BerandaCurrent Report5 Film Horor Indonesia Paling Ditunggu Warganet

5 Film Horor Indonesia Paling Ditunggu Warganet

Published on

Euforia film KKN di Desa Penari belum sepenuhnya berakhir sebab jumlah penontonnya di bioskop terus bertambah hampir menembus 9 juta penonton. Namun sederet film horor sudah mengantre untuk segera tayang di layar bioskop, seolah Film KKN di Desa Penari jadi momentum dimulainya parade film horor.

Akan mulainya parade film horor itu jadi ramai diperbincangkan warganet Twitter. Media monitoring Netray mencoba mengintip perbincangan warga Twitter selama periode 1 Januari-30 Mei 2022 untuk melihat apa saja film horor Indonesia yang sedang ramai dibicarakan dan paling ditunggu apabila dilihat dari jumlah perbincanganya di Twitter. Berikut hasil penelusurannya.

1. Pengabdi Setan 2: Communion

Melanjutkan kesuksesannya, Joko Anwar, penulis sekaligus sutradara Pengabdi Setan (2017) mengumumkan akan merilis kelanjutan film ini dengan judul Pengabdi Setan 2: Communion pada akhir tahun 2021. Kemudian pada 27 Januari 2022, melalui akun Twitternya @jokoanwar, ia membagikan mini teaser Pengabdi Setan 2. Meskipun hanya berupa audio 33 detik tanpa gambar, film ini menarik perbincangan hangat di Twitter.

Gambar 1. Statistik perbincangan topik Pengabdi Setan 2

Dari pantauan media monitoring Netray, kata kunci “pengabdi setan 2” selama 1 Januari sampai 30 Mei 2022 dibicarakan sebanyak 866 twit dan meraih 15,9 ribu impresi dari warganet Twitter. Topik ini memiliki potensi jangkauan hingga 15,1 juta akun Twitter. Apabila pada Pengabdi Setan 1, kita disajikan dengan eksplorasi rumah berlantai 2, Pengabdi Setan 2 disebut akan mengeksplorasi sebuah bangunan dengan 14 lantai. Film ini akan tayang di bioskop pada 4 Agustus 2022.

Perbincangan film ini di Twitter didominasi oleh sentimen positif. Sebab, banyak warganet yang menanti film ini setelah sejumlah cuplikan seperti teaser dan poster hingga jadwal tayang muncul satu-persatu. Bahkan, dalam perbincangan soal film horor paling ditunggu yang dilemparkan oleh akun @moviemenfes, Pengabdi Setan 2 menjadi yang paling banyak disuarakan.

Namun, ada sejumlah warganet yang mengisi perbincangan dengan muatan sentimen negatif ketika membicarakan kemungkinan film ini dianggap gagal apabila tidak bisa memenuhi ekpektasi warganet yang menganggap film ini akan lebih unggul dari KKN Desa Penari yang meraih 8 juta penonton hingga artikel ini ditulis.

2. Keramat 2

Gambar 2. Statistik perbincangan topik Keramat 2

Beredar luas poster film Keramat 2 setelah sutradara Monty Tiwa mengunggahnya di akun Instagram dan dilanjutkan oleh akun @moviemenfess dalam sebuah diskusi di Twitter. Keramat 2 menjadi film horor Indonesia yang paling ditunggu warganet setelah Pengabdi Setan 2.

Keramat 2 merupakan sekuel dari film Keramat yang dirilis pada 2009 silam. Meski ramai dibicarakan di Twitter dan sempat jadi trending, hingga artikel ini ditulis belum banyak informasi yang tersedia tentang film Keramat 2 kecuali poster yang diunggah Monty Tiwa. Termasuk kapan tayangnya film Keramat 2 atau siapa saja pemainnya. Hanya disebutkan bahwa film ini akan melanjutkan kisah dari film perdananya yang dirilis tahun 2009.

Dari pantauan Netray, kata kunci “keramat 2” hingga 30 Mei telah dibicarakan dalam 472 twit yang didominasi oleh sentimen positif. Antusiasme warganet terlihat kompak menantikan film ini. Beberapa dari mereka juga mengungkapkan bahwa film Keramat 1 merupakan film horor Indonesia yang paling sukses membuat bulu kuduk merinding meski tidak menampakkan visual yang mengerikan. Suasana yang mencekam dari film model dokumenter ini berhasil membuat warganet menaruh harapan positif terhadap kesuksean sekuel keduanya.

Seperti diketahui, Keramat (2009) mengisahkan perjalanan anggota tim produksi film dari Jakarta. Mereka hendak melakukan pra-shooting di Bantul. Dengan style kota besar, mereka memasuki daerah yang disucikan dan keramat.

Keramat menggambarkan bagaimana masyarakat urban mengusik tabu, sehingga kejadian demi kejadian aneh mereka alami, sampai ke titik di mana calon pemeran utama wanita dirasuki roh halus, hingga hilang tanpa jejak.

3. Mumun

Sebelum diangkat ke layar lebar, Mumun lebih dahulu populer lewat sinetron berjudul Jadi Pocong. Sinetron komedi misteri ini tayang di Indosiar pada Juni 2002 hingga Oktober 2003. Sinetron yang menghibur masyarakat Indonesia selama dua musim 33 episode ini terkenal dengan jargonnya, “Bang, aye Mumun, Bang”.

Gambar 3. Statistik perbincangan topik Mumun

Menggaet Acha Septriasa, film Mumun ini akan digarap oleh Rizal Mantovani dan disebut akan tayang pada tahun 2022. Sejak @WatchmenID membagikan poster Mumun pada 13 Mei 2022, cuplikan poster Mumun bertebaran di Twitter. Warganet pun aktif membicarakan film ini dan memasukkan Mumun ke dalam deretan film paling ditunggu di tahun 2022.

Akan tetapi belum ada informasi resmi terkait jadwal penayangan film ini meskipun poster dan beberapa potret adegan telah bertebaran di Twitter.

4. Sewu Dino

Gambar 4. Statistik perbincangan topik Sewu Dino

Sewu Dino merupakan cerita horor yang ditulis oleh @SimpleMan dalam bentuk thread Twitter. Sama seperti KKN di Desa Penari yang ia tulis, kisah ini juga meraih banyak impresi dari warganet. Tidak heran jika warganet yang menanti cerita ini diadaptasi ke dalam sebuah film. Apalagi ketika muncul poster terkait adaptasi film Sewu Dino yang di dalamnya tertulis MD pictures. Di Twitter, kata kunci “film && sewu dino” dibicarakan sebanyak 292 kali dan meraih 24,2 juta impresi.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-55.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-51.png

Sewu Dino menceritakan tentang santet seribu hari yang dikirim untuk menghabisi garis keturunan keluarga Atmojo. Untuk menyelamatkan keturunannya, keluarga Atmojo mempekerjakan 3 wanita bernama Sri, Dini, dan Erna dengan imbalan gaji yang cukup besar. Namun, mereka tidak mengetahui pekerjaan apa yang harus dilakukan. Mereka mulai menyadari adanya keganjilan setelah sadar bahwa mereka memiliki kesamaan neptu dengan Dela Atmojo, cucu keluarga Atmojo yang terkena santet sewu dino. Sejak itu, kejadian demi kejadian ganjil dan mengerikan mereka temui.

Meskipun belum ada informasi jelas kapan Sewu Dino tayang di bioskop, warganet telah memasukkan judul ini ke dalam deretan film paling ditunggu di tahun 2022. Ada juga warganet yang menandai sutradara Joko Anwar untuk menggarap film ini karena kisah yang ditulis @SimpleMan ini sangat apik sehingga harus divisualkan dengan apik olehnya.

5. Ivanna

Gambar 5. Statistik perbincangan topik Ivanna

Ivanna merupakan film horor Indonesia garapan Kimo Stamboel yang disebut akan tayang pada 14 Juli 2022 mendatang. Film ini merupakan adaptasi daru novel berjudul Meruntih Berang Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati. Film yang dibintangi oleh Caitlin Halderman, Jovarel Callum, dan Junior Roberts ini merupakan penggalan dari film Danur 2: Maddah sebagai bagian dari semesta Danur.

Di Twitter, kata kunci “ivanna” muncul dalam 150 twit dengan total 22,6 juta impresi. Perbincangan ini mulai aktif setelah akun @bicaraboxoffice mencuitkan jadwal tayang Ivanna di bioskop. Mengutip Lembaga Sensor Film Indonesia, film ini mengisahkan Ambar dan keluarganya yang mendapat teror saat merayakan Lebaran di Bandung. Ambar memiliki keterbatasan penglihatan tetapi mampu melihat hal-hal yang tidak dapat dilihat orang lain.

Keluarga Ambar diteror oleh sosok hantu bernama Ivanna, perempuan cantik asal Belanda yang berambut pirang. Hantu Ivanna sangat membenci orang-orang berparas Melayu, perempuan cantik, dan keluarga bahagia. Itu karena Ivanna merupakan korban ketidakadilan pada masa transisi antara kolonial Belanda dan Jepang. Kebaikan keluarga Ivanna terhadap masayarakat pribumi, pada masa itu justru dikhianati hingga ia akhirnya tewas mengenaskan.

Demikian 5 film horor Indonesia yang paling ditunggu warga Twitter saat ini. Sebagian sudah ada jadwal tayangnya, namun ada juga yang masih hanya berupa poster dan belum ada informasi lebih lanjut.

Simak pantauan dan informasi lainnya di analysis.netray.id dan analsis mendalam di medium.com/@netrayID

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Tiga Provinsi Baru di Papua Jadi Bukti Keseriusan Pemerintah (?)

Pemerintah resmi mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) daerah otonom baru (DOB) Papua pada tanggal 30...

Polemik Ma’ruf Amin Soal Fatwa Ganja Untuk Medis

Sikap dukungan yang ditunjukkan Ma'ruf Amin terkait ganja untuk medis menuai polemik di media...

Tutup 12 Gerai Holywings, Anies Baswedan Raih Simpati Publik

Pemprov DKI resmi mencabut izin operasi Holywings dan menutup 12 gerai yang berada di...
%d blogger menyukai ini: