6 Provider WiFi yang Bisa Jadi Pilihanmu untuk Terus #DiRumahAja

Kondisi pandemi yang tak kunjung usai memaksa sebagian besar kegiatan harus kita lakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar, bekerja, hingga menghabiskan waktu luang. Wajar apabila konsumsi internet kita semakin tinggi dewasa ini. Anggaran untuk paket data yang sebulan biasanya hanya puluhan ribu bisa jadi ratusan ribu sekarang. Apalagi jika semua anggota keluarga produktif menggunakan internet setiap harinya. Maka tak heran apabila banyak yang beralih menggunakan wifi untuk menghemat pengeluaran. Nah, kira-kira provider mana yang cocok untuk kamu? Berikut beberapa provider wifi yang paling banyak diperbincangkan warganet di Twitter. Kuy simak, barangkali ada yang jadi incaranmu.

  • IndiHome
  • First Media
  • MNC Play
  • Biznet
  • XL Home
  • MyRepublic
  • Provider Wifi

1. IndiHome

wifi indihome

Provider wifi dari Telkom Indonesia yang dikenal memiliki jangkauan luas ini paling banyak dikenal dan digunakan masyarakat. Maka tak heran apabila beberapa kali Indihome menjadi trending lantaran masalah koneksi jaringan yang mendadak down di berbagai wilayah. Meski demikian Indihome tetap menjadi pilihan warganet mengingat harga paketnya yang cukup murah dan jangkauan internet yang sudah mengcover sebagian besar wilayah Indonesia.

2. First Media

Layanan internet ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hiburan dan TV kabel. Kamu bisa menikmati 179 channel lokal dan internasional dengan kualitas HD 4K dan kualitas suara Dolby Digital. Hingga akhir 2020, First Media telah menjangkau 23 kota di Indonesia. Kecepatannya 15 Mbps hingga 300 Mbps dengan tarif langganan mulai Rp360.000 per bulan.

3. MNC Play

MNC Play adalah provider internet yang memiliki kecepatan tertinggi di Indonesia. Provider ini memiliki kapasitas network yang mencapai 10 Gbps dan menyediakan 180 channel TV lokal maupun internasional. Harga paket MNC Play WiFi mulai Rp 290.00 ribu per bulan dengan kecepatan up to 10 Mbps. Namun layanan MNC Play baru bisa dinikmati di 6 kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Medan. Pada tanggal 11 Juli 2021, MNC Play banyak disebut-sebut lantaran terjadi trouble di berbagai wilayah. Selain masalah jaringan, komplain yang paling banyak adalah soal tagihan Euro Soccer yang dibebankan kepada pelanggan tanpa persetujuan.

4. Biznet Home

Biznet Home adalah layanan internet Wi-Fi ultra cepat yang diperuntukkan bagi pengguna perumahan dan apartemen. Kecepatan koneksinya mencapai 150 Mbps. Biznet pun menyediakan pilihan paket kombo internet dan TV kabel atau internet saja. Paket WiFi mulai dari Rp325.000 per bulan untuk kecepatan up to 75 Mbps. Namun, untuk biaya pemasangan perdana Biznet memberikan harga Rp750.000 dan biaya sewa perangkat Rp900.000. Jaringan Biznet telah tersedia di lebih dari 110 kota yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.

5. XL Home

Saat ini, XL Home telah melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Biaya berlangganan mulai dari Rp279.000 per bulan dengan kecepatan koneksi up to 30 Mbps. Paket internet XL Home sudah dilengkapi dengan XL Home Entertainment Box dengan teknologi Android teranyar yang bisa mengubah TV biasa menjadi smart TV untuk mengakses Netflix, Catchplay+, Iflix, serta layanan Vidio, YouTube, dan aplikasi yang tersedia di Play Store. 

6. MyRepublic

MyRepublic merupakan salah satu provider yang patut diperhitungkan untuk para pecinta gamer karena menyediakan paket tersendiri untuk gamer. Harga berlangganan paket Basic 10 Mbps mulai dari Rp199.000 per bulan. Sejauh ini layanan MyRepublic baru dapat dijangkau di Bekasi, Bogor, Tangerang, Cibubur, Depok, Jakarta, Malang, Semarang, Surabaya, Medan, dan Palembang.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Provider Wifi

Dari pantauan Netray, komplain warganet seperti lemot, down, gangguan jaringan, hingga keterlambatan respon dari Layanan Pelanggan masing-masing provider selalu ada di setiap harinya. Meski demikian, masing-masing provider memiliki keunggulan tersendiri sesuai kebutuhan konsumen. Faktor yang menjadi pertimbangan warganet biasanya seputar kecepatan dan atau kestabilan koneksi, harga paket yang ditawarkan, hingga jangkauan layanan. 

Nah, itu tadi 6 pilihan provider penyedia layanan internet yang banyak diperbincangkan di Twitter dan bisa jadi pertimbangan jika kamu ingin memasang WiFi di rumah. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: