggal 1-9 Juni 2019. Akan tetapi, sentimen negatif dan positif meningkat tajam pada 10 Juni 2019 dan menurun kembali setelahnya. Hal tersebut terkait pembelian tiket Indonesia Open di situs blibli.com. Berikut jaringan percakapan warganet terkait Blibli selama bulan Juni 2019.

Gambar 13. Jaringan Percakapan Terkait Blibli

Dari Gambar 13 di atas, terlihat bahwa @BlibliCare banyak disebut dan ditandai oleh warganet Twitter. Terlihat juga di dalam jaringan tersebut akun @bliblidotcom,@bukalapak, @tokopedia di jaringan sebelah kiri sebagai pesaing bisnis Blibli. Sementara di sisi kanan terlihat akun-akun resmi komunitas pecinta badminton seperti @BadmintonTalk, @INABadminton, @DjarumBadminton, dan @RudyRoedyanto menghiasi jaringan percakapan di Twitter terkait blibli selama buan Juni 2019.

Isu dan Program Populer Blibli Bulan Juni 2019

Indonesia Open atau Indonesia Terbuka merupakan turnamen badminton yang diadakan setiap tahun oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Tahun ini Blibli kembali menjadi sponsor utama turnamen bergengsi tersebut. Selama bulan Juni, Blibli Indonesia Open 2019 menjadi perbincangan hangat di Twitter. Penggemar badminton di tanah air antusias menyambut turnamen yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno pada 16-20 Juli 2019 tersebut. Sebagai sponsor utama, Blibli memiliki keuntungan untuk menjual tiket tersebut di situs andalan mereka.

Promo yang ditawarkan Blibli pada 10 Juni 2019 disambut baik oleh warganet. Bahkan, karena terlalu banyak yang ingin mendapatkan tiket tersebut, beberapa warganet sempat kecewa karena kehabisan tiket.

Kamu Tim Blibli atau Lazada Nih?

Lazada menjadi yang paling banyak dibahas selama bulan Juni 2019. Perbandingan bahasan Lazada dan Blibli di Twitter ialah 7.578 banding 2.240. Sentimen negatif lebih mendominasi pembahasan terkait Lazada di Twitter daripada pembahasan terkait Blibli yang lebih banyak didominasi sentimen positif. Di bulan Juni, isu kerja sama Lazada dengan BTS serta penjualan tiket Blibli Indonesia Open menjadi perbincangan hangat di Twitter untuk kedua topik.

Tidak ada yang lebih baik dari kedua brand tersebut sebab setiap orang memiliki seleranya berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing brand. Netray hanya berusaha menyajikan dan merangkumnya kembali sesuai data yang ada. Jadi, kamu tim Blibli atau Lazada nih? Apapun itu semoga bisnis e-commerce terus berkembang di Indonesia dan lebih banyak inovasi yang ditawarkan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: