Antusiasme Warganet Sambut BTS Meal, Kolaborasi McD x BTS

bts meal : mcd x bts

Popularitas idol K-Pop kini terang-terangan dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan untuk menaikkan pamor dan meningkatkan penjualan produk mereka. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak penggemar K-Pop. Masyarakatnya pun cenderung konsumtif. Maka tak heran apabila strategi branding dengan memanfaatkan idol Kpop ini cukup berhasil di Indonesia. Sebelumnya Netray pernah mengulik bagaimana kerjasama Indomilk dan Tokopedia berhasil menarik massa ketika menjadikan grup band populer asal Korea Selatan BTS sebagai bagian dari brand campaign mereka. Tak hanya menarik perhatian masyarakat, kerjasama ini juga meningkatkan penjualan produk Indomilk. Lalu, bagaimana dengan kolaborasi McDonalds dengan BTS yang sempat menjadi trending di Twitter? Apakah akan menuai keberhasilan serupa? Sejauh apa antusiasme warganet menyambut kabar ini? Berikut hasil pantauan Netray.

Antusiasme Warganet Sambut Kabar Baik McDonalds

Dengan menggunakan kata kunci bts meal dan bts && mcd Netray menemukan 4,6 ribu tweet dari 1,3 ribu akun yang turut memperbincangkan topik ini. Sentimen positif mendominasi pembahasan sejak topik ini muncul pada 19 April 2021 ketika akun resmi @McDonalds mengumumkan kolaborasi ini.

Karena kabar tersebut naik pada pukul 8:00 malam, kemeriahan atau puncak perbincangan topik ini di Twitter melonjak hingga keesokan harinya, 20 April 2021. Tweet @vkookssky yang membagikan kabar ini selang beberapa menit dari akun resmi McD langsung menuai banyak impresi. Perbincangan topik ini pun meluas dan sampai kepada para ARMY Indonesia sehingga menjadi trending.

Membaca Top Words dan Top Account dalam Topik BTS Meal

Kabar soal kolaborasi McDonalds (McD) dan BTS yang kemudian terwujud dalam menu BTS Meal pada 19 April terus diperbincangkan di Twitter. Dari informasi yang disampaikan oleh pihak McD, menu BTS Meal akan diluncurkan pada 25 Mei 2021 secara berurutan di beberapa negara. Sementara di Indonesia baru akan tersedia pada 26 Juni 2021. Masih cukup lama, namun antusiasme warganet Indonesia memang tidak bisa diremehkan. Lalu apa saja yang mereka perbincangkan?

Dari deretan Top Account atau akun populer yang paling banyak mendapat impresi dapat kita ketahui bahwa kabar ini menyita perhatian para ARMY Indonesia. Impresi terbanyak tentu saja diperoleh akun @ARMYTEAMIID yang merupakan akun fanbase BTS di Indonesia. Kemudian baru diikuti oleh sejumlah akun pribadi yang dari pantauan Netray juga merupakan para penggemar grup band asal Korea Selatan tersebut.

Sementara dari kumpulan kosakata yang tersaji dalam fitur Top Words di atas dapat kita ketahui beberapa hal yang paling banyak dibahas warganet ketika memperbincangkan topik ini. Selain antusiasme warganet menyambut BTS meal pada bulan Juni di Indonesia, terlihat juga perbincangan soal perandai-andaian atau tebak-tebakan paket menu yang akan disajikan Mcd dalam BTS meal. Terlihat pula kata ngantri yang juga kerap dicuitkan warganet dalam topik ini. Untuk lebih detailnya berikut hasil pantauan Netray selengkapnya.

Diserbu Army, Mcd Bakal Ramai; Antreanya Gimana?

Tingginya antusias Army Indonesia menyambut kabar dan menantikan hari H yang masih 2 bulan lagi memang menjadi hal yang positif. Namun, di sisi lain kekhawatiran juga hadir bersamaan. Mengingat yang sudah-sudah, warganet seolah tidak sanggup membayangkan bagaimana antrean yang akan terjadi di gerai McD yang menyediakan bts meal tersebut. Sementara selama ini, tanpa ada kolaborasi semacam ini pun Mcd tidak pernah sepi. Warganet juga teringat akan kolaborasi BTS dengan Uniqlo yang harus mengantre dari subuh. Karena itulah banyak warganet yang takut akan kehabisan dan tidak bisa mendapatkan paket kolaborasi McD tersebut.

Tak hanya itu, masalah harga juga menjadi salah satu yang membuat warganet berpikir dan menebak-nebak. Dengan paket hasil kolaborasi bersama band papan atas sekelas BTS tentu harganya tidak akan sama dengan harga paket biasa. Sejumlah warganet pun khawatir tidak bisa mencicipi menu ini sehingga hanya bisa mengharapkan kebijaksanaan McD.

Tebak-tebakan BTS Meal, Apa yang Spesial?

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan warganet sejak kabar ini muncul adalah soal menu apa yang akan disajikan dalam paket BTS Meal. Apakah ada yang spesial? Warganet pun mulai menebak-nebak. Ada yang membayangkan akan mendapatkan photocard atau album BTS dalam satu paket meal khusus tersebut. Ada pula yang sampai berfantasi jika membeli paket tersebut warganet akan merasakan sensasi candle light dinner bersama Bangtan atau BTS.

Sementara sejumlah warganet lain menginformasikan bahwa BTS Meal yang akan hadir di 50 negara mulai 26 Mei-25 Juni ini akan berisi 10 chicken McNuggets, kentang goreng medium, minuman soda, dan 2 dipping sauce (sweet chili dan cajun sauce). Sontak warganet membanjiri cuitan tersebut dan kembali bertanya-tanya. Jika hanya demikian, lalu apa yang spesial? Mungkin karena cajun sauce yang merupakan salah satu resep populer di restoran Korea Selatan. Entahlah, lebih baik kita tunggu saja kejutan apa yang akan dihadirkan McDonalds dalam kolaborasi dengan BTS ini. Nantinya, Netray juga akan memantau untukmu seberapa besar impact kolaborasi ini bila dilihat dari kemeriahan dan tindakan yang dilakukan masyarakat pada hari peluncuran besok.

Kreativitas Warganet dalam Fitur Media Populer

Berikut adalah beberapa potret kreativitas warganet Twitter yang tertangkap fitur Media Populer Netray. Warganet mencoba membuat kreasi desain bungkus dan nama-nama menu BTS Meal yang ada dalam bayangannya. Mereka berpatokan pada paket Mcd Happy Meal yang mendapatkan hadiah mainan, sementara di sini warganet membayangkan miniatur animasi para personel Bangtan Boys. Sedangkan untuk makanannya warganet berimajinasi warna serba ungu yang selama ini identik dengan kedekatan BTS dan Army. Warganet juga memberi tagline untuk setiap menunya, seperti McIgShop, McMcBungee, McOfTheSoul, McKrokosmos, McCity, dan McItRight yang terinspirasi dari lagu-lagu BTS.

Demikian pantauan Netray. Betapa besarnya popularitas BTS di mata warganet sehingga kabar kolaborasi ini ramai diperbincangkan di Twitter. Bahkan masih terhitung jauh dari hari peluncuran warganet telah sibuk mengkhawatirkan bagaimana menghadapi keramaian dan antrean nantinya.

1 thought on “Antusiasme Warganet Sambut BTS Meal, Kolaborasi McD x BTS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: