Antusiasme Warganet Menyambut Festival Seni di Tengah Pandemi: ARTJOG RESILIENCE

Masa pandemi Covid-19 masih belum berlalu, masyarakat masih harus membiasakan diri untuk terus bertahan di tengah pandemi ini. Meski demikian, di tengah masa adaptasi tersebut ARTJOG tetap menyelenggarakan festival seni yang diadakan pada setiap tahunnya. Lalu bagaimanakah sambutan warganet terkait kabar ini? Simak selengkapnya.

Melalui pantauan media monitoring Netray selama 06 Juli 2020–04 Agustus 2020 ditemukan sebanyak 365 cuitan seputar ARTJOG yang didominasi oleh cuitan bersentimen positif. Dengan total impresi mencapai 2,021 dan potential reach sebesar 773,8K.

ARTJOG merupakan salah satu pameran seni terbesar di Indonesia. Festival seni rupa kontemporer ini akan digelar di tengah adaptasi kebiasaan baru yang menjadi tantangan para seniman untuk terus berkarya meski berada di tengah keterbatasan. Pada tahun ini festival seni bertajuk ARTJOG: RESILIENCE akan diselenggarakan di Jogja National Museum pada 08 Agustus 2020 sampai dengan 10 Oktober 2020.

ARTJOG dan Antusiasme Warganet

Berdasarkan pantauan Netray terlihat perbincangan terkait topik ini mulai memuncak pada 10 Juli 2020 hingga 11 Juli 2020. Pada tanggal tersebut bertepatan pada saat akun @artjog mengumumkan terkait tetap diadakannya ARTJOG tahun ini. Sebelumnya, terlihat warganet khawatir tahun ini tidak akan diadakannya festival seni ini karena pandemi. Namun, kekhawatiran tersebut pun terbayar dengan diumumkannya ARTJOG tetap diadakan sehingga terlihat antusiasme positif warganet yang menyambut kabar tersebut.

Menyambut akan diselenggarakannya festival seni tersebut warganet mulai bertanya apakah ARTJOG dapat dikunjungi secara langsung seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Menjawab hal tersebut pihak ARTJOG menyampaikan bahwa festival ini belum dapat dikunjungi secara langsung, melainkan hanya melalui daring sehingga masyarakat dapat menikmati dengan #dirumahaja.

Kabar akan diselenggarakannya ARTJOG tahun ini menjadi kabar baik seperti sebuah oase di padang pasir. Pasalnya tidak sedikit dari masyarakat yang telah merasa jenuh menghadapi pandemi saat ini. Terlihat antusiasme warganet menyambut digelarnya salah satu festival seni terbesar di Indonesia ini. Meski demikian sebagian warganet masih harus bersedih karena tidak dapat berkunjung secara langsung.

Selain itu, menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru ini ARTJOG pun harus menyederhanakan penyusunan beberapa programnya sehingga untuk sementara program penghargaan untuk seniman muda (Young Artist Award) dan ARTJOG Daily Performance terpaksa tidak dilaksanakan.

1 thought on “Antusiasme Warganet Menyambut Festival Seni di Tengah Pandemi: ARTJOG RESILIENCE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: