2019-nCoV: Virus Mematikan Yang Menggemparkan Dunia

Wabah 2019-nCoV atau Novel Coronavirus merupakan virus yang berasal dari Wuhan China. Virus mematikan tersebut mulai terdeteksi sejak akhir Desember lalu. Namun Organisati Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali mengumumkan pada tanggal 9 Januari 2020. WHO juga mengatakan wabah tersebut mirip dengan flu, berdasarkan sejumlah kasus pneumonia yang telah dilaporkan di Wuhan. Virus tersebut diduga berasal dari hewan, hal tersebut dikarenakan mereka yang terinfeksi kebanyakan bekerja atau sering berbelanja di pasar grosir makanan laut yang berada di Wuhan China.

Virus yang dapat menyebar antar manusia tersebut kini telah menyita perhatian dunia. Hingga saat ini virus tersebut telah menyebar ke 16 negara seperti China, Singapura, Jepang, Taiwan, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Thailand, Sri Lanka, Amerika Serikat, Australia, Prancis, Kanada, Jerman, dan Vietnam. Dengan jumlah kematian sebanyak 106 dan 4.515 orang lainnya telah terindikasi terinfeksi virus tersebut.

Monitoring News

Netray memantau pemberitaan terkait Virus Corona sejak tanggal 21 Januari 2020 s.d 27 Januari 2020. Ditemukan sebanyak 7,233 total pemberitaan yang berasal dari 106 media. Kesehatan dan gaya hidup menjadi Top Categories dengan persentase sebanyak 54.5% diikuti kategori pemeritahan dan transportasi.

Pemberitaan mengenai Virus Corona meningkat pada tanggal 27 Januari 2020. Pada tanggal tersebut ditemukan sebanyak 2,766 pemberitaan, berikut beberapa diantaranya.

Meski belum ditemukan paparan Virus Corona di Indonesia namun antisipasi menjadi tugas utama pemerintah setiap wilayah. Pemerintah telah menyiapkan beberapa rumah sakit di setiap wilayah apabila terdapat pasien yang terindikasi virus corona. Apalagi banyaknya wisatawan asing yang masuk ke Indonesia, terutama wilayah seperti Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

Akibat peristiwa merebaknya virus tersebut, aktivitas di Wuhan pun dilumpuhkan sementara, seperti stasiun dan bandara yang tidak lagi beroperasi. Hal tersebut kemudian berdampak pada stok makanan yang semakin menipis hingga menyebabkan warga saling adu jotos di pusat perbelanjaan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi Top person dalam topik mengenai Virus Corana. Selain itu, Xi Jinping yang merupakan Presiden ke 7 Republik Rakyat Tiongkok juga menjadi Top person pada topik ini. Sementara itu, WHO selaku Organisasi Kesehatan Dunia menjadi Top Organization.

Sebagai salah satu pintu masuk pelancong atau warga asing, pelabuhan juga tak luput untuk melakukan pengawasan ketat. Terlihat Kantor Kesehatan Pelabuhan menjadi Top Facility. Hingga Disneyland yang dikabarkan tutup menjadi ramai dipemberitaan. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir kontak antar manusia yang dapat menularkan Virus Corona. Pada Top Portal terlihat Tribun News menjadi media utama yang banyak menerbitkan pemberitaan terkait Virus Corona.

Monitoring Warganet Twitter

Tidak hanya menjadi topik utama dalam pemberitaan. Virus Corona juga menjadi pembahasan utama warganet Twitter. Sejak tanggal 21 Januari hingga 27 Januari 2020 pembicaraan terkait Virus Coron terus meningkat.

Dapat diketahui melalui gambar di atas pembicaraan terkait Virus Corona memuncak pada tanggal 26 Januari 2020. Pada tanggal tersebut terdapat 38,729 cuitan warganet dengan didominasi sentimen negatif.

Sebelumnya warganet sempat dibuat panik oleh adanya pemberitaan terdapat dua orang yang terindikasi Virus Corona dan tengah disuspek di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Akan tetapi, beberapa waktu lalu RSHS mengumumkan bahwa keduanya negatif Corona. Hal tersebut tentu menjadi kabar yang melegakan. Warganet juga diingatkan kembali beberapa virus berbahaya yang sebelumnya sempat menggemparkan dunia, seperti SARS dan Flu Burung. Hal tersebut menyebabkan ketakutan dunia terjadi kembali.

Selain termasuk dalam Top Portal @detikcom juga menjadi Top Initiator pada topik mengenai Virus Corona. Masyarakat yang merasa takut dan waspada terhadap virus mematikan tersebut juga berharap pemerintah dapat bertindak tegas untuk melarang kedatangan turis terutama yang berasal dari China. Terlihat melalui gambar di atas kata beberapa kosa kata populer terkait Virus Corona.

Jaringan percakapan terkait Virus Corona, terlihat akun @jokowi menjadi akun utama yang paling banyak ditandai oleh warganet. Jokowi yang merupakan Presiden RI diharap kebijakannya dapat melindungi masyarakat dari resiko Virus Corona. Selain akun @jokowi terdapat juga akun @KemenkesRI yang paling paling banyak ditandai oleh warganet.

Mewabahnya Virus Corona yang menggemparkan dunia tidak hanya mengancam kesehatan satu negara, melainkan seluruh dunia. Hal tersebut tentu menyebabkan kepanikan diberbagai wilayah di belahan dunia. Terlebih 16 Negara telah mengkonfirmasi keberadaan Virus tersebut telah mewabah hingga ke wilayah mereka. Dengan demikian kita hanya dapat berupaya melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan semoga virus tersebut tidak semakin meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: