4 Band Indie Pilihan Warganet Twitter: Apakah Idolamu Termasuk?

Istilah musik indie atau band indie akhir-akhir ini kerap dikaitkan dengan para penikmat kopi dan senja. Musik beraliran indie bukan merupakan hal yang baru. Indie merupakan aliran Pop Alternatif yang muncul pada era 1980an di Inggris. Biasanya, istilah indie juga digunakan untuk kelompok musik yang berkarir secara indipenden. Oleh karena itu, para pelaku yang terlibat di dalamnya berkarya secara mandiri dan memiliki kebebasan dalam berkarya.

Tidak hanya dalam berkarya, demikian halnya dalam pemasaran karya-karya tersebut. Dewasa ini, banyak kelompok atau penyanyi solo indie yang bermunculan di Indonesia. Hal tersebut didukung oleh era yang serba mudah sehingga mereka dapat berkarya dan memasarkan karya mereka lewat berbagai platform maupun media sosial. Berikut hasil analisa dan pengamatan lewat sosial media monitoring Netray.

Band Indie
Gambar 1. Kata Kunci dan Rentang Waktu Pencarian

Pada topik ini, Netray mengumpulkan data sejak tanggal 1 Juni 2019 hingga 20 Juni 2019. Selama 20 hari Netray mengumpulkan data dengan berbagai kata kunci terkait dengan topik.

Gambar 2. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Melalui hasil pencarian dalam rentang waktu tersebut, ditemukan sebanyak 2.872 total cuitan warganet Twitter. Selain itu, dapat diketahui bahwa cuitan tersebut lebih banyak dilontarkan oleh laki-laki dibanding perempuan dengan jumlah yang tidak signifikan. Dengan total perbandingan tersebut cuitan bersentimen positif mendominasi sebaran sentimen pada topik ini.

Gambar 3. Cuitan Warganet Selama 1-20 Juni 2019

Sementara itu, puncak cuitan terjadi pada tanggal 20 Juni 2019. Pada tanggal tersebut ditemukan sebanyak 477 cuitan warganet terhadap topik terkait. Melalui cuitan tersebut dapat diketahui Band atau Penyanyi Indie favorit warganet Twitter, berikut urutannya.

1. Fiersa Besari

Pria kelahiran Bandung, 03 Maret 1984 ini merupakan seorang penulis lagu dan juga penulis novel. Namanya tentu sudah tidak asing lagi bagi penikmat musik indie. Selain dikenal sebagai penulis lagu dan novel , Fiersa Besari juga aktif di Twitter dengan cuitan yang dianggap warganet sebagai kata-kata bijak yang sering di-retweet. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah mention Twitternya yang mencapai 1.417 dalam rentang waktu 01-20 Juni 2019.

Gambar 4. Total cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Melalui gambar di atas dapat diketahui jumlah mention bersentimen positif juga mendominasi jumlah mention tersebut dengan cuitan lebih banyak dilontarkan oleh kaum adam. Berikut salah satu tweet yang dikutip oleh Netray.

Gambar 5. Salah Satu Mention Fiersa Besari

2. Payung Teduh

Dikenal dengan lagu “Angin Pujaan Hujan” dan “Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan” di awal debut, Payung Teduh dianggap sebagai Band Indie yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebut diketahui melalui warna musik mereka yang beraliran fusi, keroncong dan jazz.

Gambar 6. Total cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Payung teduh merupakan salah satu band indie favorit warganet Twitter. Hal tersebut dapat dilihat melalui pantauan Netray dengan rentang waktu yang sama. Payung Teduh memperoleh mention sebanyak 506 dengan sebaran cuitan bersentimen positif mendominasi dan total gender laki-laki lebih banyak dibanding dengan perempuan. Berikut salah satu cuitan warganet untuk Payung Teduh.

Gambar 7. Salah Satu Mention Payung Teduh

Meskipun memiliki jumlah penggemar yang tidak sedikit, sayangnya Band ini telah mengubah formasi mereka. Hal tersebut dikarenakan hengkangnya Is yang semula merupakan vokal di Payung Teduh. Meski demikian Payung Teduh tidak berhenti karya dengan lagu-lagu terbaru mereka.

3. Banda Neira

Terdiri dari Ananda Badudu dan Rara Sekar grup musik ini tentu sudah dikenal dan digandrungi penikmat musik indie. Berkarya selama empat tahun Banda Neira telah melahirkan dua buah album, yakni Di Paruh Waktu (2013) dan Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti (2016). Sayangnya pada tahun 2017 Banda Neira memutuskan untuk membubarkan diri.

Gambar 8. Total cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Setelah berkarya selama empat tahun, Banda Neira memutuskan untuk membubarkan diri. Hal tersebut tentunya mendapat berbagai tanggapan dari penggemar mereka. Meski demikian, melalui pantauan Netray dalam rentang waktu 1 Juni 2019 hingga 20 Juni 2019 Banda Neira masih menjadi salah satu band indie yang mendapat banyak mention dari warganet. Adapun jumlah tersebut mencapai 376 tweets dan 177 diantaranya bersentimen positif dan 45 bersentimen negatif.

Gambar 9. Salah Satu Mention Banda Neira

Melalui gambar di atas dapat diketahui para penggemar Banda Neira masih kerap memutar lagu-lagu karya mereka sehingga Banda Neira masih termasuk dalam daftar Band Indie pilihan warganet Twitter.

4. Fourtwnty

Setelah menjadi salah satu pengisi sountrack film “Filosofi Kopi 2:Ben & Jody” namanya semakin melejit. Lewat lagu “Zona Nyaman” nama dan karya mereka semakin digandrungi. Dikenal dengan lirik yang ringan dan estetik mereka sukses membuat nyaman para pendengar. Berikut jumlah cuitan, sebaran sentimen, dan jenis kelamin pantauan Netray.

Gambar 10. Total cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Berdasarkan pantauan Netray total cuitan untuk Fourtwnty berjumlah 296 tweets, 113 di antaranya bersentimen positif dan 48 tweets bersentimen negatif. Setelah meluncurkan album perdana bertajuk Lelaku pada tahun 2017 sukses menghipnotis para pendengarnya, pada tahun 2017 Fourtwnty kembali meluncurkan album bertajuk Jangan Minta Nambah, dan pada tahun 2018 kembali meluncurkan album  Ego & Fungsi Otak. Berikut salah satu cuitan penggemar Fourtwnty di Twitter.

Gambar 11. Salah Satu Mention Fourtwnty

Selain memantau jumlah tweets dan sebaran sentimen, berikut gambar beberapa hasil pantauan Netray.

Gambar 12. Jaringan Percakapan di Twitter

Gambar di atas menunjukkan jaringan percakapan warganet Twitter dengan bahasan topik terkait. Melalui gambar tersebut dapat diketahui Fiersa Besari banyak memperoleh mention bersentimen positif dari warganet. Untuk dapat mengamati hal tersebut dapat dilihat melalui garis percakapan yang berwarna hijau merupakan cuitan bersentimen positif, kemudian berwarna biru untuk netral, dan merah untuk cuitan bersentimen negatif.

Gambar 13. Top Words

Berdasarkan pantauan Netray gambar di atas menunjukkan kata-kata yang sering muncul terhadap topik terkait atau top words. Demikian urutan band indie favorit warganet Twitter berdasarkan pantauan Netray. Maju terus musik Indonesia!

2 thoughts on “4 Band Indie Pilihan Warganet Twitter: Apakah Idolamu Termasuk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: