Anak Meninggal karena Ruqyah, Warganet: Itu Pesugihan

ruqyah

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Minggu 16 Mei 2021 masyarakat Temanggung sempat dikagetkan dengan adanya laporan penemuan mayat bocah yang bernama Aisyah. Usut punya usut, laporan ini berasal dari keluarga korban, yakni kakek dan budhe dari Aisyah. Bocah malang ini ditemukan dalam kondisi yang mengenaskan di atas tempat tidurnya. Berdasarkan hasil penyidikan, bocah 7 tahun ini meninggal karena menjadi korban dukun bodong. Orang tua Aisyah yang menganggap anaknya ‘nakal’ berinisiatif membawanya berobat ke ‘orang pintar’ untuk dilakukan ruqyah. Alih-alih menjadi sembuh, nyawa bocah ini pun meregang karena kepercayaan mistis dari kedua orang tuanya.

Mistik dan budaya Indonesia merupakan dua hal yang masih berkaitan satu sama lainnya. Pada masa pra-sejarah, animisme dan dinamisme menjadi kepercayaan orang-orang Indonesia di zaman tersebut. Bahkan Kepercayaan akan benda bertuah hingga sesuatu yang ghaib masih sering kita jumpai di masyarakat kita hingga saat ini.

Berdasarkan fenomena tersebut, Media Monitoring Netray tertarik untuk melihat bagaimana masyarakat Indonesia yang diwakili oleh warganet memandang hal mistis di zaman sekarang. Lalu, seperti apa animo masyarakat ketika membicarakan hal-hal ghaib? Untuk mengetahui jawabannya simak ulasan Netray berikut ini.

Statistik Perbincangan Ruqyah

Netray memulai pemantauan dalam 2 pekan terakhir, yakni tanggal 10-21 Mei 2021. Hasilnya, ditemukan sebanyak 5.267 twit dengan total impresi sebanyak 21.6 ribu perbincangan terkait kata kunci aliran && sesat, ruqyah, rukiyah, dan mistis. Berdasarkan pantauan Netray, topik ini diperkirakan dapat menjangkau hingga 18.6 ribu akun. Hal ini membuktikan bahwa topik ini tengah mencuri perhatian warganet untuk diperbincangkan di dunia maya. Lalu apa yang tengah menjadi sorotan warganet?

Dengan fitur Top Words, kita dapat melihat apa yang menjadi garis besar perbincangan warganet pada topik ini. Pada gambar di bawah ini terlihat selain kata kunci terdapat kata sesat, anak, nakal, ortunya, dan dukun. Secara sekilas kita akan mengetahui perbincangan warganet terkait kata kunci ini ialah tentang pemberitaan kematian Aisyah yang menjadi korban ruqyah dukung bodong.

Kejadian ini pun sempat membuat geram warganet. Cuitan bernada negatif pun dilontarkan warganet yang ikut merasa kesal dengan perbuatan orang tua Aisyah. Warganet menilai kelakuan nakal bocah 7 tahun seperti yang dijadikan alasan kedua orang tua tersebut dirasa wajar karena pada usia tersebut seorang anak masih lah menjadi pengawasan orang tua.

Isu Pesugihan

Ritual ruqyah yang dijelaskan oleh kedua orang tua korban, yakni dengan cara menenggelamkan anak mereka membuat keluarga tak percaya hingga melaporkan kejadian ini ke kepolisian. Namun, tak hanya hukuman dari pihak berwajib, hujatan dari masyarakat yang diwakili oleh warganet pun banjir di kanal Twitter. Isu pesugihan berkembang di masyarakat. Hal ini membuat warganet berbondong-bondong ikut berkomentar atas isu tersebut.

Seperti cuitan yang diungkapkan oleh akun @dogerbabi yang beropini bahwa kejadian tersebut merupakan ritual pesugihan berdalih ruqyah. Warganet lainnya yang memiliki pendapat sama juga berkomentar bahwa kejadian ini merupakan modus kedua orang tua korban untuk menutupi ritual pesugihan yang mereka lakukan.

Top Account

Topik ini terus mendapat perhatian warganet Twitter hingga puncak perbincangan terjadi pada tanggal 18 Mei 2021 dengan total twit sebanyak 1.286. Akun YouTuber @nessiejudge menduduki urutan kedua pada jajaran Top People setelah akun @bertanyarl. Postingan Nessie yang membagikan ulang artikel pemberitaan tersebut mendapatkan hingga ribuan impresi dari warganet. Postingan ini dibanjiri komentar warganet yang merasa geram dengan kejadian tersebut.

Cerita Mistis Warganet

Beralih dari kasus Aisyah, dengan kata kunci yang dibubuhkan di atas, Netray juga menemukan beberapa kisah mistis yang dialami warganet dan dikisahkan melalui cuitannya. Seperti apa cerita tersebut?

Dikutip dari akun @akusukachatime_ yang mengisahkan kejadian saat dirinya melihat wanita menangis. Hal tersebut ternyata bukan hanya dialami oleh dirinya tapi juga dirasakan oleh tetanngganya. Tak hanya penampakan sosok ghaib, kejadian dunia paralel juga dialami oleh warganet dengan akun bernama @aboutdoyoung. Di cuitannya, @aboutdoyoung menceritakan tentang kejadian di keluarganya saat mencari barang yang hilang, merasa sudah mencari di tempat tersebut ternyata barang yang hilang keesokan harinya ditemukan di tempat yang sudah pernah dicari sebelumnya. Hal ini pun membuat warganet percaya dan tidak percaya dengan dunia paralel.

Kepercayaan atas hal ghaib dan dunia lain telah membudaya di masyarakat Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman, kemajuan ilmu dan teknologi juga telah mempengaruhi alam pikiran manusia sehingga kepercayaan akan benda bertuah dan hal ghaib sedikit ditinggalkan. Meskipun demikian, kasus seperti Aisyah tidak dapat dielakkan. Anggapan tentang adanya kekuatan ghaib masih dipercaya oleh beberapa masyarakat di masa sekarang sehingga kejadian irasional pun terjadi hingga menghilangkan nyawa seseorang. Dengan adanya kejadian ini, semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk mempercayai apa yang semestinya dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: