3 Merek Sarung Pilihan Warganet, Kamu Pilih Mana, Nih?

Bagi sebagian besar penduduk Indonesia, kata sarung pasti sudah tak asing didengar telinga. Sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa atau tabung ini biasanya identik dengan kaum muslim. Pakaian yang satu ini tak hanya dikenakan muslimin untuk beribadah, tetapi juga dipakai sehari-hari. Ditambah lagi, sarung juga digunakan sebagai pakaian adat oleh sejumlah suku di Indonesia.

Perbincangan di jagat maya Twitter terkait kata kunci sarung biasanya melonjak di momen ramadhan atau mendekati Hari Raya Idul Fitri. Yang warganet bicarakan terkait topik ini tak jauh dari tema merek-merek sarung yang dipunya atau yang akan diburu untuk menyambut hari Raya Idul Fitri. 

Dalam pemantauan di bulan Ramadhan ini, yakni 2-28 April 2022 kata kunci sarung telah dicatut warganet dalam 8,9 ribu twit dengan totalan impresi mencapai lebih dari 373 ribu. Perbincangan tentang sarung memang identik dengan kaum pria, terlihat dari gambar di bawah ini dari totalan gender yang terdeteksi oleh Netray, 78% persen topik ini ditwitkan oleh akun pria. 

sarung

Perbincangan tentang sarung mulai memuncak ketika mendekati perayaan hari raya. Beberapa warganet pun berbagi pengalaman bahkan saling menanyakan merek sarung recommended untuk dijadikan hampers atau dikenakan pribadi saat Lebaran. Lalu, brand sarung apa sih yang paling banyak ditwit oleh warganet?

1. Wadimor

Sarung milik PT Sukorejo Indag Textile (Sukorintex) yang berdiri sejak 1999 ini menduduki peringkat pertama sebagai sarung yang paling banyak dibicarakan oleh warganet. Dalam periode pemantauan ini, kata kunci wadimor telah dicuitkan oleh warganet ke dalam 534 twit. 

Wadimor menjadi salah satu merek sarung pilihan atau favorit warganet. Bahkan tak sedikit warganet yang mengklaim bahwa brand ini menjadi pilihan nomor satu bagi mereka. 

Namun ternyata, sentimen negatif tetap muncul lho di kata kunci ini. Beberapa warganet ternyata juga menilai harga sarung Wadimor masih terbilang mahal dibanding merek lainnya. Bahkan ada yang memberikan ulasan bahwa kualitas bahan Wadimor juga tidak lebih baik dari merek lain. 

2. Gajah Duduk

Brand kedua yang paling banyak ditwitkan oleh warganet ialah sarung Gajah Duduk. Brand keluaran PT Pismatex ini lebih dahulu beredar, yakni sejak tahun 1972. Melansir dari laman perusahaan Gajah Duduk, merek sarung ini telah mengantongi penghargaan Topbrand dan Superbrands. 

Dengan kata kunci gajah duduk dan periode pemantauan yang sama, brand ini telah ditwitkan wargane sebanyak 269 dengan totalan impresi mencapai 766. 

Meski sarung ini lebih dahulu hadir dibanding merek sebelumnya. Namun tak sedikit waragnet yang masih bingung dalam memilih di antara kedua brand tersebut.

Eits, ternyata sarung Gajah Duduk juga masih menjadi pilihan OOTD warganet di hari raya lho. Motif yang ditawarkan oleh Gajah Duduk menjadi pertimbangan merek ini masih dipilih sebagai pakaian lebaran warganet. 

3. Sarung BHS

Sarung keluaran PT Behaestex ini menjadi sarung ketiga yang banyak dicuitkan oleh warganet. Dengan kata kunci sarung && bhs, merek ini telah ditwit warganet sebanyak 200 twit dalam periode pemantauan yang sama. 

Harga sarung BHS menjadi bahan guyonan warganet. Bahkan ada juga lho warganet yang menyempatkan ‘googling’ harga sarung tersebut dan dibuat terkejut dengan hasilnya.

Namun, meksi harganya terbilang mahal, sebagian warganet merasa bangga bisa membeli sarung merek ini untuk digunakan di saat Lebaran nanti. 

Nah, itulah tiga merek sarung yang paling banyak ditwitkan warganet dalam bulan ini. Meski memiliki plus dan minus di setiap merek sarung, pastinya merek-merek ini memiliki ruang tersendiri di hati pembelinya. Kalau kamu udah beli yang mana nih?

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://blog.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Diedit oleh Ananditya Paradhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: