Bank Syariah Indonesia Dinobatkan Sebagai The World’s Best Bank 2021

Belum lama didirikan, Bank Syariah Indonesia kini dinobatkan sebagai The World’s Best Bank 2021 oleh Forbes. Hal ini menjadi dorongan untuk BSI agar terus meningkatkan perekonomian umat di tengah pandemi Covid-19. BSI merupakan lembaga perbankan syariah yang berdiri pada 01 Februari 2021. Bank ini merupakan hasil merger dari anak perusahaan BUMN bidang perbankan, yakni Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia. Media Monitoring Netray memantau pembahasan media pemberitaan daring dan perbincangan warganet terkait BSI di media sosial Twitter. Seperti apakah hasil pantauan Netray? Simak selengkapnya.

Bank Syariah Indonesia

Netray memantau pembahasan media pemberitaan daring terkait topik Bank Syariah Indonesia sejak 25 Mei 2021 sampai dengan 31 Mei 2021. Berdasarkan hasil pantauan tersebut ditemukan sebanyak 108 total artikel yang berasal dari 39 media pemberitaan. Adapun Top Categories pada topik ini didominasi oleh pemberitaan seputar Finance & Insurance dan Education.

Keberadaan ekonomi syariah menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi nasional yang kini tengah terdampak pandemi Covid-19. Ekonomi berbasis syariah ini pun dinilai memiliki ketahanan terhadap syok perekonomian yang terjadi di masyarakat. Hal ini didorong oleh integrasi aspek komersial dan sosial yang diterapkan oleh Bank Syariah dan menjadi model dalam membangun ekonomi berbasis ekosistem halal. Seperti halnya tujuan pemerintah Indonesia yang memiliki cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat perekonomian syariah dunia.

Keseriusan pemerintah dalam meningkatkan layanan berbasis ekonomi syariah dibuktikan dengan dinobatkannya BSI sebagai 20 bank terbaik versi Forbes. Mengutip laman Forbes, penyematan The World’s Best Banks tersebut mengacu pada hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 43 ribu konsumen yang mewakili 28 negara, atas lima kriteria penilaian berbeda yaitu trust, terms and conditions, customer services, digital services, dan financial advice. Meskipun baru efektif beroperasi sekitar tiga bulan pascapenggabungan tiga bank syariah milik Himbara, Forbes menilai BSI memenuhi lima kriteria penilaian tersebut dengan baik. Hal ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan mengingat umur dari BSI yang masih terbilang sangat muda.

Impresi Warganet Terhadap Bank Syariah Indonesia

Berhasil menorehkan prestasi yang cukup membanggakan BSI kini menjadi topik yang diperbincangkan oleh warganet. Herdy Gunadi selaku Direktur Utama dari BSI menyampaikan, pencapaian tersebut menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan layanan kepada nasabah dan masyarakat luas, serta mendorong pengembangan ekonomi syariah demi kesejahteraan umat di masa mendatang. Netray memantau perbincangan warganet terkait BSI di media sosial Twitter. Seperti apakah perbincangan warganet terkait topik ini? Simak ulasan Netray.

Berdasarkan pantauan Netray ditemukan sebanyak 1.995 total cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen positif. Adapun jumlah impresi mencapai 20 ribu dengan potensi jangkauan sebanyak 37.2 juta. Hal ini menunjukkan BSI merupakan topik hangat yang diperbincangkan oleh warganet di media sosial Twitter.

Melalui grafik di atas terlihat intensitas perbincangan warganet terkait topik ini yang muncul setiap harinya selama periode pantauan Netray. Selain itu, dominasi sentimen positif pada topik ini juga menunjukkan tanggapan positif warganet terkait BSI yang belum lama didirikan tersebut. Dalam upaya meningkatkan pelayanan ekonomi umat BSI mengusung beragam agenda sustainable finance seperti program ekonomi desa, ketahanan pangan, beasiswa sociopreneur, keberpihakan kepada UMKM serta peran aktif dan terdepan dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Melalui beberapa cuitan di atas terlihat tanggapan warganet terkait BSI. Dinobatkannya BSI sebagai salah satu bank terbaik di dunia membuat dukungan terhadap program pemerintah ini pun mengalir deras. Hal ini dapat diamati melalui beberapa cuitan di atas. Warganet terlihat bangga akan kinerja dan prestasi dari BSI.

Top Categories

Berdasarkan pantauan Netray terlihat beberapa akun yang paling banyak mencuitkan topik seputar BSI yakni @Qaireen_srg dan beberapa akun lainnya. Selain itu, pada kategori Top Portal terlihat Republika menjadi portal media pemberitaan daring yang paling banyak menerbitkan artikel terkait BSI.

Sementara itu, pada kategori Top People, Direktur Utama BSI yakni Hery Gunardi menjadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan dalam topik ini, diikuti oleh Presiden Joko Widodo. Pada kategori Top Organization terlihat Bank Syariah Indonesia mendominasi kategori ini. Hal tersebut sesuai dengan topik utama yang menjadi pembahasan pada topik ini, yakni kiprah Bank Syariah Indonesia.

Prestasi gemilang yang ditorehkan oleh Bank Syariah Indonesia membuat masyarakat bangga. Hal tersebut dapat diamati melalui unggahan yang disampaikan oleh warganet melalui cuitannya yang didominasi oleh sentimen positif. Warganet pun berharap BSI dapat mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Demikian hasil pantauan Netray, simak hasil analisis topik terkini lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: