Bahas Kuliner Jogja di Twitter, Mana Rekomendasi Warganet?

kuliner jogja

Yogyakarta atau yang paling mudah dilafalkan sebagai Jogja merupakan salah satu destinasi yang banyak diminati. Selain menawarkan beragam tempat wisata yang menarik, Jogja juga kaya akan kuliner enak dengan harga yang ramah di kantong. Nah, beberapa waktu lalu warganet Twitter ramai bahas topik ini. Netray pun tertarik untuk memantau dan menyajikannya ke dalam infografik khusus untukmu. Kira-kira, kalau kamu kulineran ke Jogja tempat mana saja yang wajib ada dalam list? Kalau masih bingung, baca aja dulu rekomendasi warganet berikut.

Pembahasan topik kuliner Jogja di Twitter terlihat ramai pada tanggal 26-29 Mei 2021. Dari pantauan Netray, kenaikan topik ini mulanya dipicu oleh twit dari akun @txtdarijogja yang membagikan video terkait  kekecewaan seorang wisatawan terhadap harga pecel lele di Malioboro. Beragam tanggapan pun menghiasi kolom komentar. Mulai dari yang merasa sama kecewanya hingga adu argumen soal kuliner Jogja.

Keramaian kian bertambah setelah akun @arieparikesit turut meminta rekomendasi top 5 kuliner Jogja. Warganet pun berbondong-bondong memberikan tanggapan dan rekomendasi. Dan berikut inilah yang paling banyak mengisi cuitan warganet ketika membahas kuliner Jogja.

1. Malioboro

Mengunjungi kota Jogja rasanya tidak lengkap jika belum menginjakkan kaki di Malioboro. Merupakan nol kilometernya Jogja, Malioboro juga menjadi yang paling banyak disinggung ketika membahas kuliner Jogja. Namun bukan sebagai rekomendasi, warganet justru mewanti-wanti agar wisatawan yang berniat mencari kuliner murah untuk menghindari kawasan ini. Selain harga yang belum tentu murah, tidak semua jajanan di Malioboro merupakan kuliner otentik khas Jogja. Malioboro untuk berwisata, berburu pernak-pernik, tapi tidak untuk kulineran. Demikian saran warganet.

2. Gudeg

Makanan khas Jogja satu ini menjadi rekomendasi wajib ketika warganet berniat kulineran di Jogja. Beberapa nama seperti Gudeg Mbah Lindu, Gudeg Ahmad, Gudeg Yu Djum, hingga Gudeg Song Djie menghiasi twit warganet yang ingin berbagi pengalaman mereka soal kuliner Jogja.

3. Bakmi Jawa

Selain Gudeg, Jogja juga punya menu bakmi Jawa yang tidak kalah menarik. Beberapa warganet menyarankan sejumlah nama seperti bakmi Pak Tanto, bakmi Jawa Shibisu, hingga bakmi Kadin.

4. Ayam Olive

Sebenarnya Olive bukan menu makanan khas Jogja. Sama seperti restoran ayam cepat saji pada umumnya yang menjual ayam goreng kentucky. Selain harganya yang murah, keberadaan Olive yang sulit ditemukan di luar wilayah Yogyakarta membuat warganet turut merekomendasikan ayam goreng bercita rasa khas ini. 

5. Sate Klatak

Selain Gudeg dan Bakmi Jawa, wisatawan yang berkunjung ke Jogja biasanya tak ketinggalan berburu sate kambing khas Pleret yang sangat populer, Sate Klatak. Penggunaan ‘klatak’ sebagai nama sate ini dikatakan karena adanya bunyi ‘klatak-klatak’ ketika garam ditaburkan ke sate yang tengah dibakar. Sate Klatak akan mudah ditemukan di kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta.

6. Kopi Klotok hingga Kopi Joss

Kopi Klotok dibuat dengan cara merebus air bersama dengan bubuk kopi dan dimasak di atas panci dengan tungku arang. Kemudian baru disiram air sampai mendidih sehingga menghasilkan bunyi “klotok-klotok”. Sementara Kopi Joss memanfaatkan arang panas untuk dicelupkan pada kopi yang akan diminum.

Sebenarnya masih banyak sekali kuliner khas Jogja yang direkomendasikan warganet. Mulai dari jajanan, makanan, hingga wedangan khas seperti Wedang Uwuh dan Wedang Ronde. Namun, beberapa menu di atas merupakan rekomendasi populer yang paling banyak disebut warganet. Jadi, kalau kamu mau kulineran ke Jogja jangan lewatkan menu-menu di atas yaa. Atau mungkin kamu punya kuliner favorit lain? Bolehlah di share di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: