Belanja untuk Lebaran: Ramayana atau Matahari?

Meluasnya pandemi covid-19 membuat banyak pusat perbelanjaan tutup karena pengunjung berkurang sehingga omzet menurun. Dampak ini juga sangat dirasakan oleh dua pusat perbelanjaan yang sangat melegenda, yakni Matahari Department Store dan Ramayana Department Store. Biasanya kedua pusat perbelanjaan fashion ini ramai dikunjungi selama bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Namun selama pandemi ini mewabah, kedua pusat perbelanjaan tersebut sepi pengunjung, bahkan ada beberapa cabang gerai toko yang ditutup.

Netray, menelusuri topik pembahasan warganet tentang pusat perbelanjaan di tengah pandemi ini, selama satu bulan terakhir pada 15 April-15 Mei 2020. Nah, seperti apa sih ungkapan hati warganet terkait hal tersebut? Kira-kira warganet lebih sering belanja di Matahari atau Ramayana ya? Berikut hasil pantauan Netray. 

Infografik Pembahasan Ramayana dan Matahari

Selama periode satu bulan menjelang lebaran di tengah pandemi, topik pusat perbelanjaan diperbincangkan warganet sebanyak 2,7 ribu kali oleh 1,5 ribu akun Twitter. Topik ini memperoleh impresi sebanyak 29,3 ribu dengan potensi jangkauan hingga 23,4 juta akun.

Grafik data selama 15 April-15 Mei 2020 mengalami puncak pembahasan pada 9 Mei 2020 sebanyak 608 tweet dengan rincian 179 tweet bersentimen positif, 238 sentimen netral, dan 191 tweet negatif. Dari keseluruhan 2,7 ribu total tweet, sebanyak 674 tweet bersentimen positif dan 696 tweet bersentimen negatif. Pergerakan kurva antara tweet sentimen positif dan negatifnya hampir samar hanya selisih sebanyak 22 tweet lebih unggul yang bersentimen negatif.

Puncak 9 Mei 2020: Viral Video Parodi Karyawan Zara yang Kurang Ramah

Puncak pembahasan untuk topik Ramayana dan Matahari pada 9 Mei 2020 sempat menjadi trending di Twitter dengan #ramayana. Hashtag tersebut memuncak karena postingan video parodi Tiktok dari akun @fadlanholao yang diposting ulang di Twitter oleh akun @arisaputra_16 sehingga menjadi trending. Hal itu karena banyak warganet yang merasa terwakilkan oleh video parodi tersebut. Tidak sedikit pula warganet yang merasa kesal dengan perlakukan karyawan brand fashion Zara. Kekesalan warganet tersebut, ditimpali oleh warganet lain dengan cuitan “udah paling bagus di Ramayana atau Matahari”. Cuitan dengan tulisan serupa sangat banyak mengomentari postingan @arisaputra_16, sehingga membuat Ramayana dan Matahari menjadi ramai di perbincangkan. Hal tersebut juga membuat akun @arisaputra_16 menjadi pusat di jaringan percakapan karena banyak di retweet ataupun di mention.

Top Word dan Top Inisiator

Kumpulan kosakata yang paling banyak dibahas oleh warganet terkait topik tersebut seperti kata ‘ramayana’ dengan ukuran paling besar, kemudian ‘matahari’, terdapat pula kata lain seperti ‘beli’, ‘belanja’, dan ‘zara’.

Kosakata ‘ramayana’ dan ‘matahari’ merupakan tweet warganet untuk menimpali trending parodi video yang berisi tweetan tentang pengalaman berbelanja di dua pusat perbelanjaan tersebut. Banyak pula warganet yang mengungkapkan isi hati karena pandemi corona sehingga tidak bisa berbelanja di Ramayana atau Matahari menjelang ramadan tahun ini.

Akun sosial media @NurilHilma dan akun milik @ramayanads menjadi dua top inisiator dari topik ini. Terdapat pula akun @gayamatahari yang masuk pada urutan keempat top inisiator. Selaku akun resmi dari Ramayana dan Matahari pasti sering disebut juga ditandai oleh warganet. Apakah top word juga top inisiator tersebut mempengaruhi kecenderungan warganet dalam memilih tempat belanja? Simak ulasan berikut.

1. Ramayana Department Store

Ramayana Lestari Sentosa adalah jaringan toko swalayan yang menjual perlengkapan sandang. Ramayana awal didirikan pada tahun 1978 dan sekarang sudah memiliki banyak gerai cabang di Indonesia.

Infografik Ramayana

Topik pembahasan Ramayana sebanyak 1,9 ribu tweet oleh 1,1 ribu akun Twitter. Topik ini memperoleh impresi sebanyak 27,1 ribu dengan potensi jangkauan hingga 21,5 juta akun.

Pada periode 15 April-15 Mei 2020 grafik total tweet pergerakannya stabil dengan puncak tweet terbanyak pada 9 Mei 202, setelah itu terjadi penuruan dan grafik stabil kembali. Hal tersebut berlaku sama dengan pergerakan kurva sentimennya. Garis kurva terlihat melonjak tinggi pada 9 Mei 2020, dengan dominasi tweet bersentimen positif. Namun setelah itu garis kurva sentimen negatif sedikit lebih unggul dari positif dengan rincian sebanyak 484 tweet sentimen negatif dan 413 tweet positifnya.

Impresi dan Kerinduan Warganet untuk Ramayana

Ungkapan hati warganet dengan menuliskan tweet bersentimen positif terhadap pelayanan Ramayana. Berhubung di masa pandemi gerai ada yang tutup sehingga membuat warganet juga merindukan berbelanja kebutuhan lebaran di sana. Namun terdapat pula tweet bersentimen negatifnya.

Kedua tweet di atas memperlihatkan bahwa tidak semua gerai Ramayana di beberapa cabang daerah ramai, dan pelayanannya terkadang kurang membuat nyaman pelanggan.

2. Matahari Department Store

Sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang sudah mempunyai 151 gerai di lebih dari 60 kota di Indonesia. Matahari berawal dari sebuah toko di pasar baru, Jakarta Pusat pada tahun 1958, dan sekarang Matahari telah berkembang menjadi gerai besar di pusat perbelanjaan. 

Infografik Matahari

Topik Matahari dituliskan warganet sebanyak 668 tweet oleh 354 akun pengguna Twitter. Topik ini memperoleh impresi sebanyak 5,218 dengan potensi jangkauan hingga 937,1 ribu akun.

Jumlah total tweet terpaut jauh dari Ramayana. Total tweet untuk Matahari hanya 668 tweet selama satu bulan periode pengambilan data dengan puncak grafik terjadi pada 9 Mei 2020. Kurva pergerakan mengalami kenaikan pada 30 April kemudian menurun dan terjadi puncak kenaikan pada 9 Mei 2020. Sentimen positifnya sebanyak 224 tweet lebih unggul daripada sentimen negatifnya yang hanya beriksar 183 tweet.

Impresi Positf Warganet untuk Matahari

Warganet merasa sangat senang berbelanja di Matahari, disamping harganya terjangkau pelayanannya juga ramah. Namun terdapat pula tweet warganet untuk Matahari dengan sentimen negatif.

Warganet ada yang merasa risih karena diikuti oleh pelayan Matahari. Kemudian ungkapan kesedihan lain, karena pandemi virus corona membuat THR tidak cair sehingga tidak dapat belanja meskipun potongan harga sudah besar-besaran.

Jaringan Percakapan Ramayana dan Matahari

Jaringan percakapan terbentuk dari aktivitas warganet seputar topik Ramayana dan Matahari. Pada gambar tersebut akun @arisaputra_16 mempunyai jaringan paling besar, karena postingannya yang sempat menjadi trending pada puncak grafik 9 Mei 2020. Kemudian terdapat pula akun resmi dari kedua pusat perbelanjaan fashion yang menjadi topik utama. Akun resmi dari @GayaMatahari paling sering di mention oleh warganet. Sedangkan akun resmi dari @ramayanads paling sering di retweet oleh warganet. Berikut gambar dari aktivitas warganet dengan kedua akun resmi Ramayana Department Store dan Matahari Department Store.

Retweet Ramayana
Mention Matahari

Tweet dari Ramayana yang banyak mendapat retweet warganet berisi informasi bahwa Ramayana menambah toko untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama menjelang lebaran, dan pelanggan juga dapat berbelanja meskipun di rumah aja dengan aplikasi Ramayana Member Card.

Tweet dari warganet yang mention akun resmi Matahari didominasi pertanyaan juga keluhan warganet terkait aplikasi Matahari yang slowrespon dalam menanggapi pelanggan.

Jadi, Lebih Prefer Belanja di Ramayana atau Matahari Nih?

Hasil penelusuran Netray, memperlihatkan bahwa Ramayana lebih sering diperbincangkan warganet daripada Matahari. Intensitas perbincangan untuk Ramayana sebanyak 1,932 tweet dan perbincangan warganet untuk Matahari sebanyak 668 tweet. Ramayana lebih unggul tweet sentimen negatif daripada positifnya. Hal tersebut berbeda dengan Matahari yang lebih unggul tweet bersentimen positif daripada sentimen negatifnya.

Terlepas dari Ramayana lebih sering diperbincangkan warganet, dan Matahari tidak begitu sering diperbincangkan warganet, kedua Department Store di atas sudah menjadi pilihan hati mayarakat untuk berbelanja kebutuhan sandang. Hal itu terbukti dengan ungkapan hati masyarakat yang merasa nyaman dengan keramahannya, potongan harganya, dll, ketika berbelanja di kedua pusat perbelanjaan fashion tersebut. Netray hanya berusaha menyajikan dan mengemasnya kembali berdasarkan data. Ramayana atau Matahari? Apapun itu mari terus mendukung perusahaan di bidang fashion agar selalu sukes.

1 thought on “Belanja untuk Lebaran: Ramayana atau Matahari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: