Arah Perbincangan Media dalam Bursa Capres 2024; Anies dan Prabowo Paling Populer

Belum genap lima bulan pelantikan presiden dan wakil presiden, pembicaraan terkait nama-nama tokoh yang diprediksi masuk dalam bursa capres 2024 mulai menghiasi pemberitaan pada akhir Februari. Beberapa lembaga survei, seperti Indo Barometer, Parameter Politik Indonesia (PPI), hingga Politika Research Consulting (PRC) berlomba-lomba merilis hasil pantauan mereka di media. Sontak saja, media pun beramai-ramai membahas topik tersebut.

Netray menelusuri pemberitaan bursa capres di media berita online selama Februari 2020 untuk mengetahui arah perbincangan media menuju Pilpres 2024. Selain itu, dari pantauan ini dapat diketahui nama-nama tokoh yang paling sering dibicarakan dalam topik pemberitaan. 

Infografik Pembahasan Topik Bursa Capres di Media

Selama sebulan terakhir, topik ‘bursa capres’ diberitakan sebanyak 668 kali oleh 60 media berita yang berbeda. Pembahasan topik tersebut menyasar pada isu politik (59%) dan pemerintahan (38%). Berikut pergerakan topik bursa capres di media online selama Februari 2020.

Frekuensi pembahasan topik bursa capres 2024 mulai menanjak pada 23 Februari dan memuncak pada 24 Februari dengan total 154 artikel terkait topik tersebut dalam sehari. Kenaikan ini dipicu oleh banyaknya pemberitaan dari lembaga survei terkait elektabilitas beberapa tokoh yang diprediksi bakal menjadi kandidat terkuat Pilpres 2024 seperti berikut.

Arah Perbincangan Media dalam Bursa Capres 2024

Berikut adalah kumpulan kosakata populer yang kerap muncul dalam pembahasan terkait topik bursa capres di media berita daring selama bulan Februari 2020.

Dari kumpulan kosakata di atas, dapat diketahui bahwa pembahasan topik bursa capres didominasi oleh pemberitaan seputar survei. Nama Prabowo dan Anies cukup menonjol di antara entitas tokoh yang lain, seperti Jokowi, Sandiaga, Qadari, Ganjar, Ahok, Puan, Ridwan Kamil, Yudhoyono, maupun Megawati. Sementara entitas organisasi kelembagaan yang kerap mengikuti adalah lembaga survei Indo Barometer serta organisasi partai seperti Gerindra, Demokrat hingga PDIP.

Di media pemberitaan, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto menjadi dua top person teratas yang paling banyak disebut dalam pembahasan terkait topik ‘pilpres 2024’. Selain itu, muncul nama nama lain seperti Joko Widodo, Ganjar Pranowo hingga Sandiaga Salahudin Uno sebagai Top 5 Person yang paling banyak disebut dalam pembahasan topik bursa capres 2024.

Anies Baswedan

Anies Baswedan merupakan gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Namanya muncul di urutan pertama dalam pembahasan topik bursa capres 2024 di media berita online selama Februari.

Anies Baswedan dalam topik bursa capres diberitakan dengan sentimen positif lebih banyak daripada sentimen negatif. Namun, di akhir Ferbruari sentimen negatif untuk Anies ikut melonjak naik mengikuti pemberitaan bersentimen positif yang memuncak pada periode 23-25 Februari. Dari penelusuran Netray, pemberitaan seputar banjir DKI menjadi pemicu melonjaknya sentimen negatif untuk Anies.

Dikaitkan dengan topik bursa capres yang sedang ramai diperbincangkan, berita banjir DKI disinyalir mampu menggerus elektabilitas Anies Baswedan sebagai salah satu kandidat capres terkuat.

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto tercatat ikut maju dalam Pilpres sebanyak tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2009, 2014, dan 2019. Pada tahun 2009 ia maju sebagai cawapres mendampingi Megawati (PDIP) melawan SBY-Budiono. Kemudian pada tahun 2014 ia maju sebagai capres didampingi Hatta Rajasa (PAN) melawan Jokowi-Jusuf Kalla. Sementara pada tahun 2019 lalu, ia maju kembali sebagai capres didampingi Sandiaga Uno (Gerindra) melawan Jokowi-Ma’ruf Amien. Namun hingga periode ketiga, Prabowo belum berhasil meraih kemenangannya. Pada akhirnya, ia memilih masuk dalam kabinet presiden terpilih Jokowi-Ma’ruf sebagai Menteri Pertahanan untuk periode 2019-2024. Dalam pembahasan topik bursa capres 2024, nama Prabowo kembali disorot media sebagai salah satu kandidat capres terfavorit.

Pemberitaan terkait Prabowo dalam topik bursa capres 2024 didominasi oleh sentimen positif. Media dan lembaga survei menyoroti nama Prabowo sebagai kandidat capres terkuat melawan Anies Baswedan.

Hingga pembahasan bursa capres 2024, nama Prabowo masih populer meskipun ia sudah tiga kali maju sebagai capres maupun cawapres secara berturut sejak 2009 lalu. Namun, keinginan publik untuk memiliki pemimpin dari latar belakang militer masih kuat.

Hal ini dapat diketahui dari rilisan lembaga survei terkait pasangan capres-cawapres yang diinginkan publik. Hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) menunjukkan bahwa latar belakang pasangan militer dan sipil masih jadi favorit publik.

Joko Widodo

Joko Widodo telah memenangkan Pilpres selama dua periode berturut-turut, yaitu pada 2014 yang didampingi Jusuf Kala dan pada 2019 lalu yang didampingi Ma’ruf Amin. Meskipun demikian, namanya masih kerap disebut-sebut dalam pembahasan topik bursa capres 2024.

Nama Jokowi dalam pembahasan topik bursa capres didominasi oleh sentimen positif. Menurut lembaga survei Indo Barometer, Jokowi masih memiliki elektabilitas tertinggi dalam bursa pencalonan presiden periode 2024-2029.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-63.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-64.png

Bahkan dikatakan bahwa nama Prabowo, Anies, Sandiaga, Ganjar maupun AHY masih berada jauh di bawah Jokowi.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-68.png

Namun, melihat kondisi yang ada, meskipun elektabilitas Jokowi masih tertinggi, namanya tidak akan muncul dalam Pilpres 2024 karena telah menjabat sebagai presiden selama dua periode berturut-turut. Oleh karena itu, media lebih tertarik membahas pujian Jokowi untuk Sandiaga yang dinilai sebagai sinyal dukungannya terhadap Sandiaga untuk Pilpres 2024.

Pada akhir Februari sentimen negatif melonjak naik. Hal ini terkait pemberitaan bursa capres yang dinilai masih terlalu dini sehingga menimbulkan opini terkait eksistensi Jokowi sebagai presiden saat ini yang seolah tidak dianggap.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-90.png

Ganjar Pranowo

Kandidat capres selanjutnya adalah Ganjar Pranowo. Namanya kembali disorot dalam pembahasan topik bursa capres 2024. Saat ini Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah untuk periode keduanya sejak Agustus 2013.

Nama Ganjar Pranowo dalam pembahasan topik bursa capres mulai melonjak pada akhir Februari. Hal ini terkait beberapa hasil rilisan lembaga survei untuk nama-nama kandidat capres potensial Piplres 2024.

Dari hasil survei PRC dan PPI dinyatakan bahwa Sandiaga, Anies, dan Ganjar menjadi tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024.

Sandiaga Salahudin Uno

Sandiaga Salahudin Uno merupakan seorang pengusaha dan politikus. Sebelumnya, ia mendampingi Prabowo dalam pencalonan Pilpres 2019 melawan Jokowi-Ma’ruf. Kini namanya kembali disebut-sebut dalam pembahasan topik bursa capres 2024.

Pada awal Februari, namanya dibicarakan sebagai kandidat capres 2024 setelah mendapat pujian dari presiden Jokowi. Pujian Jokowi tersebut disinyalir media sebagai dukungan Jokowi untuk Sandiaga dalam Pilpres 2024.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-76.png

Meskipun media membaca pujian Jokowi sebagai sinyal dukungan, Sandiaga tidak menanggapinya serius.

Tokoh, Lembaga Organisasi, dan Media Populer dalam Pembahasan Topik Bursa Capres 2024

Selain kelima nama di atas, beberapa tokoh lain yang kerap disebut dan disoroti media dalam pembahasan topik bursa capres 2024 adalah sebagai berikut.

Apabila diamati, hampir sebagian besar tokoh di atas dibahas dalam konteks kandidat Pilpres 2024. Hanya nama Jokowi dan Qodari yang tidak dapat dimasukkan dalam kandidat capres 2024. Dari pantauan Netray, nama Qodari banyak disebut media dalam kapasitasnya sebagai direktur eksekutif sekaligus juru bicara lembaga survei Indo Barometer.

Organisasi kelembagaan yang kerap disorot media dalam pembahasan topik bursa capres 2024 adalah sebagai berikut.

Dari deretan di atas, dapat diketahui bahwa entitas organisasi kelambagaan yang paling kerap disorot dalam pembahasan topik ini adalah organisasi partai dan lembaga survei. Terdapat 3 lembaga survei populer yang dibicarakan dalam topik ini, yaitu Indo Barometer, Parameter Politik Indonesia (PPI), dan Politika Research Consulting (PRC). Sementara organisasi partai populer dalam pembahasan ini adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), PDI Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berita terkait topik bursa capres 2024 paling banyak diterbitkan oleh portal media berikut.

Maraknya pembahasan topik bursa capres 2024 di media berita beberapa waktu terakhir dipicu oleh munculnya rilisan survei kandidat capres dari tiga lembaga survei secara bersamaan pada 23 Februari 2020. Hasil survei dari tiga lembaga tersebut pun tidak jauh berbeda. Demikian pantauan Netray terkait topik Pilpres 2024 yang sedang ramai diperbincangkan media berita online selama Februari 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: