5 Tahun Ruangguru: Bagaimana Tanggapan Warganet?

Beberapa tahun terakhir, Ruangguru menjadi salah satu bimbel online yang digandrungi kaum pelajar masa kini. Model bimbingan belajar praktis dan kemasan visual yang kreatif menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar yang malas berkutat dengan buku dan bacaan. Di pertengahan Juli 2019 ini, pembahasan terkait Ruangguru di Twitter mengalami kenaikan cukup tajam. Perayaan ulang tahun yang disiarkan di sepuluh stasiun televisi nasional menjadi perbincangan hangat warganet. Kira-kira apa saja topik yang dibahas warganet Twitter ketika membicarakan soal Ruangguru? Lalu, bagaimana tanggapan warganet terkait perayaan ulang tahun Ruangguru tersebut? Mari kita simak hasil penelusuran sosial media monitoring Netray beserta ulasannya sebagai berikut.

Infografik Pembahasan Ruangguru di Twitter

Gambar 1. Total Jangkauan, Sebaran Jenis Kelamin dan Perangkat Pengguna

Gambar 1 memperlihatkan total jangkauan, sebaran jenis kelamin dan perangkat pengguna yang membahas ruangguru pada rentang waktu 11-20 Juli 2019. Jumlah total perkiraan pengguna Twitter yang membicarakan topik ini ialah sebanyak 26,1 ribu akun dengan total tayangan sebanyak 43,4 juta kali. Dilihat dari persebaran jenis kelamin pengguna, akun dengan nama laki-laki lebih banyak daripada akun dengan nama perempuan. Sementara itu, penggunaan perangkat mobile phone untuk mengakses Twitter masih mendominasi daripada melalui web/dekstop.

Gambar 2. Grafik Cuitan Warganet Terkait Ruangguru

Gambar 2 memperlihatkan grafik cuitan warganet terkait pembahasan Ruangguru di Twitter. Selama pertengahan Juli 2019, terdapat 7.388 cuitan yang menyebut ataupun membicarakan Ruangguru di Twitter. Pembahasan terkait topik ini mulai mengalami kenaikan pada 14-15 Juli 2019, dengan kisaran angka mencapai 1500-an. Setelah itu, pembahasan menurun kembali sebelum mengalami puncak kenaikan pada 18 Juli 2019 dengan total 1.784 cuitan. Kira-kira apa yang menjadi penyebab cuitan melonjak tajam pada tanggal-tanggal tersebut? Apa yang dibahas warganet Twitter? Berikut penjelasannya.

Warganet Bahas Apa?

Sebelum membahas satu persatu penyebab lonjakan cuitan pada 14, 15, dan 18 Juli, berikut Netray sajikan gambaran kosakata yang paling banyak disebut warganet dalam pembahasan terkait Ruangguru.

Gambar 3. Kosakata Populer dalam Pembahasan Ruangguru

1. Ruangguru Festival

Gambar 3. Cuitan 14 Juli

Gambar di atas menunjukkan grafik cuitan warganet pada 14 Juli 2019. Dari Gambar 6 di atas dapat diketahui bahwa cuitan warganet cukup sginifikan pada pukul 00:00-18:00 dengan kisaran cuitan antara 5-30 cuitan perjam. Kemudian cuitan melonjak pada pukul 19:00 dengan total 539 cuitan. Dari penelusuran Netray, diketahui bahwa pada jam tersebut warganet banyak membahas acara Ruangguru Festival Tahun Ajaran 2019/2020 yang disiarkan di 10 stasiun tv nasional mulai pukul 19:00. Acara tersebut dimeriahkan oleh sejumlah Brand Ambassador Ruangguru.

Pembahasan terus berlanjut hingga pukul 22:00, kemudian mucul cuitan warganet yang mengusulkan Jaemin untuk dijadikan Brand Ambassador Ruangguru. Cuitan tersebut mendapat tanggapan warganet lain dan terus dibicarakan sampai di hari berikutnya, 15 Juli 2019.

Cuitan @yunogurl bahkan disukai sebanyak 85 kali dan dibagikan 11 kali oleh warganet lain. Isu ini terus dibahas sampai hari berikutnya sebelum turun kembali pada 16 Juli 2019.

2. Antusiasme Warganet Meminta Jaemin Jadi Brand Ambassador Ruangguru

Gambar 4. Cuitan 15 Juli

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa cuitan warganet pada 15 Juli 2019 mengalami kenaikan pada pukul 15:00 hingga memuncak pada 18:00 dengan total sebanyak 293 cuitan. Lonjakan cuitan ini dipicu oleh naiknya kembali isu Jaemin sebagai Brand Ambasador (BA) Ruangguru. Bahkan, beberapa warganet sampai menuliskan cuitannya dengan menggunakan huruf kapital untuk menarik perhatian @ruangguru

Bahkan, karena saking banyaknya cuitan warganet yang menandai ruangguru dengan huruf kapital, @ruangguru pun akhirnya menanggapi fenomena tersebut dan membuka harapan untuk warganet terkait permintaan Jaemin sebagai BA Ruangguru.

3. Puncak Perayaan Ulang Tahun Ruangguru Ke-5

Perayaan ulang tahun Ruangguru pada 18 Juli 2019 menjadi perbincangan hangat di Twitter. Berikut grafik cuitan warganet pada tanggal tersebut.

Gambar 5. Cuitan 18 Juli

Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa cuitan warganet pada 18 Juli 2019 mengalami kenaikan tinggi pada pukul 19:00. Dari penelusuran Netray, warganet banyak membahas acara puncak Perayaan Ulang Tahun Ruangguru Ke-5 yang disiarkan di 10 stasiun televisi sebagai kelanjutan dari Ruangguru Festival pada 14 Juli lalu.

Ruangguru di Twitter

Gambar 6. Kurva Sentimen Ruangguru

Gambar 9 memperlihatkan kurva sentimen dari cuitan warganet yang membahas Ruangguru di Twitter. Dari kurva di atas dapat diketahui bahwa pembahasan ruangguru di Twitter didominasi oleh sentimen positif. Puncak sentimen positif terjadi pada 18 Juli 2019, yaitu sebanyak 605 cuitan dengan dominan isu seputar Perayaan Ulang Tahun Ruangguru.

Banyak warganet yang merasa kagum dan turut berbahagia atas pencapaian Ruangguru di ulang tahun kelimanya. Akan tetapi, dilihat dari kurva sentimen pada Gambar 6 di atas dapat dipahamai bahwa sentimen negatif juga mendominasi pada tanggal yang sama. Artinya, meskipun banyak warganet yang kagum dan merasa bangga dengan perayaan ulang tahun Ruangguru di 10 stasiun televisi, tidak sedikit pula warganet yang kesal dengan penayangan serentak tersebut.

Cuitan di atas merupakan salah satu bentuk kekesalan warganet terkait penayangan serentak yang dilakukan Ruangguru. Pasalanya, tidak semua warganet ingin menonton acara tersebut dan justru merasa terganggu karena tidak bisa menonton acara yang disukainya. Namun demikian, rasa bangga dan kekaguman warganet terkait strategi marketing Ruangguru dalam memasarkan produknya hingga sejauh ini tetap banyak menghiasi perbincangan di Twitter. Lima tahun berdiri dan sudah mampu meraih pencapain tersebut adalah hal yang membanggakan. Selamat ulang tahun Ruangguru, semoga terus berkembang dan berinovasi dalam mensejahterakan pendidikan pelajar Indonesia.

3 thoughts on “5 Tahun Ruangguru: Bagaimana Tanggapan Warganet?

  1. Kalau menurut aku ini adalah salah satu pencapaian yang wow banget,
    bagaimana tidak, dalam waktu 5 tahun ruangguru sudah berubah menjadi unicorn, merebut dan menjadi yang terdepan diindonesia. Pencapaian yang sangat membanggakan, banyak memberikan perubahan ke bangsa ini, memberikan solusi belajar ke para anak bangsa, mempermudah anak milenial dan lainnya.

  2. Semakin nyata langkah dan aksi nyata Ruangguru dalam upayanya mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara dan prestasinya sampai diakui Presiden dan Mentri. Tentu saja pencapaian ini membuat pesaingnya juga berlomba-lomba mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam promosi produk.

    tapi seperti yang kita ketahui bersama , bahwasanya rakyat Indonesia masih banyak yang ekonominya menengah ke bawah tapi tetap aim high, yaitu mengincar pendidikan yang tinggi…. dan sarananya adalah bimbel online yang semakin maju dan banyak pemakainya

  3. Aplikasi yang akhir akhir banyak diperbincangkan warganet indonesia terlebhis setelah tayangan ulang tahun dan ditambah lagi setelah mengadakan konser dengan menggaet bintang korea saya pikir cukup banyak cuitan bagus mengenai ruangguru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: