Analisis Tagar Topik Novel Baswedan

Di awal Mei, kasus Novel Baswedan kembali menjadi perbincangan publik. Perkembangan baru terkait tuntutan 1 tahun penjara untuk dua terdakwa penyiram air keras Novel Baswedan menjadi sorotan di berbagai kanal media. Sejumlah kritik atas perlakuan hukum hingga isu kebebasan berpendapat menjadi yang paling kental diangkat dalam topik ini. Sentimen negatif pun menghiasi pembahasan terkait topik Novel Baswedan selama periode 11-17 Juni 2020. Lalu bagaimana perkembangan isu tersebut saat ini?

Netray kemudian memantau perkembangan topik Novel Baswedan di Twitter untuk melihat apakah topik ini masih ramai dibahas atau sudah mulai tenggelam? dan apakah isu yang berkembang masih seputar perlakuan hukum dalam kasus Novel atau sudah bergeser kepada isu lain? Berikut hasil pantauan Netray.

Perkembangan Topik Novel Baswedan

Dari pantauan Netray selama periode 16-22 Juni 2020, topik Novel Baswedan perlahan-lahan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dari total 12 ribu cuitan pada 16 Juni 2020, kini perbincangan topik hanya mencapai angka seribu perhari. Berikut tren pembahasan topik Novel Baswedan selama seminggu terakhir.

Dari kumpulan kosakata populer di atas terlihat bahwa isu keadilan hukum dalam kasus Novel Baswedan masih menjadi yang paling banyak dibahas. Masalah pelaku dan korban juga menjadi sorotan. Yang menjadi menarik, tagar #NovelBaswedan tidak lagi menjadi pusat perbincangan warganet, justru terlihat tagar #SandiwaraNovelJilid2 dan #RekayasaDidzolimi yang masuk dalam deretan trending utama. Oleh karena itu, Netray akan berfokus untuk membahas penggunaan tagar tersebut.

Penggunaan Tagar Terkait Topik Novel Baswedan

Dari kurva penggunaan tagar di atas, dapat diamati bahwa tagar #NovelBaswedan yang ramai digunakan sejak awal Mei lalu perlahan-lahan mulai mengalami penurunan di bawah angka seribu. Sementara itu, pada tanggal 16 Juni 2020 tagar #SandiwaraNovelJilid2 melambung tinggi mencapai angka di atas 4 ribu. Tagar ini mengalami penurunan yang cukup drastis di bawah angka seribu dan perlahan menghilang digantikan tagar #RekayasaDidzolimi yang naik pada 20 Juni 2020.

Tagar #SandiwaraNovelJilid2

Selama seminggu terakhir, tagar #SandiwaraNovelJilid2 telah digunakan oleh 3,8 ribu warganet Twitter. Tagar ini naik pada 16 Juni 2020 sekitar pukul 11.00-12.00 WIB dengan total mencapai 5,336 cuitan. Pertama kali digunakan oleh akun @LenjelMelah dengan topik seputar penyiraman air keras Novel Baswedan. Kemudian beberapa akun lain, seperti @antakara_86 dan @Robert_Moses turut menggunakan tagar ini.

Setelah menyoroti soal keadilan hukum yang dipertanyakan banyak pihak dalam kasus penyiraman air keras Novel Baswedan, akun-akun tersebut kemudian mengangkat kembali isu penegakan hukum dalam kasus pencurian sarang burung walet yang ditangani Novel Baswedan beberapa tahun silam.

Warganet juga menaikkan isu soal kebohongan pernyataan Novel terkait sakit yang ia derita. Termasuk di dalamnya adalah mempertanyakan kejanggalan kondisi mata Novel Baswedan dan membandingkan efek yang diderita korban luka air keras di beberapa kasus lain. Berikut beberapa Tweets Populer terkait tagar #SandiwaraNovelJilid2.

Netray kemudian mengamati Top Account dalam tagar #SandiwaraNovelJilid2 untuk melihat ada atau tidaknya pola jaringan/kelompok dalam tagar tersebut. Di sisi kiri merupakan akun yang paling banyak menaikkan tagar, baik itu menyebut dalam cuitan maupun membagikan ulang. Di sisi kanan merupakan akun yang paling banyak mendapat impresi terkait cuitannya yang bertagar #SandiwaraNovelJilid2.

Setelah ditelusuri, inisiator akun dalam tagar ini sebagian besar berada dalam satu kelompok jaringan. Perhatikan jaringan akun ketiga Top Inisiator berikut.

Akun @Robert_Moses, @LenjelMelahm dan @mulanbilqis memiliki pola jaringan yang saling berkaitan. Ketika salah satu akun menjadi pusat jaringan, maka kedua akun lainnya pun masuk dalam kelompok jaringannya. Deretan akun populer dalam tagar #SandiwaraNovelJilid2 juga mengangkat isu yang sama, yaitu soal perlakuan hukum dalam kasus pencurian sarang burung walet dan kejanggalan kondisi mata Novel Baswedan.

Tagar #SandiwaraNovelJilid2 menurun drastis sejak naik pada 16 Juni 2020. Bahkan, pada 21 Juni cuitan terkait tagar ini hanya ditemukan sebanyak 4 cuitan dan sudah tidak digunakan lagi pada 22 Juni 2020. Sementara itu, tagar #RekayasaDidzolimi bergantian naik. Berikut analisisnya.

Tagar #RekayasaDidzolimi

Tagar #RekayasaDidzolimi naik pada 20 Juni 2020 dengan keterlibatan akun mencapai 3,3 ribu dalam 5,280 total cuitan. Dari pantauan Netray, tagar ini pertama kali digunakan oleh akun @AryPrasetyo85 pada pukul 12.00-13.00 WIB.

Dalam cuitannya, ia mengangkat beberapa isu soal rekayasa buzzer dalam tuduhan narkoba Bintang Emon dan kasus penembakan Erwansyah dan Dedi Muryadi oleh Novel Baswedan beberapa tahun silam. Pada pukul 13.00-14.00 WIB, tagar ini kemudian banyak digunakan oleh akun-akun lain dengan mengangkat isu serupa.

Bagaimana dengan Top Inisiator dan Populer Account. Berikut hasil tangkapan Netray.

Dari kedua deretan Top Inisiator akun di atas dapat diamati bahwa Populer Account dan Inisiator Akun dalam tagar #RekayasaDidzolimi berada dalam satu pola kelompok atau saling mendukung satu sama lain. Bahkan, terlihat akun @AnakLolina yang merupakan inisiator tagar sebelumnya, yakni #SandiwaraNovelJilid2.

Selain mengungkap kembali penegakan hukum Novel Baswedan terhadap kasus pencurian sarang burung walet di tahun 20024 lalu, akun-akun tersebut juga menyoroti kejanggalan hasil rekam medis operasi mata Novel Baswedan yang ditayangkan di acara Mata Najwa.

Jaringan Percakapan Tagar Topik Novel Baswedan

Dari jaringan percakapan di atas, dapat diamati bahwa tagar #SandiwaraNovelJilid2 (node biru muda) dan #RekayasaDidzolimi (node merah) masih berkaitan. Hal ini terlihat dari akun @AnakLolina dan @Jenkkelin yang turut menggunakan kedua tagar tersebut bersama-sama untuk menaikkan isu serupa. Sementara tagar #NovelBaswedan yang ditandai dengan node putih memiliki jaringan sendiri-sendiri yang terpisah dari kedua tagar tersebut.

Demikian hasil analisis Netray terkait tagar yang berkembang dalam topik Novel Baswedan selama seminggu terakhir. Apabila sebelumnya isu untuk topik ini seputar peradilan hukum dalam kasus penyiraman air keras Novel Baswedan, di minggu ini isu yang berkembang sedikit bergesar. Sorotan soal peradilan hukum telah bergeser pada kasus sarang burung walet yang pernah ditangani Novel Baswedan pada beberapa tahun silam. Isu kebohongan rekam medis operasi mata Novel Baswedan juga ramai dibahas di minggu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: