Account Monitoring Netray: Meneropong Eksistensi Ganjar Pranowo

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak yang signifikan kepada perilaku dan gaya hidup yang tidak lepas dari elektronik. Salah satu perkembangan teknologi yang memiliki pengaruh terbesar pada era ini ialah jaringan internet. Dikutip dari kominfo.go.id, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2019-kuartal II/2020 mencatat jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta jiwa. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 8,9% dari tahun 2018. Hasil survey APJII juga menunjukkan sebanyak 51,5% pengguna internet memanfaatkan hal ini untuk bersosial media, lainnya sebanyak 32,9% untuk komunikasi lewat pesan dan 5,2% untuk hiburan.

Penggunaan internet sebagai sarana bersosial media telah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia sebagai ajang untuk memperkenalkan diri dan berbagi informasi. Tak hanya khalayak umum, public figure seperti politisi pun kini sedang gandrung dengan media sosial, salah satunya adalah media sosial Twitter. Beberapa politisi telah dikenal warganet karena keaktifannya dalam bermain Twitter. Salah satunya kini ialah Ganjar Pranowo.

Seperti yang kita ketahui, Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jawa Tengah ini juga memiliki elektabilitas tinggi dalam pemilihan Pilpres 2024 mendatang. Menurut pantauan Netray sebelumnya terkait dengan survei Pilpres 2024, nama Ganjar Pranowo menduduki Top People fitur Media Monitoring Netray. Meski berbeda dengan hasil dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), media massa ternyata memiliki cara tersendiri untuk mengangkat nama Ganjar dalam topik tersebut. Sebagai kilas balik, berikut pantauan Media Monitoring Netray terkait dengan kata kunci Ganjar Pranowo dalam periode bulan ini. 

Ganjar Pranowo dalam Media Massa Indonesia

Berbekal tekonologi AI, Netray mampu membaca sentimen pemberitaan berdasarkan fitur sentimen analisis. Dalam 507 artikel yang memberitakan nama Ganjar, 291 artikel di antaranya memiliki label positit terhadap entitas Ganjar Pranowo, 47 artikel berlabel negatif, dan sisanya berlabel neutral. Lalu, seperti apa contoh pemberitaan yang memberikan impact positif dan negatif kepada entitas Ganjar Pranowo?

Berita Positif

Pada tanggal 1 Maret pemberitaan terkait Ganjar didominasi oleh berita tentang  peresmian KRL Jogja-Solo. Dapat dilihat dari gambar di atas, berita tentang manfaat KRL dan momen Ganjar dengan Jokowi memberikan sumbangan positif terhadap sosok figur ini. 

Berita Negatif

Hampir tidak memiliki pemberitaan bernada negatif, namun media massa bukanlah media yang tentunya tidak ingin lepas dari perhatian publik. Dengan memberikan judul yang mengundang ‘klik’ tentunya media berita harus memiliki strategi pemberitaan yang mampu mencuri perhatian. Salah satunya ialah pemberitaan yang ‘mungkin’ saja memberikan dampak negatif untuk sebuah subjek. Seperti halnya contoh di atas, di tengah pemberitaan terkait bursa calon Pilpres 2024, media Suara menyumbang artikel dengan judul Pengamat Politik Sebut Ganjar Pranowo Tak Miliki Peluang Jadi Capres 2024. Netray membaca negatif artikel tersebut. Selain memiliki kosakata yang berkonotasi negatif, ternyata pemilihan diksi tersebut juga memberikan gambaran negatif untuk sosok Gubernur Jateng tersebut. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa Ganjar Pranowo dinilai belum memiliki kans besar untuk dicalonkan menjadi Presiden RI pada Pilpres 2024 mendatang.

Top Entitas

Fitur di atas merupakan fitur Top Entities yang berisikan tentang entitas-entitas yang berkaitan dengan kata kunci. Dengan kata kunci Ganjar Pranowo, nama Joko Widodo menduduki kategori Top People dalam topik ini. Tentunya hal ini berkaitan dengan kepemerintahan yang dipimpin Ganjar Pranowo di bawah naungan Presiden Jokowi. Selain itu terdapat nama Anies Baswedan dan Ridwan Kamil yang menunjukkan pemberitaan terkait ketiga subjek ini ialah berita tentang Pilpres 2024.

Pada kategori Top Organizations, Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah sebagai lokasi kepemimpinan Ganjar menjadi urutan pertama. Disusul dengan PDIP sebagai partai yang menaunginya. Top Facilities diduduki oleh beberapa fasilitas-fasilitas yang berada di wilayah Jawa Tengah, seperti Stasiun Klaten hingga Stasiun Tugu.

Top Portal

Berita terkait Ganjar Pranowo tentunya banyak disumbang oleh media berita lokal, seperti Tribun Solo, Solo Pos, dan Jawa Pos. Hal tersebut juga dapat dilihat dari fitur Top Portal di atas. Tribun Solo menduduki tingkat pertama sebagai media yang paling banyak memberitakan kata kunci ini dengan jumlah 34 artikel

Ganjar Pranowo dalam Media Twitter

Selain media massa, kini media Twitter juga memiliki kekuatan untuk memperkenalkan seseorang atau bahkan memperkenalkan diri untuk khalayak umum. Media Monitoring Netray memiliki 4 wadah pemantauan, yakni News, Instagram, Facebook, dan Twitter. Kali ini, dengan subjek Ganjar Pranowo, Netray akan memantau eksistensi Ganjar dalam jagat maya Twitter. Sama halnya dengan media berita, fitur apa saja yang dapat disajikan Netray untuk memantau kata kunci ini pada kanal Twitter?

Statistik Ganjar di Kanal Twitter

Dengan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan media berita, Ganjar Pranowo diperbincangkan warganet Twitter sebanyak 3 ribu lebih twit dengan total 1.271 twit positif dan 619 twit negatif.

Twit Positif dan Negatif

Gambar di atas merupakan beberapa twit yang memberikan impact positif terhadap entitas Ganjar Pranowo. Perbincangan yang memiliki makna pujian dan dukungan telah dilabeli positif untuk topik ini. Salah satu akun yang mengungkapkan dukungannya terhadap sosok ini ialah @AnakLolina2.

Contoh sumbangan negatif ditwitkan oleh akun-akun yang mengkritik kinerja atau perpolitikan yang menyangkut Ganjar dan partai yang menaunginya. Seperti contoh di atas, akun @ChusnulCh__ memberikan ucapan selamat yang memiliki makna sarkas atas dilantiknya Gibran sebagai walikota Solo. Dalam cuitannya, @ChusnulCh__ menyangkut pautkan dengan kader-kader parpol Ganjar yang berhasil menjadi pemimpin.

Top Account

Fitur Top Accounts Netray digunakan untuk melihat akun-akun yang memiliki interaksi tinggi terkait twit dengan kata kunci tersebut (sort by popularity) dan frekuensi akun-akun yang mencuitkan kata kunci tersebut (sort by count). Dapat dilihat dari gambar di atas, akun @ChusnulCh__ menduduki urutan pertama dalam fitur tersebut. Jika dilihat pada contoh di twit sebelumnya, akun tersebut memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam mencatut nama Ganjar pada twitnya. Dan tak hanya itu, setiap twit yang diunggahnya juga memiliki impresi hingga ratusan.

Account Monitoring

Fitur Account Monitoring adalah salah satu fitur yang terdapat pada kanal Twitter yang dapat digunakan sebagai media untuk melihat seberapa tinggi intensitas suatu akun dalam bermedia sosial pada periode tertentu. Berikut akan kita simak keramah-tamahan sosok Ganjar Pranowo dalam bermedia sosial Twitter. 

 

Apabila melihat salah satu cuitan positif netizen di atas, akun tersebut menyatakan Ganjar Pranowo merupakan salah satu pemimpin yang memanfaatkan media sosial Twitter untuk membagikan informasi secara efektif kepada khalayak umum. Hal ini juga terbukti dari fitur Account Monitoring yang dimiliki Netray. Dilihat dari gambar di atas, selama periode 1-15 Maret 2021 Ganjar Pranowo telah mencuitkan sebanyak 43 ribu lebih twit dan 9.950 retweet. Berikut ini adalah grafik jumlah akun yang me-mention Ganjar, grafik pergerakan followers, serta Top Mentioners yang dihimpun Netray dari fitur Account Monitoring ini.

Top Tweets dan Top Mentions

Dari gambar di bawah ini dapat dilihat beberapa Top Tweets dan Top Mentions yang terjaring oleh Netray selama periode pemantauan terkait Account Monitoring milik Ganjar Pranowo.

Impresi yang diperoleh dari setiap twit yang diunggah oleh Ganjar mendapat puluhan hingga ratusan like dan retweet. Hal ini menunjukkan bahwa akun ber-followers 1,9 juta tersebut memiliki pengikut aktif. Hal ini dapat dibuktikan dari gambar grafik sebelumnya (account peak time) yang menunjukkan jumlah akun yang menandai Ganjar mencapai puluhan akun.

Demikian pantauan Media Monitoring Netray terkait salah satu public figure, yakni Ganjar Pranowo. Kekuatan media massa dan media sosial dalam bersosial pada era ini ternyata mempu memberikan dampak dan perubahan gaya hidup. Sebagai pemimpin daerah, Ganjar Pranowo telah memanfaatkan era digital ini untuk berbagi informasi yang dinilainya lebih efektif dan mampu diterima masyarakat digital dengan mudah. Hal ini terlihat pada fitur Account Monitoring Netray yang menunjukkan bahwa jumlah aktivitas berupa retweet hingga mencapai ribuan dan grafik jumlah followers yang terus bertambah pada periode pemantauan.

Bagaimana dengan public figure yang lainnya? Pantau Netray untuk ulasan sosok lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: