Bergerak Bersama: Masyarakat Jogja Usung Tagar #JogjaLawanCorona

Ajakan untuk melawan Covid-19 kini disuarakan dari Jogja. Kota Istimewa ini menyuarakan ajakan untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan mengusung tagar #jogjalawancorona. Salah satu bentuk ajakan tersebut adalah membantu menyediakan APD untuk  tenaga medis sebagai garda terdepan dalam melawan Covid-19. Netray memantau sebaran penggunaan tagar tersebut di media sosial Twitter dan Instagram. Berikut hasil pantauan Netray.

Monitoring Media Sosial Instagram #jogjalawancorona

jogjalawancorona

Melalui pantauan Netray ditemukan sebanyak 465 postingan dengan menggunakan tagar #jogjalawancorona sejak tanggal 28 Maret 2020 s.d 03 April 2020. Selama periode tersebut postingan warganet Instagram di dominasi oleh sentimen positif.

Sejak meluasnya penyebaran Covid-19 ke berbagai wilayah menyebabkan krisisnya APD untuk tenaga medis. Demikian halnya Yogyakarta, itulah sebabnya masyarakat Yogya menyuarakan tagar tersebut agar mengajak masyarakat lain ikut berpartisipasi memberikan donasi membantu tenaga medis.

Puncak penggunaan tagar #jogjalawancorona terjadi pada 31 Maret 2020 ditemukan sebanyak 144 postingan dengan menggunakan tagar tersebut. Sebagian besar postingan berisi mengenai produksi APD dan dapur umum untuk membantu masyarakat pekerja upah harian.

Tagar #jogjalawancorona banyak disuarakan juga oleh para influencer dan publik figur, salah satunya seperti akun @killthedj. Melalui akun pribadinya penggunaan tagar pada salah satu postingannya mendapat like hingga 1,524.

Melalui pantauan Netray akun Popular Post banyak berasal dari akun yang juga memiliki banyak followers, seperti akun @infocegatan_jogja, @wonderfuljogja, @Erixsoekamti yang mendapat like mencapai 9,425. Berikut Related Hashtags terkait #jogjalawancorona

Monitoring Media Sosial Twitter #jogjalawancorona

Selain menggaungkan tagar tersebut di Instagram masyarakat Jogja juga menggaungkan tagar tersebut di Twitter. Dalam periode yang sama jumlah cuitan dengan tagar #jogjalawancorona di Twitter berjumlah lebih sedikit dibanding dengan Instagram dan didominasi oleh sentimen positif.

Perbincangan warganet Twitter terkait penggunaan tagar tersebut memuncak pada tanggal 03 April 2020. Pada tanggal tersebut ditemukan sebanyak 134 cuitan dengan tagar tersebut. Adapun perbincangan warganet yaitu menyuarakan ajakan untuk membantu produksi APD untuk tenaga medis.

Terlihat pada Top Words kata jogjalawancorona, produksi, jahit, bantu dan beberapa kosa kata lainnya menjadi kosa kata populer dalam topik ini. Selain itu, terdapat akun @coconusferaa menjadi Top Initiator dengan sepuluh akun lain yang banyak menyuarakan tagar tersebut.

Dalam cuitan populer pantauan Netray cuitan akun @killthedj kembali menjadi cuitan populer seperti halnya postingan di akun Instagramnya. Cuitan Musisi Rapper asal Jogja tersebut setidaknya mendapat 305 retweet dan menyukai 795.

Saling bahu membahu dalam kegiatan kemanusiaan menjadi solusi baik dalam menghadapi musibah pandemi ini. Hendaknya gerakan kemanusiaan seperti gagasan #jogjalawancorona juga menjadi contoh bagi daerah lain. Semoga penyebaran Covid-19 dapat segera terputus dan dunia kembali pulih seperti sediakala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: