APBD Tak Masuk Akal, Pemrov DKI Banjir Sentimen Negatif

Beberapa waktu terakhir, Pemprov DKI kembali menjadi sorotan publik. Hal ini terkait Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pemprov DKI Jakarta yang dinilai tak masuk akal. Setelah ramai soal anggaran 5 M untuk influencer luar negeri, kali ini warganet kembali dihebohkan dengan temuan rancangan anggaran lem Aibon seharga 82 M dan ballpoint seharga 124 M. Sontak, pembahasan terkait topik tersebut menjadi trending. Tak ayal jika Pemprov DKI beserta Gubernur Anies Baswedan ikut disorot dalam pembahasan isu ini.

Netray memantau pembahasan topik terkait di media sosial dan media berita online selama seminggu terakhir untuk mendapatkan gambaran umum isu yang sedang bergulir. Bagaimana hasilnya? Berikut pantauan Netray.

Pembahasan Topik di Twitter

Gambar 1. Pergerakan Isu dan Sentimen di Twitter

Selama seminggu terakhir Oktober, total cuitan warganet yang menyoroti Pemprov DKI adalah 16,714. Dari total tersebut, 8,911 di antaranya merupakan sentimen negatif. Bahkan, selama seminggu terakhir pergerakan sentimen untuk topik tersebut didominasi oleh sentimen negatif. Puncak pembahasan topik ini terjadi pada 30 Oktober 2019 dengan dominasi sentimen negatif. Adapun topik yang menjadi bahasan warganet pada tanggal tersebut terkait lem Aibon.

Pembahasan Topik di Media Berita Online

Gambar 2. Pergerakan Isu dan Sentimen di Media Berita Online

Di media online, berita terkait Pemprov DKI ialah sebanyak 1,155 artikel. Tidak jauh berbeda, di media online pemberitaan terkait Pemprov DKI pun didominasi oleh sentimen negatif. Puncak sentimen negatif terjadi pada 30 Oktober 2019.

Apa yang Menjadi Sorotan?

Berikut adalah kumpulan kosakata yang kerap digunakan warganet dan media dalam membahas topik seputar Pemprov DKI.

Gambar 3. Topik Terkait di Twitter
Gambar 4. Topik Terkait di Media Berita

Dari ilustrasi di atas dapat diamati bahwa isu yang paling banyak dibahas terkait topik Pemprov DKI adalah soal anggaran atau APBD Pemprov DKI. Anies, selaku gubernur yang sedang menjabat pun menjadi sorotan. Bahkan di Twitter, warganet ramai membahas topik Aibon, salah satu merek lem yang ramai diperbincangkan setelah muncul dalam APBD Pemprov yang dianggarkan sejumlah 82 milyar.

Berikut perbincangan terkait lem Aibon di Twitter.

Gambar 5. Cuitan warganet

Sejak 29 Oktober 2019, #aibon menjadi perbincangan hangat di jagat maya Twitter. Topik ini menjadi trending setelah anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, William Aditya Sarana dengan akun @willsarana mencuitkan kejanggalan yang ia temukan terkait anggaran lem aibon sebesar 82 M.

Gambar 6. Total Pembahasan Terkait Aibon

Total cuitan terkait #aibon mencapai 11,240 hingga 31 Oktober 2019. Warganet semakin kesal ketika persoalan tersebut dianggap sebagai salah ketik.

Gambar 7. Cuitan Terkait Pengakuan Disdik DKI Salah Ketik Anggaran

Top Inisiator

Berikut adalah 10 inisiator yang paling banyak membahas, membagikan, dan atau menyoroti Pemprov DKI, khususnya terkait APBD yang sedang hangat diperbincangkan tersebut.

Gambar 8. Top Inisiator Topik di Twitter
Gambar 9. Top Inisiator Topik di Media Berita

Baik di media sosial maupun pemberitaan, Kompas menjadi inisiator teratas yang paling banyak membahas dan menyoroti isu Pemprov DKI. Selain @willsarana, PSI juga masuk dalam top inisiator yang kerap membahas topik ini dan menyuarakan tagar #PSIkawalUangRakyat.

Pemprov DKI Beserta Gubernur Anies Baswedan Jadi Sorotan

Berikut adalah jaringan percakapan warganet di Twitter ketika membahas isu terkait APBD Pemprov DKI yang sedang hangat diperbincangkan.

Jaringan percakapan di atas didominasi oleh garis sentimen berwarna merah. Artinya, percakapan warganet terkait topik ini didominasi oleh sentimen negatif. Dari gambar di atas, dapat diamati bahwa akun @DKIJakarta dan @aniesbaswedan memiliki jaringan yang paling besar. Hal ini berhubungan dengan topik yang sedang diperbincangkan warganet terkait dengan akun tersebut. Akun tersebut memiliki jaringan yang besar karena banyak disebut dan ditandai oleh akun lain ketika membicarakan topik ini. Selain itu terlihat juga akun @KPK_RI , @psi_id, @jokowi, @willsarana, dan @basuki_btp juga kerap disebut dalam arus topik ini.

Demikian pantaun Netray terkait isu negatif yang sedang menimpa Pemprov DKI. Semoga dapat menjadi evaluasi.

1 thought on “APBD Tak Masuk Akal, Pemrov DKI Banjir Sentimen Negatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: