Belanja untuk Lebaran: Ramayana atau Matahari?

Meluasnya pandemi covid-19 membuat banyak pusat perbelanjaan tutup karena pengunjung berkurang sehingga omzet menurun. Dampak ini juga dirasakan oleh dua pusat perbelanjaan yang sangat melegenda, yakni Matahari Department Store dan Ramayana Department Store. Biasanya kedua pusat perbelanjaan fashion ini ramai dikunjungi selama bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Namun selama pandemi ini mewabah, kedua pusat perbelanjaan tersebut sepi pengunjung, bahkan ada beberapa cabang gerai toko yang ditutup.

Netray media monitoring menelusuri topik pembahasan warganet tentang pusat perbelanjaan di tengah pandemi selama satu bulan terakhir pada 15 April-15 Mei 2020. Nah, seperti apa sih ungkapan hati warganet terkait hal tersebut? Kira-kira warganet lebih sering belanja di Matahari atau Ramayana ya? Berikut hasil pantauan Netray. 

Infografik Pembahasan Ramayana dan Matahari

belanaja lebaran

Selama periode satu bulan menjelang lebaran, topik pusat perbelanjaan diperbincangkan warganet sebanyak 2,7 ribu kali oleh 1,5 ribu akun Twitter. Topik ini memperoleh impresi sebanyak 29,3 ribu dengan potensi jangkauan hingga 23,4 juta akun.

Grafik data selama 15 April-15 Mei 2020 mengalami puncak pembahasan pada 9 Mei 2020 sebanyak 608 tweet dengan rincian 179 tweet bersentimen positif, 238 sentimen netral, dan 191 tweet negatif. Dari keseluruhan 2,7 ribu total tweet, sebanyak 674 tweet bersentimen positif dan 696 tweet bersentimen negatif. Pergerakan kurva antara tweet sentimen positif dan negatifnya hampir samar hanya selisih sebanyak 22 tweet lebih unggul yang bersentimen negatif.

Puncak 9 Mei 2020: Viral Video Parodi Karyawan Zara yang Kurang Ramah

Puncak pembahasan untuk topik Ramayana dan Matahari terjadi pada 9 Mei 2020 ketika tagar #ramayana menjadi trending di Twitter. Tagar tersebut memuncak karena postingan video parodi Tiktok dari akun @fadlanholao yang diposting ulang di Twitter oleh akun @arisaputra_16 sehingga menjadi trending. Hal itu karena banyak warganet yang merasa terwakilkan oleh video parodi tersebut. Tidak sedikit pula warganet yang merasa kesal dengan perlakukan karyawan brand fashion Zara. Kekesalan warganet tersebut, ditimpali oleh warganet lain dengan cuitan “udah paling bagus di Ramayana atau Matahari”. Cuitan dengan tulisan serupa sangat banyak mengomentari postingan @arisaputra_16, sehingga membuat Ramayana dan Matahari menjadi ramai diperbincangkan. Hal tersebut juga membuat akun @arisaputra_16 menjadi pusat di jaringan percakapan karena banyak di-retweet ataupun di-mention.

Top Word dan Top Inisiator

Kumpulan kosakata yang paling banyak dibahas oleh warganet terkait topik ini adalah ramayana dengan ukuran paling besar, kemudian matahari, terdapat pula kata lain seperti beli, belanja, dan zara.

Selain muncul untuk menimpali trending parodi video, kata ramayana dan matahari muncul dalam cuitan tentang pengalaman berbelanja di dua pusat perbelanjaan tersebut. Banyak pula warganet yang mengungkapkan isi hati mereka terkait kondisi pandemi corona yang menyebabkan tidak bisa berbelanja di Ramayana atau Matahari menjelang Ramadan tahun ini.

Akun sosial media @NurilHilma dan akun milik @ramayanads menjadi dua top inisiator dari topik ini. Terdapat pula akun @gayamatahari yang masuk pada urutan keempat top inisiator. Selaku akun resmi dari Ramayana dan Matahari, keduanya sering disebut dan ditandai oleh warganet. Apakah Top Word dan Top Inisiator tersebut mempengaruhi kecenderungan warganet dalam memilih tempat belanja? Simak ulasan berikut.

1. Ramayana Department Store

Ramayana Lestari Sentosa adalah jaringan toko swalayan yang menjual perlengkapan sandang yang didirikan pada tahun 1978. Kini Ramayana telah berhasil memiliki banyak gerai cabang di Indonesia. Ramayana muncul dalam 1,9 ribu tweet oleh 1,1 ribu akun Twitter. Topik ini memperoleh impresi sebanyak 27,1 ribu dengan potensi jangkauan hingga 21,5 juta akun.

belanja rlebaran di amayana

Pada periode 15 April-6 Mei 2020 grafik Peak Time untuk topik Ramayana terlihat stabil. Sementara lonjakan perbincangan terjadi pada periode 7-15 Mei 2020 dengan puncak tweet terbanyak pada 9 Mei 2020. Hal tersebut berlaku sama dengan pergerakan kurva sentimennya. Garis kurva terlihat melonjak tinggi pada 9 Mei 2020 dengan dominasi tweet bersentimen positif dengan rincian sebanyak 484 tweet sentimen negatif dan 413 tweet positif.

Impresi dan Kerinduan Warganet untuk Ramayana

Kondisi pandemi yang menjadikan sejumlah gerai Ramayana tutup membuat warganet juga merindukan berbelanja kebutuhan lebaran di sana. Sentimen positif untuk topik ini berisi ungkapan hati warganet terhadap pelayanan Ramayana. Namun, tidak sedikit juga warganet yang menceritakan ketidaknyamanannya sewaktu berbelanja di Ramayana.

This image has an empty alt attribute; its file name is post-rmyn-cuit-positif.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is ramayana-positif.png
This image has an empty alt attribute; its file name is ramayana-negatif.png
This image has an empty alt attribute; its file name is rmyn-negatip-1-1.jpg

2. Matahari Department Store

Perusahaan ritel di Indonesia yang sudah mempunyai 151 gerai di lebih dari 60 kota di Indonesia ini mulanya berawal dari sebuah toko di pasar baru, Jakarta Pusat pada tahun 1958. Kini Matahari telah berkembang menjadi gerai besar di pusat perbelanjaan. Topik Matahari dicuitkan warganet dalam 668 tweet oleh 354 akun pengguna Twitter. Topik ini memperoleh impresi sebanyak 5,218 dengan potensi jangkauan hingga 937,1 ribu akun.

belanja lebaran di matahari

Total tweet untuk topik Matahari hanya 668 tweet selama satu bulan periode pengambilan data. Jumlah ini terpaut jauh dari topik Ramayana yang menyentuh angka 1,9 ribu. Kurva pergerakan topik Matahari mengalami kenaikan pada 30 April kemudian menurun dan terjadi puncak kenaikan pada 9 Mei 2020. Sentimen positif sebanyak 224 tweet lebih unggul daripada sentimen negatifnya yang hanya beriksar 183 tweet.

Impresi Warganet untuk Matahari

Warganet merasa sangat senang berbelanja di Matahari, di samping harganya terjangkau pelayanannya juga ramah. Namun terdapat pula tweet warganet untuk Matahari dengan sentimen negatif. Warganet merasa risih karena diikuti oleh pelayan Matahari. Kemudian ungkapan kesedihan lain ialah karena pandemi virus corona yang membuat THR tidak cair sehingga tidak dapat belanja meskipun potongan harga sudah besar-besaran.

This image has an empty alt attribute; its file name is post-mathri-cuitan-pstif.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is matahari-negatif.png
This image has an empty alt attribute; its file name is crona-promo.png

Jaringan Percakapan Topik Ramayana dan Matahari

Jaringan percakapan terbentuk dari aktivitas warganet memperbincangkan topik Ramayana dan Matahari. Pada gambar tersebut akun @arisaputra_16 mempunyai jaringan paling besar, karena postingannya yang sempat menjadi trending pada puncak grafik 9 Mei 2020. Kemudian terdapat pula akun resmi dari kedua pusat perbelanjaan fashion yang menjadi topik utama. Akun resmi dari @GayaMatahari paling sering di-mention oleh warganet. Sedangkan akun resmi dari @ramayanads paling sering di-retweet oleh warganet. Berikut gambar dari aktivitas warganet dengan kedua akun resmi Ramayana Department Store dan Matahari Department Store.

Retweet Ramayana
Mention Matahari

Tweet dari Ramayana yang banyak mendapat retweet warganet berisi informasi bahwa Ramayana menambah toko untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama menjelang lebaran. Selain itu pelanggan juga dapat berbelanja meskipun di rumah aja dengan aplikasi Ramayana Member Card. Sementara tweet dari warganet yang menandai akun resmi Matahari didominasi pertanyaan dan keluhan warganet terkait aplikasi Matahari yang slowrespon dalam menanggapi pelanggan.

Jadi, Lebih Prefer Belanja di Ramayana atau Matahari Nih?

Hasil penelusuran Netray memperlihatkan bahwa Ramayana lebih sering diperbincangkan warganet daripada Matahari. Intensitas perbincangan untuk Ramayana sebanyak 1,932 tweet dan perbincangan warganet untuk Matahari sebanyak 668 tweet. Ramayana lebih unggul tweet sentimen negatif daripada positifnya. Hal tersebut berbeda dengan Matahari yang lebih unggul tweet bersentimen positif daripada sentimen negatifnya.

Terlepas dari Ramayana lebih sering diperbincangkan warganet dan Matahari tidak begitu sering diperbincangkan warganet, kedua Department Store di atas sudah menjadi pilihan hati mayarakat untuk berbelanja kebutuhan sandang. Hal itu terbukti dengan ungkapan hati masyarakat yang merasa nyaman dengan keramahannya, potongan harganya, dll, ketika berbelanja di kedua pusat perbelanjaan fashion tersebut. Netray hanya berusaha menyajikan dan mengemasnya kembali berdasarkan data. Ramayana atau Matahari? Apapun itu mari terus mendukung perusahaan di bidang fashion agar selalu sukes.

1 thought on “Belanja untuk Lebaran: Ramayana atau Matahari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: